Degirol: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 2 menit

Degirol adalah obat berbentuk tablet hisap yang mengandung Dequalinium Klorida. Obat ini digunakan untuk meredakan radang tenggorokan dan rongga mulut seperti sariawan, radang gusi, serta radang amandel. Tidak seperti FG Troches Anda bisa mendapatkan Degirol dengan mudah tanpa resep dokter.

Mengenal Obat Degirol

Obat ini, hanya tersedia dalam bentuk tablet hisap, dalam setiap tabletnya Degirol mengandung Dequalinium Klorida 0.25 mg dalam bentuk 1,1'-Decamethylenebis-4-aminoquinaldinum chloride.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dequalinium Klorida adalah suatu bahan antiseptik yang memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur dengan spektrum yang luas. Oleh sebab itu, Degirol efektif dalam membunuh pelbagai jenis bakteri baik gram positif maupun gram negatif, dan bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik. Adapun jenis jamur yang dapat dibasmi diantaranya Candida albicans yang menyebabkan bercak putih pada lidah dan rongga mulut.

Dengan bentuk sediaan yang dikonsumsi dengan cara menghisap seperti permen, maka hal ini akan memungkinkan bahan aktif untuk bekerja secara langsung di daerah infeksi. Dengan cara ini juga akan bermanfaat dalam melumasi dan menenangkan daerah yang sakit, yang membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari infeksi mulut dan tenggorokan.

Indikasi atau Kegunaan

Dengan mekanisme kerja seperti itu, maka Degirol digunakan untuk mengobati:

( ! ) Degirol tidak boleh digunakan untuk orang yang memiliki alergi terhadap Dequalinium Klorida

Dosis Degirol dan Cara Pemakaian

Dengan rasa lemon yang manis sedikit asam dan menyegarkan, maka mengonsumsi Degirol tidak seperti minum obat, melainkan seperti makan permen. Oleh sebab itu, obat ini sangat mudah dinikmati baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Adapun dosis yang dianjurkan adalah:

  • Satu tablet hisap (Lozenges) setiap 3 sampai 4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Tidak boleh melebihi 8 tablet sehari.
  • Penggunaannya mudah, cukup dihisap seperti makan permen.

Efek Samping dan Peringatan

Umumnya Degirol ditoleransi dengan baik dan jarang menimbulkan efek samping. Meskipun begitu, segera hentikan pengobatan apabila ada tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal, ruam kemerahan, dan sesak nafas. Efek samping ringan yang dapat muncul seperti rasa panas atau sakit pada lidah.

Peringatan:

  • Tidak boleh digunakan dalam jangka panjang
  • Obat ini harus digunakan dengan hati-hati selama kehamilan dan menyusui. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Jika gejala penyakit yang diobati menetap meskipun telah dilakukan pengobatan, maka carilah nasihat medis dari dokter atau apoteker.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Treatment of tonsillitis with dequalinium chloride. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/856702)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp