Yerba Santa: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Yerba santa (Eriodictyon californicum) merupakan tanaman semak asli California yang telah lama digunakan karena khasiat obatnya. Daun dari yerba santa umumnya digunakan sebagai obat-obatan, daunnya yang memiliki karakteristik tebal, lengket, dan berbentuk tombak. Daun kering atau segar dari tanaman tersebut dapat dihaluskan menjadi pasta atau digunakan untuk menyeduh teh.

Manfaat Yerba Santa

Yerba santa biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada sistem pernapasan termasuk batuk, pilek, TBC, asma, dan bronkitis kronis. Tanaman tersebut juga biasa digunakan untuk mengatasi demam dan mulut kering. Beberapa orang menggunakan yerba santa untuk meredakan kejang otot, mengencerkan dahak, dan sebagai tonik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Yerba santa kadang-kadang dapat dioleskan langsung ke kulit dalam balutan hangat  untuk mengobati memar, keseleo, luka, gigitan serangga, dan untuk meredakan nyeri sendi (rematik).

Dalam makanan dan minuman, ekstrak yerba santa dapat digunakan sebagai penyedap. Dalam pembuatan obat-obatan, yerba santa biasanya digunakan untuk menutupi rasa pahit dari obat-obatan tertentu.

Selain itu, yerba santa terkadang digunakan dalam esensi bunga. Ketika yerba santa digunakan dalam bentuk esensi bunga, yerba santa diketahui mampu untuk membantu mengatasi masalah emosional seperti depresi dan kesedihan.

Dosis Yerba Santa

Dosis yerba santa yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk penggunaan yerba santa. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Tidak ada bukti klinis terbaru untuk mendukung rekomendasi dosis untuk yerba santa. Namun penggunaan klasik ekstrak daun sebagai ekspektoran biasanya pada dosis 1 g.

Untuk menyiapkan teh sendiri untuk meredakan sakit tenggorokan, masukkan tiga daun (segar atau kering) ke dalam cangkir dengan air mendidih untuk mengatasi pilek atau sakit tenggorokan dan biarkan selama 15 menit sebelum diminum.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sedangkan untuk mengatasi otot yang sakit atau radang sendi, rendam lima daun muda dalam air panas, rendam waslap atau kain sebagai kompres, lalu oleskan ke area yang nyeri.

Efek Samping Yerba Santa

Karena kurangnya penelitian ilmiah yang menguji efek yerba santa pada manusia, maka sangat sedikit yang diketahui tentang keamanan mengkonsumsi ramuan tersebut dalam bentuk suplemen.

Dalam beberapa kasus, produk dapat memberikan dosis yang berbeda dari jumlah yang ditentukan untuk setiap ramuan. Dalam kasus lain, produk mungkin terkontaminasi dengan zat lain seperti logam. Juga, keamanan suplemen pada wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan mereka yang memiliki kondisi medis atau yang sedang minum obat belum ditetapkan.

Meskipun mungkin bahwa yerba santa mungkin dapat bermanfaat dalam pengobatan mengatasi masalah pernapasan ringan, namun menggunakan herbal yerba santa sebagai pengganti pengobatan standar dalam mengatasi kondisi pernapasan kronis sangat tidak dianjurkan.

Interaksi Yerba Santa dengan Obat Lain

Hati-hati menggunakan suplemen yerba santa dengan kombinasi obat-obatan sebagai berikut:

  • Lithium. Yerba santa mungkin memiliki efek seperti obat diuretik. Mengkonsumsi yerba santa dapat mengurangi seberapa baik tubuh menghilangkan lithium. Hal tersebut dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius. Bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan produk tersebut jika Anda sedang menggunakan lithium atau dosis lithium Anda mungkin perlu diubah.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan tentang keamanan mengkonsumsi yerba santa jika Anda sedang hamil atau menyusui. Namun sebaiknya hindari penggunaan kecuali terdapat saran dan anjuran dari dokter.
  • Hindari penggunaan jika Anda memiliki alergi terhadap suplemen yerba santa atau suplemen herbal lainnya.

Sebelum Anda menggunakan yerba santa ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari tanaman herbal tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yerba Santa: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/can-yerba-santa-soothe-cold-symptoms-88663)
Yerba Santa: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/yerba_santa/supplements.htm)
Yerba Santa Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/yerba-santa.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app