Fg Troches Meiji: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • FG Troches Meiji tersedia dalam bentuk tablet hisap yang mengandung 2 jenis antibiotik, yakni Fradiomycin dan Gramicidin;
  • FG Troches dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab sariawan, radang tenggorokan, amandel, dan berbagai jenis infeksi bakteri pada gusi dan mulut;
  • FG Troches Meiji boleh dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa, tetapi tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui;
  • Dosis FG Troches Meiji untuk dewasa adalah 4-5 kali sehari 1-2 tablet hisap, sedangkan untuk anak-anak 1 tablet hisap;
  • Klik untuk membeli FG Troches Meiji atau obat mulut dan tenggorokan lainnya melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

FG Troches Meiji obat apa?

FG Troches Meiji adalah obat tablet hisap yang mengandung 2 jenis antibiotik, yakni Fradiomycin dan Gramicidin. FG Troches dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab sariawan, radang tenggorokan, amandel, dan berbagai jenis infeksi bakteri pada gusi dan mulut.

Meskipun bentuknya tablet hisap seperti permen, namun obat tenggorokan ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Penggunaan antibiotik harus hati-hati dan disesuaikan dengan indikasi penggunaan. Oleh sebab itu, FG Troches Meiji hanya bisa diperoleh dengan resep dokter, tidak seperti Degirol yang dijual bebas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Mengenai FG Troches Meiji

Golongan

Obat antibiotik

Kandungan

Fradiomycin dan Gramicidin

Kemasan

Tablet hisap bentuk permen

Fradiomycin dan Gramicidin adalah 2 jenis antibiotik yang mempunyai efek membunuh bakteri (bakterisidal) dengan Spektrum luas. Fradiomisin (neomicin) efektif membunuh bakteri Gram negatif, sedangkan Gramisidin efektif membunuh bakteri Gram positif.

Kedua jenis antibiotik ini terbukti efektif dalam melawan jenis-jenis bakteri seperti Staphylococci yang sering menyerang rongga mulut dan tenggorokan.

Dengan sediaan tablet hisap, maka diharapkan antibiotik yang terkandung dalam FG Troches Meiji bisa membunuh bakteri secara langsung sehingga efektivitasnya bisa lebih optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Manfaat FG Troches Meiji

FG Troches Meiji digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan, seperti:

Dosis FG Troches Meiji

Dosis FG Troches yang tepat harus disesuaikan dengan petunjuk dokter. Adapun dosis FG Troches yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Dewasa : 1-2 tablet hisap sebanyak 4-5 kali sehari
  • Anak-anak : 1 tablet hisap sebanyak 4-5 kali sehari

Penggunaan FG Troches cukup mudah, tinggal dihisap di dalam mulut hingga habis seperti halnya makan permen.

Efek samping FG Troches Meiji

FG Troches termasuk obat yang aman dikonsumsi dan jarang menimbulkan efek samping serius. Meskipun demikian, potensi efek samping FG Troches bisa terjadi terutama pada lansia dan orang yang mengalami kurang gizi. 

Beberapa efek samping penggunaan FG Troches Meiji, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Warna hitam pada lidah, mukosa mulut berwarna kemerahan, dan glossitis
  • Defisiensi vitamin K yang ditandai dengan resiko pendarahan (jarang)
  • Defisiensi vitamin B seperti glositis, stomatitis (sariawan), tidak nafsu makan, dan nyeri-nyeri pada saraf

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, karena FG Troches tidak boleh diberikan kepada:

  • Orang yang memiliki alergi (hipersensitif) terhadap komponen yang terkandung dalam FG Troches
  • Orang yang memiliki alergi terhadap obat antibiotik golongan aminoglikosida seperti streptomisin, gentamisin, kanamisin, fradiomisin, atau bacitracin
  • Harus digunakan dengan hati – hati pada Lansia karena berisiko mengalami avitaminosis atau kondisi akibat kekurangan vitamin

Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat FG Troches Meiji harap perhatikan aspek-aspek keamanan berikut:

  • Layaknya penggunaan antibiotik lain, maka sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini, sebaiknya dilakukan uji sensitivitas dan resistensi bakteri. Kemudian hanya digunakan apabila bakteri penyebab infeksi sensitif terhadap FG Troches. Tujuannya agar penggunaan obat ini tepat sasaran.
  • FG Troches Meiji tidak boleh digunakan jangka panjang, maksimal penggunaan tidak lebih dari 1 minggu.
  • Apabila terjadi reaksi alergi seperti gatal, kemerahan, pembengkakan, dan kesulitan bernafas, maka segera hentikan penggunaan dan temui dokter.
  • Harap berhati-hati menggunakan FG Troches Meiji pada lansia karena berrisiko terjadinya avitaminosis.

Apakah FG troches aman untuk ibu hamil?

Berdasarkan penelitian, Fradiomycin (neomycin) yang terkandung dalam FG troches meiji termasuk ke dalam kategori D untuk ibu hamil. Artinya ada bukti bahwa penggunaan Neomycin pada ibu hamil menyebabkan beberapa bayi terlahir dengan masalah. Namun dalam beberapa situasi serius, manfaat menggunakan obat ini mungkin lebih besar daripada risiko membahayakan bayi.

Sedangkan untuk kandungan Gramicidin, beberapa sumber menerangkan bahwa ibu hamil tidak boleh menggunakannya. Meskipun belum ditentukan kategorinya untuk ibu hamil. Maka dari itu, Ibu hamil sebaiknya menghindari FG troches meiji dan beralih menggunakan antibiotik yang aman sesuai anjuran dokter.

Apakah FG troches aman untuk ibu menyusui?

Tidak ada data yang menunjukkan apakah fradiomicin yang merupakan golongan aminoglikosida ini ikut keluar bersama ASI. Namun telah diketahui bahwa Aminoglikosida lainnya diekskresikan ke dalam ASI. Dimungkinkan potensi reaksi akan merugikan pada bayi yang menyusu, maka sebaiknya ibu menyusui tidak mengonsumsi obat dengan kandungan zat tersebut.

Sedangkan untuk kandungan Gramicidin, beberapa sumber menerangkan bahwa ibu menyusui tidak boleh menggunakannya. Oleh karena itu, Ibu menyusui sebaiknya menghindari FG troches meiji dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel terkait:


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gramicidin | C99H140N20O17 - PubChem. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Gramicidin)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app