Efek Samping Asam Traneksamat Dalam Pendarahan Menstruasi Berkepanjangan

Segera hubungi dokter Anda jika mengalami efek samping yang serius. Asam traneksamat dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah, termasuk anafilaksis. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Gejala anafilaksis meliputi:
Dipublish tanggal: Agu 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Efek Samping Asam Traneksamat Dalam Pendarahan Menstruasi Berkepanjangan

Pendarahan menstruasi yang berat atau berkepanjangan dikenal sebagai menorrhagia. Asam traneksamat seringkali digunakan untuk mengontrol perdarahan menstruasi yang berkepanjangan, dan biasanya merupakan pengobatan lini pertama untuk menstruasi yang berat.

Sebagai agen antifibrinolitik, asam traneksamat bekerja dengan menghentikan pemecahan fibrin, protein utama dalam pembekuan darah. Ini mengontrol atau mencegah pendarahan yang berlebihan dengan membantu pembekuan darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Asam traneksamat diminum sebagai tablet oral. Obat ini juga tersedia sebagai suntikan, tetapi bentuk ini biasanya digunakan untuk mengontrol perdarahan hebat akibat pembedahan atau trauma.

Asam traneksamat oral dapat menyebabkan efek samping seperti mual, diare, dan masalah lambung. Dalam kasus yang jarang terjadi, itu dapat menyebabkan anafilaksis atau masalah penglihatan.

Konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini dengan dokter Anda. Dokter dapat memutuskan apakah asam traneksamat cocok dengan kondisi Anda.

Efek samping ringan pada asam traneksamat 

Asam traneksamat dapat menyebabkan efek samping ringan, meliputi:

Biasanya, efek samping minor ini tidak memerlukan perhatian medis. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang tidak ada dalam daftar ini.

Efek samping serius pada asam traneksamat 

Segera hubungi dokter Anda jika mengalami efek samping yang serius. Asam traneksamat dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah, termasuk anafilaksis. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Gejala anafilaksis meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Asam traneksamat juga dapat menyebabkan efek samping serius lainnya, termasuk:

  • perubahan visi
  • batuk
  • kebingungan
  • kegelisahan
  • kulit pucat
  • pendarahan yang tidak biasa
  • memar yang tidak biasa
  • kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa
  • mati rasa di tangan

Jika Anda mengalami gangguan mata saat mengonsumsi asam traneksamat, segera periksakan diri ke dokter mata.

Interaksi obat asam traneksamat

Asam traneksamat dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda.

Biasanya, tidak disarankan untuk mengonsumsi asam traneksamat dengan jenis obat berikut ini:

  • Alat kontrasepsi. Ini termasuk IUD, cincin vagina, serta pil KB. Mengkonsumsi asam traneksamat dengan kombinasi kontrasepsi hormonal juga dapat meningkatkan risiko pembekuan darah, stroke, atau serangan jantung, terutama jika Anda merokok.
  • Obat koagulan anti-inhibitor. Obat ini juga digunakan untuk mengurangi dan mencegah pendarahan yang berlebihan.
  • Chlorpromazine. Chlorpromazine adalah jenis obat antipsikotik.
  • Tretinoin. Obat ini adalah retinoid yang digunakan untuk mengobati leukemia promyelocytic akut, sejenis kanker. Menggunakan asam traneksamat dengan tretinoin dapat menyebabkan gangguan perdarahan.

Pengobatan alternatif lainnya

Asam traneksamat tidak cocok untuk digunakan oleh setiap orang. Jika obat ini tidak mengurangi perdarahan menstruasi berat dalam dua siklus, dokter dapat menyarankan pilihan obat lain untuk mengatasi gejala Anda.

Pengobatan alternatif yang dapat diberikan, meliputi:

  • NSAID. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen sodium tersedia tanpa resep dokter. NSAID dapat mengurangi perdarahan menstruasi dan kram yang menyakitkan.
  • Kontrasepsi oral. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur atau berat, dokter Anda mungkin merekomendasikan kontrasepsi oral. 
  • Terapi hormon oral. Terapi hormon termasuk obat-obatan dengan progesteron atau estrogen. Terapi ini dapat mengurangi perdarahan menstruasi yang berat dengan meningkatkan ketidakseimbangan hormon.
  • IUD hormonal. Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) melepaskan levonorgestrel, hormon yang menipiskan lapisan uterus. Ini mengurangi pendarahan dan kram yang berlebihan selama menstruasi.
  • Desmopresin semprotan hidung. Jika Anda memiliki kelainan perdarahan, seperti hemofilia ringan atau penyakit von Willebrand, dokter dapat memberikan semprotan desmopresin hidung, yang bertujuan untuk mencegah pendarahan dengan membantu pembekuan darah.

Pilihan terbaik akan bergantung pada kesehatan Anda secara keseluruhan, riwayat kesehatan, dan usia.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tranexamic Acid for Menorrhagia Significantly Improves Quality of Life. Medscape. (https://www.medscape.com/viewarticle/722643)
Tranexamic acid Reviews & Ratings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/comments/tranexamic-acid/)
Tranexamic acid for the treatment of heavy menstrual bleeding: efficacy and safety. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3430088/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app