HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Gangguan Rasa - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 18, 2019 Update terakhir: Mar 9, 2020 Waktu baca: 3 menit

Gangguan indra pengecap merupakan kondisi dimana indra perasa atau pengecap Anda tidak berfungsi dengan baik. Gangguan ini membuat mulut Anda tidak dapat merasakan apa pun. Kondisi ini juga bisa mengacu pada perubahan indra pengecap Anda, seperti mulut yang terasa seperti logam.

Sebagian besar orang hanya mengalami gangguan rasa yang sementara, dan hanya kehilangan sebagian kemampuannya untuk merasakan sesuatu. Sangat jarang kehilangan indra perasa menjadi suatu kondisi yang permanen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Penyebab gangguan rasa berkisar dari suatu penyakit seperti flu hingga kondisi medis yang serius yang dapat melibatkan sistem saraf pusat. Indra pengecap yang terganggu juga bisa menjadi suatu pertanda penuaan. Diperkirakan sekitar 75 persen orang di atas usia 80 memiliki gangguan pada indra perasa atau pengecapannya.

Hubungan antara rasa dan bau

Indera pengecap dan penciuman memiliki kaitan yang erat. Rasa dalam suatu makanan bisa Anda dicicipi karena kombinasi kemampuan Anda untuk mencium dan merasakan.

Dalam beberapa kasus, indra pengecap Anda mungkin dapat berfungsi dengan baik, namun terdapat masalah pada indra penciuman Anda. Dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, yang disebut otolaryngologist, untuk menentukan apakah Anda memiliki gangguan pada indra penciuman.

Apa yang menyebabkan gangguan indra pengecap?

Ada beberapa penyebab gangguan pada indra pengecap. Kebanyakan penyebab dari gangguan tersebut melibatkan sistem pernapasan Anda.

Bahkan jika Anda tidak didiagnosis memiliki gangguan penciuman, namun gangguan indra penciuman yang Anda alami selama pilek atau penyakit pernapasan tertentu dapat mengganggu indera pengecap Anda. Beberapa dari kondisi di bawah ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mencicipi atau merasakan sesuatu, kondisi tersebut seperti:

Penyebab lain gangguan indra pengecap meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Gangguan pada sistem saraf juga dapat menyebabkan perubahan pada indra pengecap. Gangguan sistem saraf dapat mempengaruhi bagaimana saraf Anda mengirim pesan ke seluruh tubuh Anda. Organ-organ yang dapat mengontrol indra pengecap juga dapat dipengaruhi oleh gangguan sistem saraf.

Orang yang didiagnosis dengan gangguan tertentu, seperti multiple sclerosis dan Bell's palsy, kadang-kadang mungkin juga dapat mengalami gangguan indra pengecap.

Mengobati gangguan indra pengecap

Mengobati kondisi yang menyebabkan gangguan indra pengecap dapat membantu mengembalikan selera atau rasa di mulut Anda. Sinusitis bakteri, kelenjar ludah, dan infeksi tenggorokan dapat diobati dengan pemberian obat antibiotik.

Gejala pilek, flu, dan rinitis alergi yang mempengaruhi indra perasa juga dapat dihilangkan dengan pemberian obat dekongestan atau antihistamin. Setelah Anda merasa lebih baik, fungsi dari indra pengecap Anda kemungkinan besar akan kembali dengan cepat.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk meminimalkan efek gangguan sistem saraf atau penyakit autoimun yang dapat menyebabkan gangguan pada indra pengecap. Ada juga bukti yang menyatakan bahwa kekurangan seng (zinc) dapat menyebabkan gangguan pada indra pengecap.

Perubahan gaya hidup untuk meningkatkan fungsi indra pengecap

Mengatasi gangguan pada indra pengecap dapat Anda lakukan dengan cara melakukan perubahan gaya hidup, hal ini dilakukan untuk meningkatkan fungsi dari indera pengecap Anda. 

Jika Anda seorang perokok, berhenti merokok dapat membuat Anda bisa mencicipi atau merasakan makanan sepenuhnya. Mantan perokok akan mulai mendapatkan kembali indra pengecapnya selama dua hari setelah perokok tersebut menghentikan kebiasaan merokoknya.

Kebersihan gigi yang baik juga dapat mengembalikan indera pengecap Anda yang terganggu. Gingivitis adalah awal dari penyakit gusi, yang terjadi ketika plak gigi menetap pada sela-sela gusi Anda.

Dengan melakukan sikat gigi dan flossing yang baik dan benar, Anda dapat menghilangkan plak dari mulut Anda, melindungi gigi Anda dari penyakit dan kerusakan, dan membantu mendapatkan kembali fungsi indra pengecap Anda .


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Can Fam Physician, Taste disturbance (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2980431/).
STEVEN M. BROMLEY, Taste disturbance (https://www.aafp.org/afp/2000/0115/p427.html).

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app