Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Etidronate: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Tinjau pada SEP 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.543.582 orang

Obat etidronate merupakan salah satu jenis obat yang digunakan pada penyakit paget dan osteoporosis. Obat ini sekaligus dapat  mengurangi pertumbuhan jaringan tulang di sekitar tubuh pada sesorang yang menjalankan operasi tulang panggul atau Hip Replacement Surgery dan operasi cidera korda spinalis. Obat ini dapat memperkuat tulang dengan mencegah pengangkatan tulang oleh osteroklas.

Obat etidronate  merupakan salah satu jenis obat golongan bifosfonat yang mekanisme utaanya adalah memperlambat perkembangan sel tulang lama dan pembentukan sel tulag baru. Layaknya obat bifosfonat lain seperti ibandronate, risedonate, dan elndronate, yang dapat memberikan efek metabolisme kalsium serta menghambat resorpsi tulang dan kalsifikasi. Saat obat ini berinteraksi dengan jaringan tulang, obat ini akan diserap ke osteoklas dan memiliki peran dalam penghancuran osteoklas. Etidronate dapat menurunkan morbiditas dari metastase tulang osteolitik dengan menghambat penyerapan sel tumor di tulang.

Manfaat Obat Etidronate

Obat etidronate berguna pada beberapa penyakit tulang diantaranya:

Paget

Penyakit paget suatu jenis penyakit tulang yang terjadi akibat terganggunya proses regenerasi tulang sehingga tulang menjadi mudah rapuh, patah, serta berubah bentuk. Resiko timbulnya penyakit paget akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Ini terjadi akibat adanya faktor usia, dan keturunan yang identik dengan pengaruh genetik. Penyakit paget dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya seperti osteoarthritis, deformitas tulang, hingga gagal jantung.

Osteoporosis

Osteroporosis adalah suatu penyakit disebabkan oleh pengeroposan tulang. Faktor penuaan menjadi sebab utama timbulnya kondisi ini. Massa tulang berkurang seiring berjalannya waktu dan usia yang menyebabkan tulang menjadi murah rapuh. Kepadatan tulang yang menurun juga beresiko rentannya retak pada tulang.

Osteoporosis banyak terjadi pada wanita. Hampir 50% wanita mengidap osteoporosis yang secara dominan ditimbulkan akibat post menopause

Heterotopic Ossification

Heterotopic ossification merupakan muculnya tulang di jaringan lunak dimana sebenarnya tulang tersebut tidak muncul. Terjadinya heterotopic ossification biasanya muncul akibat trauma trauma pada panggul dan trauma korda spinalis dan sistem saraf pusat.  Munculnya tulang disebabkan oleh adanya tulang heteropik yang menimbulkan formasi osteogenesis metaplastik dan mineralisasi.

Dosis Dan Cara Pemberian Obat Etridonate

  • Obat etidronate tersedia dalam bendung tablet 200 mg dan 400 mg serta injeksi intravena.
  • Obat etidronate tersedia dalam bentuk injeksi melalui infus intravena lambat. Untuk penderita penyakit paget, dosis sekitar 5 sampai 10 mg/kg berat badan diberikan selama 24 jam. Obat diberikan 2 jam sebelum atau sesudah makan dengan pemberian tidak melebihi 6 bulan.
  • Pada pasien osteoporosis,  obat dikonsumsi 400 mg diminum sekali sehari baik pada 2 jam sebelum atau sesudah makan. Obat diminum selama 14 hari.
  • Pada pasien heterotopic osifikasi, obat etidronate  dengan dosis 20 mg/kg diberikan sebanyak sekali sehari 2 jam sebelum atau sesudah makan selama 1 hingga 3 bulan. Pantau konsumsi makanan, minuman serta obat vitamin dan herbal lainnya. Obat serta vitamin lainnya hanya boleh diberikan 2 jam setelah pemberian obat etidronate

Efek Samping Obat Etidronate

Efek samping umum yang dapat ditimbulkan selama pengobatan dengan obat etidronate yaitu:

  • Nyeri kepala
  • Gangguan perut
  • Kram pada kaki
  • Nyeri sendi
  • Diare
  • Terdapat reaksi hipersensitivitas seperti erupsi kulit, bercak makulpapular, eritema multiforme, angioedema, urticaria, pruritus, dan asma.
  • Resiko tinggi terjadinya perforasi dan ulkus lambung.

Interaksi Obat Etidronate

Interaksi pada beberapa obat apabila diberikan bersamaan dengan obat etidronate  antara lain:

  1. Obat pengencer darah seperti warfarin, coumadin, dan jantoven
  2. Hindari penggunaan obat etidronate bersamaan dengan obat lainnya seperti vitamin, kalsium, dan antacid. Konsumsi obat etidronate  setidaknya 2 jam setelah penggunaan obat di atas.

Perhatian Khusus Sebelum Mengonsumsi Obat Etidronate

Informasi yang perlu diketahui sebelum mengonsumsi obat etidronate yaitu :

  • Indikasi obat yang perlu diperhatikan opabila obat ini akan diberikan pada gangguan tulang 
  • Riwayat penyakit ginjal
  • Masalah gigi dan mulut
  • Riwayat patah tulang dalam waktu dekat 
  • Memiliki riwayat osetomalasia
  • Memiliki resiko anemia
  • Memiliki riwayat gangguan pembekuan darah
  • Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp