Impresial: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Waktu baca: 3 menit

Impresial adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih baik akut maupun kronis. Impresial mengandung Pipemidic acid, suatu obat anti bakteri sintetik turunan pyrido-pirimidin. Berikut ini adalah informasi lengkap Impresial yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

pabrik

Zambon

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

golongan

Harus dengan resep dokter

kemasan

Impresial dipasarkan dengan kemasan sebagai berikut :

  • 10 x 10 caplet 400 mg

kandungan

Tiap caplet Impresial mengandung zat aktif (nama generik) sebagai berikut :

  • Pipemidic acid 400 mg

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

Asam pipemidat (Pipemidic acid) adalah suatu obat anti bakteri sintetik untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih, baik yang monomikrobial maupun yang polymikrobial. Pipemidic acid aktif terhadap bakteri gram negatif, serta beberapa bakteri gram positif.
Pipemidic acid adalah turunan pyrido-pirimidin. Seperti pyridones lainnya, mekanisme kerja obat ini adalah dengan menghambat DNA girase pada proses sintesis DNA. Obat ini termasuk golongan quinolone dan mempunyai struktur molekul yang berkaitan dengan golongan Nalidixic acid, Oxolinic acid dan Piromidic acid. Obat ini menunjukkan aktivitas yang lebih kuat dibandingkan Piromidic acid atau Nalidixic acid dan menunjukkan aktivitas moderat terhadap bakteri yang tahan terhadap Piromidic acid dan Nalidixic acid.

Indikasi

Kegunaan Impresial (Pipemidic acid) adalah untuk mengobati infeksi saluran kemih baik akut maupun kronis, yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif.

Kontra indikasi

  • Jangan menggunakan obat ini pada pasien dengan riwayat hipersensitif atau alergi terhadap  Pipemidic acid.
  • Tidak boleh digunakan untuk neonatus (bayi baru lahir), wanita hamil dan ibu menyusui.
  • Tidak boleh diberikan pada penderit gagal ginjal berat (CrCl <10 mL / menit) karena bisa menyebabkan peningkatan kadar obat dalam darah dan cairan serebrospinal.

Efek Samping

Obat-obat yang mengandung Pipemidic acid termasuk Impresial dapat ditolerir dengan baik oleh saluran pencernaan dan toksisitasnya rendah. Namun Obat ini tetap memiliki beberapa efek samping. Efek samping Impresial (Pipemidic acid) sebagai berikut :

  • Efek samping pada saluran pencernaan (Gastrointestinal) : efek samping yang paling umum seperti mual atau anoreksia, sakit perut atau distensi, muntah, diare, konstipasi atau stomatitis. Efek samping ini tidak memerlukan penghentian terapi karena biasanya akan hilang bila pengobatan diberikan setelah makan.
  • Reaksi hipersensitivitas : erupsi kulit, reaksi fotosensitivitas, urtikaria, pruritus dan demam. Kadang bisa disertai dengan angioedema, dyspnea, sianosis, bradikardia dan hipotensi (anafilaksis). Efek samping ini jarang terjadi namun bisa berakibat fatal. Jika reaksi hipersensitivitas terjadi, pemakaian obat harus dihentikan.
  • Efek samping pada organ ginjal : Bisa menyebabkan peningkatan BUN (urea nitrogen darah) dan kreatinin.
  • Efek samping pada organ hati : level SGOT dan SGPT yang tinggi kadang bisa terjadi, meskipun belum diketahui hubungan kausalitasnya.
  • Efek samping lain : Kelelahan, rasa haus, leukopenia, sakit kepala dan pusing.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat ini adalah sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saluran Kemih & Prostat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 21
  • Obat ini menyebabkan penderita lebih sensitif terhadap paparan cahaya. Oleh karena itu, pasien yang sedang menggunakan Impresial (Pipemidic acid) sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung maupun sinar buatan. Reaksi fotosensitifitas sangat langka, jika terjadi terapi harus dihentikan.
  • Keamanan pemakaian pada anak- anak belum ditetapkan. Sebaiknya anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak menggunakan obat ini.
  • Obat ini ditemukan pada air susu ibu. Jangan menyusui bayi selama menggunakan obat ini.

Penggunaan oleh wanita hamil

Keamanan penggunaan obat-obat yang mengandung Pipemidic acid termasuk Impresial oleh wanita hamil sehubungan dengan efek buruk pada janin atau bayi baru lahir belum ditetapkan. Jika tidak benar-benar dibutuhkan atau masih ada obat pilihan lain yang lebih aman, sebaiknya obat ini tidak digunakan.

Interaksi obat

Berikut adalah interaksi jika digunakan secara bersamaan dengan obat lain :

  • Ada resistensi silang (cross resistance) dengan Nalidixic acid dan Oxolinic acid.
  • Obat ini menghambat metabolisme Teofilin sehingga meningkatkan konsentrasi Teofilin dalam darah.

Dosis Impresial

Impresial (Pipemidic acid) diberikan dengan dosis berikut :

2 x sehari 1 caplet untuk jangka waktu 7-10 hari.

  • Untuk pengobatan infeksi saluran kemih kronis :

2-4 x sehari 1 caplet untuk jangka waktu minimal 2 minggu atau lebih jika diperlukan.

Obat digunakan saat perut kosong, 1 atau 2 jam sebelum/sesudah makan.

Terkait

  • Merk-merk obat dengan kandungan asam pipemidat (Pipemidic acid)

Jika informasi ini berguna, bagikan ke teman-teman anda


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
USE OF PIPEMIDIC ACID FOR THE TREATMENT OF URINARY TRACT INFECTIONS. J-STAGE. (https://www.jstage.jst.go.jp/article/chemotherapy1953/23/9/23_9_2988/_article)
R. A. A. van Oosterom , E. G. Hartman & E. G. Hartman (1986) Pipemidic acid, a new treatment for recurrent urinary tract infection in small animals, Veterinary Quarterly, 8:1, 2-5, DOI: 10.1080/01652176.1986.9694011. Taylor & Francis Online. (https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/01652176.1986.9694011)
Pipemidic Acid, a New Synthetic Antibacterial Agent. Springer Link. (https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-1-4684-3126-1_61)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app