Kesehatan Anak

Flu pada Balita, Ini Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Mar 3, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Flu pada Balita, Ini Cara Mengatasinya

Seiring dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, biasanya si kecil menjadi lebih rawan terserang penyakit flu. Influenza adalah infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis virus influenza pada organ pernafasan si kecil termasuk hidung,gt;tenggorokan, dan paru-paru. 

Pada kondisi akut serta tidak ditangani secara medis, flu dapat memicu komplikasi.    

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Beda halnya dengan pilek, meski keduanya sama-sama disebabkan oleh serangan virus. Ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan pilek namun hanya beberapa yang menyebabkan flu. Gejala flu biasanya muncul secara tiba-tiba dan relatif lebih parah bila dibanding dengan gejala pilek.

Bagaimana penyebaran influenza?

Virus influenza ditemukan di hidung dan tenggorokan. Anak-anak dapat terkena influenza dari orang-orang sekitarnya seperti orang tua, anggota keluarga lainnya, teman bermain atau pengasuh. Ada tiga cara penyebaran virus influenza, yaitu:

  • Kontak langsung-seperti mencium, menyentuh atau berpegangan tangan-dengan orang yang terinfeksi. Jika Anda memiliki virus, Anda akan memiliki virus di hidung, mulut, mata atau pada kulit Anda. Dengan menyentuh orang lain, Anda bisa menularkan virus.
  • Kontak tidak langsung berarti menyentuh sesuatu - mainan, kenop pintu atau barang yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi.
  • Beberapa kuman menyebar melalui udara saat seseorang batuk atau bersin. cairan dari batuk atau bersin bisa mencapai hidung atau mulut orang lain.

Bagaimana saya tahu jika anak saya menderita influenza?

Serangan flu lebih cepat daripada pilek, dan membuat anak Anda merasa lebih buruk. Anak-anak dengan pilek biasanya masih memiliki energi untuk bermain dan mengikuti rutinitas sehari-hari mereka. Tapi anak-anak dengan influenza biasanya lemas terbaring di tempat tidur.

Anak-anak dengan flu mungkin memiliki banyak gejala yang sama dengan orang dewasa, namun ada perbedaannya:

  • Bayi yang baru lahir dan bayi mungkin memiliki demam tinggi yang tidak dapat dijelaskan, dan tidak ada tanda-tanda penyakit lainnya
  • Anak-anak biasanya memiliki suhu di atas 39,5 ° C dan mungkin mengalami kejang demam (kejang)
  • Sakit perut dan nyeri, muntah, dan diare sering terjadi pada anak-anak yang lebih muda. Sakit telinga dan mata merah juga sering terjadi
  • Dalam beberapa kasus, peradangan otot dapat menyebabkan nyeri pada kaki atau punggung yang parah

Hubungi dokter Anda atau bawa anak Anda ke bagian gawat darurat jika anak Anda berada:

  • Bernafas dengan cepat atau kesulitan bernafas
  • Nyeri dada, atau batuk berdahak disertai dengan darah
  • Batuk begitu parah sehingga dia tersedak atau muntah
  • Sedikit minum air dan belum kencing (pipis) setidaknya 6 jam setelah bangun
  • muntah lebih dari 4 jam, atau mengalami diare berat
  • Jauh lebih mengantuk dari biasanya, tidak mau makan atau bermain, atau sangat rewel dan tidak bisa dihibur, tidak merasa lebih baik setelah 5 hari dan masih mengalami demam, atau merasa lebih baik dan tiba-tiba mengalami demam baru, atau menunjukkan tanda-tanda flu dan memiliki penyakit kronis yang serius

Apa yang bisa saya lakukan jika anak saya terkena influenza?

  • Buat anak Anda senyaman mungkin. Berikan asupan cairan yang banyak dan makanan kecil bergizi
  • Jika dia demam,jaga suhu ruangan sekitar 20 ° C
  • Untuk mengurangi rasa sakit atau demam dengan suhu di atas 38,5 ° C, gunakan asetaminofen. Ibuprofen bisa digunakan untuk anak di atas 6 bulan. Kecuali jika dokter Anda mengatakan sebaliknya, berikan dosis yang dianjurkan pada kemasan setiap 4 jam sampai suhu anak turun. Jangan memberikan asam asetilsalisilat (ASA [misalnya, Aspirin]) - atau obat apa pun yang mengandungnya - kepada anak-anak dan remaja yang menderita flu karena dapat menyebabkan kerusakan otak dan hati (sindroma Reye)
  • Jangan memberikan obat batuk dan pilek bebas (OTC) (yang tidak memerlukan resep dokter) kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali dengan anjuran dokter
  • Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum memberi obat OTC kepada anak-anak atau siapa saja yang minum obat-obatan lain atau dengan penyakit kronis. Bacalah instruksi label dengan seksama. Jangan memberi secara sembarangan
  • Batuk membantu membersihkan lendir dari dada. Biasanya obat batuk yang dibeli di warung akan menghentikan proses pembersihan ini, dan sebenarnya obat batuk OTC tidak begitu bermanfaat untuk diberikan pada anak-anak
  • Berkumur dengan air hangat akan meredakan sakit tenggorokan

Obat Antiviral

Jika anak Anda menderita penyakit paru-paru atau jantung bawaan, penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau kondisi kronis lainnya yang memerlukan perhatian medis secara serius dan Anda mendapati anak Anda menderita influenza, segera hubungi dokter Anda. Dokter Anda mungkin meresepkan obat antiviral.

Amantadine (Symmetrel), oseltamivir (Tamiflu) dan zanamivir (Relenza) adalah obat antiviral yang dapat melawan influenza. Obat ini juga bisa diresepkan untuk orang sehat dengan influenza berat. Mereka harus diminum dalam waktu 48 jam dari gejala pertama untuk hasil yang paling efektif.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Flu (Influenza). KidsHealth New Zealand. (https://www.kidshealth.org.nz/flu-influenza)
Recognizing Early Flu Symptoms in Children. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/flu-symptoms-in-children-770467)
Flu symptoms in toddlers: Signs, treatment, and when to seek help. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327110)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app