Kehamilan

Fg Troches Amankah Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Update terakhir: Mar 22, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 327.137 orang

Fg Troches Amankah Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Obat FG troches memang umum digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan dan infeksi pada rongga mulut. Namun pertanyaan muncul ketika ibu hamil ataupun menyusui ingin menggunakannya. Amankah FG Troches untuk ibu hamil dan menyusui?

Untuk menjawab pertanyaan ini marilah kita tilik zat apa saja yang terkandung dalam FG troches. Berdasarkan keterangan pada label, obat ini mengandung dua zat aktif, yaitu fradiomisin sulfat 2,5 mg dan gramisidin-S HCl 1 mg.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Keduanya merupakan antibiotik dengan jangkauan kerja yang luas (spektrum luas) yang terbukti efektif dalam melawan jenis-jenis bakteri seperti Staphylococci dan Streptococci yang sering menyerang rongga mulut dan tenggorokan.

Amankah FG troches untuk ibu hamil?

Berdasarkan keterangan pada situs drugs.com di nyatakan bahwa Fradiomycin (neomycin) yang terkandung dalam FG troches meiji masuk dalam kategori D untuk ibu hamil. Artinya ada bukti bahwa penggunaan Neomycin pada ibu hamil menyebabkan beberapa bayi terlahir dengan masalah. Namun, dalam beberapa situasi serius, manfaat menggunakan obat ini mungkin lebih besar daripada risiko membahayakan bayi.

Sedangkan untuk kandungan Gramicidin, beberapa sumber menerangkan bahwa ibu hamil tidak boleh menggunakannya. Meskipun belum ditentukan kategorinya untuk ibu hamil.

Kesimpulan: FG troches meiji tidak aman untuk ibu hamil, ketika bunda membutuhkan antiibiotik gunakanlah jenis yang aman sesuai anjuran dokter.

Amankah FG troches untuk ibu menyusui?

Kemananan obat untuk ibu menyusui dapat dilihat dari kemampuan obat tersebut dalam menembuh sawar darah ASI. Mudahnya, obat tersebut ikut keluar bersama ASI atau tidak, jika iya umumnya harus dihindari.

Tidak ada data yang menunjukkan apakah fradiomicin yang merupakan golongan aminoglikosida ini ikut keluar bersama ASI. Namun telah diketahui bahwa Aminoglikosida lainnya diekskresikan ke dalam ASI. Pabrikan merekomendasikan bahwa karena potensi reaksi merugikan pada bayi yang menyusu, maka sebaiknya ibu menyusui tidak mengonsumsi obat dengan kandungan zat tersebut.

Sedangkan untuk kandungan Gramicidin, beberapa sumber menerangkan bahwa ibu menyusui tidak boleh menggunakannya.

Kesimpulan: Ibu menyusui sebaiknya menghindari FG troches meiji dan beralihlah menggunakan antibiotik yang aman sesuai anjuran dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit