Coltsfoot: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 655.764 orang

Coltsfoot adalah tanaman yang bagian daun dan bunganya sering dijadikan sebagai obat herbal. Coltsfoot digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pada paru-paru, mulai dari bronkitis, asma, hingga pertusis (batuk rejan).

Coltsfoot memiliki nama latin Tussilago farfara. Dilihat dari karakteristiknya, Coltsfoot mempunyai bunga berwarna emas mirip seperti dandelion, sementara daunnya lebar dan berbentuk seperti kuku. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Tidak diketahui bagaimana cara kerja Coltsfoot. Para ahli menduga ada zat kimia tertentu yang dapat meringankan nyeri, bengkak, dan peradangan. Itulah kenapa, banyak orang juga memanfaatkan Coltsfoot untuk mengobati infeksi saluran napas bagian atas, baik berupa radang mulut dan tenggorokan, batuk, dan suara serak

Mengenai Coltsfoot

Golongan

-

Kemasan

-

Kandungan

  • Pyrrolizidine alkaloids (PAs)
  • Sequterpenes
  • Flavonoid
  • Tussilagone
  • Bisabolene
  • Triterpenes

Manfaat Coltsfoot

Coltsfoot dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah berikut ini:

  • Asma
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Bronkitis
  • Suara serak
  • Bersin-bersin
  • Laringitis

Namun memang, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat Coltsfoot bagi kesehatan.

Efek samping Coltsfoot

Penting diketahui bahwa Coltsfoot tidak aman digunakan sebagai obat herbal. Pasalnya, Coltsfoot mengandung zat kimia bernama hepatotoxic pyrrolizidine alkaloids (PAs) yang dapat merusak hati dan menyebabkan kanker.

Baca Juga: Mengetahui Penyebab Penyakit Liver untuk Pencegahan

Apabila Anda menemukan produk yang tidak menyebutkan bebas PAs, maka sebaiknya pilih produk herbal lainnya yang aman. Hindari menggunakan Coltsfoot bila tidak tercantum informasi bebas PAs.

Coltsfoot dapat memicu efek samping tertentu, terutama bagi orang-orang yang punya alergi. Efek samping Coltsfoot dapat berupa ruam dan gatal pada kulit. Kondisi ini terjadi terutama pada orang-orang yang alergi terhadap tanaman dari famili Asteraceae atau Compositae, seperti krisan, aster, ragweed, marigold, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya: Penyebab Alergi Kulit, Ciri-Ciri, dan Obatnya

Dosis Coltsfoot

Dosis Coltsfoot berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai dosis Coltsfoot yang aman dan tepat.

Penting diketahui bahwa tidak semua produk alami alias herbal tergolong aman. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau apoteker sebelum menggunakan Coltsfoot sebagai obat herbal.

Ingat, Coltsfoot tidak dapat menggantikan obat-obatan jenis apa pun dari dokter.

Interaksi Coltsfoot

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja herbal. Sebagai akibatnya, herbal tidak dapat bekerja dengan maksimal atau justru menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beri tahukan kepada dokter. Berikut ini adalah interaksi Coltsfoot dengan obat-obatan lainnya, yakni:

  • Obat hipertensi: menurunkan efektivitas obat hipertensi dalam menurunkan tekanan darah. Jenis obat hipertensi yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Coltsfoot adalah captopril, enalapril, losartan, valsartan, diltiazem, amlodipine, hydrochlorothiazide, furosemide, dan sebagainya.
  • Obat yang mempercepat penguraian obat lain dalam hati: meningkatkan zat racun atau toksik di dalam tubuh. Beberapa jenis obat yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan Coltsfoot adalah carbamazepine, phenobarbital, phenytoin, rifampin, rifabutin, dan sebagainya.
  • Obat pengencer darah (antikoagulan atau antiplatelet): Coltsfoot dapat menghambat pembekuan darah. Bila dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah, maka darah akan semakin sulit membeku dan menyebabkan memar atau perdarahan. Jenis obat pengencer darah yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Coltsfoot adalah aspirin, clopidogrel, diclofenac, ibuprofen, naproxen, dalteparin, enoxaparin, heparin, warfarin, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya: Obat Pengencer Darah dan Efek Samping

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Coltsfoot sebagai obat herbal adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan herbal Coltsfoot. Sebab, Coltsfoot mengandung zat PAs hepatotoksik yang dapat menyebabkan cacat lahir dan kerusakan hati. Belum ada penelitian medis yang membuktikan keamanan Coltsfoot bagi ibu hamil.
  • Ibu menyusui juga tidak disarankan menggunakan Coltsfoot. Zat PAs hepatotoksik dapat merembes masuk ke ASI sehingga tidak aman bagi bayi. Belum ada penelitian medis yang membuktikan keamanan Coltsfoot bagi ibu menyusui.
  • Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi (hipertensi) atau penyakit jantung, Coltsfoot tidak disarankan untuk Anda. Herbal yang satu ini disinyalir dapat pengobatan hipertensi atau penyakit jantung yang sedang Anda lakukan.
  • Zat PAs hepatotoksik pada Coltsfoot dapat memperparah penyakit liver. Bila Anda mengalaminya, sebaiknya hindari herbal Coltsfoot.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp