Quinine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kina pertama kali diisolasi pada tahun 1820 dari kulit pohon cinchona. Cinchona merupakan genus tanaman berbunga dalam famili Rubiaceae yang mengandung setidaknya 23 spesies pohon dan semak. Tanaman tersebut biasanya terdapat di berbagai penjuru dunia seperti di Amerika Tengah, Jamaika, Polinesia Prancis, Sulawesi, Saint Helena di Atlantik Selatan, dan Afrika.

Ekstrak kulit kina telah digunakan untuk mengobati malaria. Obat tersebut ada dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia yang merupakan obat yang paling efektif dan aman yang diperlukan dalam sistem kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Manfaat Kina (Quinine)

Kina merupakan obat yang digunakan sendiri atau dengan kombinasi obat lain untuk mengobati malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk di negara-negara di mana sering terjadi malaria. Parasit malaria dapat masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk ini, dan kemudian hidup di jaringan tubuh seperti sel darah merah atau hati. Obat tersebut digunakan untuk membunuh parasit malaria yang hidup di dalam sel darah merah. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu minum obat lain (seperti primaquine) untuk membunuh parasit malaria yang hidup di jaringan tubuh lain. Kedua obat tersebut mungkin diperlukan untuk penyembuhan yang tuntas dan untuk mencegah kembalinya infeksi (kambuh). Kina termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai antimalaria. Obat tersebut tidak digunakan untuk pencegahan malaria.

Dosis Kina (Quinine)

Pemberian dosis Kina umumnya tergantung pada jenis plasmodium malaria. Berikut pemberian Kina berdasarkan jenis plasmodium:

  • Plasmodium falciparum
    Kina 7 hari + Primakuin + Doksisiklin 7 hari
  • Plasmodium vivax dan ovale
    Kina 7 hari + Primakuin 14 hari

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan obat tersebut.

Efek Samping Kina (Quinine)

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin muncul saat menggunakan Kina:

Jika salah satu dari efek tersebut tetap ada setelah pengobatan Anda selesai, atau jika efek tersebut memburuk saat minum obat, segera beritahu dokter atau apoteker Anda.

Kina dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia), terutama selama kehamilan. Gejala gula darah rendah meliputi keringat tiba-tiba, gemetar, detak jantung cepat, lapar, pandangan kabur, pusing, atau kesemutan tangan / kaki. Jika gejala gula darah rendah terjadi, tingkatkan gula darah Anda dengan mengkonsumsi sumber gula segera seperti gula , madu, atau permen, atau minum jus buah atau soda non-diet. Segera beritahu dokter Anda tentang reaksi dan penggunaan produk tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ingatlah bahwa dokter telah meresepkan obat tersebut karena dokter telah menilai bahwa manfaat obat tersebut bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Kebanyakan orang yang menggunakan obat tersebut tidak memiliki efek samping yang serius.

Interaksi Kina (Quinine) dengan Obat Lain

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat Kina termasuk:

  • Pengencer darah (seperti warfarin), penicillamine.
  • Obat yang dapat mempengaruhi pengeluaran kina dari tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi cara kerja kina. Contohnya termasuk simetidin, eritromisin, ketokonazol, fenitoin, rifampisin, penghambat protease HIV (seperti lopinavir, ritonavir), acetazolamide / sodium bicarbonate.
  • Banyak obat selain quinine yang dapat mempengaruhi irama jantung (perpanjangan QT), termasuk amiodarone, dofetilide, mefloquine, pimozide, procainamide, quinidine, sotalol, antibiotik makrolida (seperti erythromycin), antara lain.
  • Quinine sangat mirip dengan quinidine. Jangan menggunakan obat yang mengandung quinidine saat menggunakan quinine.
  • Obat Kina dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk tes urin tertentu untuk katekolamin, protein, steroid), dan mungkin menyebabkan hasil tes yang salah. Pastikan petugas laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat Kina.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan kina, sebaiknya laporkan semua obat yang saat ini Anda gunakan ke dokter atau apoteker Anda. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya interaksi obat.

Perhatian

  • Sebelum minum kina, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki alergi terhadap obat tersebut.
  • Obat Kina dapat membuat Anda pusing atau menyebabkan penglihatan kabur. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas apapun yang membutuhkan kewaspadaan atau visi yang jelas sampai Anda yakin Anda dapat melakukan aktivitas tersebut dengan aman. Batasi juga minuman beralkohol.
  • Obat kina tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan karena dapat membahayakan bagi janin.
  • Kina telah terbukti disekresikan ke dalam ASI, tetapi jumlah yang tidak signifikan dikonsumsi oleh bayi. Namun, kina dosis tinggi dapat menyebabkan stimulasi uterus pada wanita hamil dan tuli serta hipoplasia saraf optik pada anak-anak.

Sebelum Anda mengkonsumsi Kina ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari obat tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Quinine Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/quinine.html)
Quinine in tonic water: Safety, side effects, and possible benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323692)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app