Cipro - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: May 15, 2019 Waktu baca: 9 menit
Telah dibaca 178.022 orang

Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Ciprofloxacin termasuk dalam kelas obat yang disebut antibiotik quinolone. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik ini hanya mengobati infeksi bakteri. Antibiotik ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti flu biasa, flu). Menggunakan antibiotik apa pun ketika tidak diperlukan dapat menyebabkannya tidak berfungsi untuk infeksi yang terjadi di masa depan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Cara Menggunakan Cipro

Baca Panduan Obat dan, jika tersedia, Brosur Informasi Pasien yang disediakan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan ciprofloxacin dan setiap kali Anda membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter, biasanya dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Tablet ini mungkin memiliki rasa pahit jika Anda membelah, mengunyah, atau menghancurkannya sebelum dikonsumsi. Pihak perusahaan merekomendasikan untuk menelan tablet secara utuh karena alasan ini.

Dosis dan lama perawatan ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda dan respons terhadap perawatan. Minum banyak cairan saat minum obat ini kecuali dokter memberi tahu Anda sebaliknya.

Minum obat ini setidaknya 2 jam sebelum atau 6 jam setelah mengambil produk lain yang mungkin mengikat zat yang terkandung dalam obat ini, sehingga mengurangi efektivitasnya. 

Tanyakan apoteker Anda tentang produk lain yang Anda ambil. Beberapa contoh termasuk: quinapril, sevelamer, sucralfate, vitamin/mineral (termasuk suplemen zat besi dan seng), dan produk yang mengandung magnesium, aluminium, atau kalsium (seperti antasida, larutan didanosin, suplemen kalsium).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Makanan yang kaya kalsium, termasuk produk susu (seperti susu, yogurt) atau jus yang diperkaya kalsium, juga dapat mengurangi efek obat ini. Minum obat ini setidaknya 2 jam sebelum atau 6 jam setelah makan makanan kaya kalsium, kecuali jika Anda makan makanan ini sebagai bagian dari makanan utama yang mengandung makanan (tidak kaya kalsium) yang lain. Makanan lain ini mengurangi efek pengikatan kalsium.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang cara menggunakan suplemen/pengganti nutrisi secara aman dengan obat ini.

Untuk efek terbaik, gunakan antibiotik ini pada waktu yang sama. Untuk membantu Anda mengingat, minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Terus minum obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis sepenuhnya, bahkan jika gejala hilang setelah beberapa hari. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat mengakibatkan kembalinya infeksi.

Beritahu dokter jika kondisi kamu tidak berubah atau bahkan menjadi lebih buruk.

Efek Samping

Lihat juga bagian Peringatan.

Dapat terjadi mual, diare, pusing, sakit kepala ringan, sakit kepala, dan sulit tidur. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping serius, termasuk: memar/pendarahan yang tidak biasa, tanda-tanda infeksi baru (seperti demam baru/persisten, sakit tenggorokan persisten), tanda-tanda masalah ginjal (seperti perubahan jumlah urin, urin merah/merah muda), tanda-tanda masalah hati (seperti kelelahan yang tidak biasa, sakit perut/abdomen, mual/muntah terus menerus, mata/kulit menguning, urin berwarna gelap).

Segera hubungi bantuan medis jika Anda mengalami efek samping yang sangat serius, termasuk: pusing parah, pingsan, detak jantung cepat / tidak teratur.

Obat ini mungkin jarang menyebabkan kondisi usus yang parah (diare yang disebabkan bakteri Clostridium difficile) karena jenis bakteri tersebut resisten. Kondisi ini dapat terjadi selama pengobatan atau berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah pengobatan dihentikan. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami: diare terus-menerus, sakit/kram perut, darah/lendir pada tinja Anda.

Jangan menggunakan obat anti-diare atau opioid jika Anda memiliki gejala-gejala ini karena produk ini dapat memperburuknya.

Penggunaan obat ini untuk periode yang lama atau berulang dapat menyebabkan kandidiasis mulut atau infeksi jamur baru. Hubungi dokter Anda jika Anda menemukan bercak putih di mulut Anda, perubahan keputihan, atau gejala baru lainnya.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda menemukan gejala-gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum menggunakan ciprofloxacin, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi pada obat tersebut; atau antibiotik quinolone lainnya seperti norfloxacin, gemifloxacin, levofloxacin, moxifloxacin, atau ofloxacin; atau jika Anda memiliki alergi lain. 

Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih jelas.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama yang berhubungan dengan: diabetes, masalah jantung (seperti serangan jantung yang belakangan terjadi), masalah sendi/tendon (seperti tendonitis, bursitis⎯radang pada bursa yakni kantung yang berisi pelumas di sekitar sendi), penyakit ginjal, penyakit hati, kondisi mental/suasana hati kelainan (seperti depresi), miastenia gravis⎯penyakit autoimun yang mengakibatkan otot melemah, masalah saraf (seperti neuropati perifer⎯gangguan akibat rusaknya sistem saraf perifer), kejang, kondisi yang meningkatkan risiko kejang (seperti cedera otak/kepala, tumor otak, aterosklerosis otak⎯penyempitan dan penebalan pada dinding arteri otak akibat penumpukan plak).

Ciprofloxacin dapat menyebabkan suatu kondisi yang mempengaruhi irama jantung (perpanjangan interval QT). Perpanjangan interval QT jarang dapat menyebabkan detak jantung yang serius (jarang fatal) dengan cepat/tidak teratur dan gejala lainnya (seperti pusing parah, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.

Risiko perpanjangan interval QT dapat meningkat jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain yang dapat menyebabkan perpanjangan interval QT. 

Sebelum menggunakan ciprofloxacin, beri tahu dokter atau apoteker semua obat yang Anda minum dan jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut: masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan interval QT dalam EKG), riwayat keluarga dengan masalah jantung tertentu (perpanjangan interval QT dalam EKG, kematian jantung mendadak).

Kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah juga dapat meningkatkan risiko perpanjangan interval QT. Risiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik/"pil air") atau jika Anda memiliki kondisi seperti keringat parah, diare, atau muntah. Diskusikan dengan dokter Anda tentang menggunakan ciprofloxacin dengan aman.

Obat ini jarang menyebabkan perubahan serius dalam gula darah, terutama jika Anda menderita diabetes. Periksa gula darah Anda secara teratur sesuai petunjuk dan bagikan hasilnya dengan dokter Anda. Perhatikan gejala gula darah tinggi seperti meningkatnya rasa haus/buang air kecil. 

Ciprofloxacin dapat meningkatkan efek penurun gula darah dari obat glyburide. Perhatikan juga gejala gula darah rendah seperti keringat tiba-tiba, gemetar, detak jantung cepat, lapar, pandangan kabur, pusing, atau kesemutan pada tangan/kaki. 

Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri membawa tablet glukosa atau gel untuk mengobati gula darah rendah. Jika Anda tidak memiliki bentuk-bentuk glukosa yang andal seperti ini, segera tingkatkan gula darah Anda dengan mengonsumsi sumber gula cepat seperti sukrosa, madu, atau permen, atau dengan minum jus buah atau soda non-diet. 

Segera beri tahu dokter Anda tentang reaksi dan penggunaan produk ini. Untuk membantu mencegah gula darah rendah, makan dengan jadwal teratur, dan jangan melewatkan waktu makan. Dokter mungkin perlu mengalihkan Anda ke antibiotik lain atau menyesuaikan obat diabetes Anda jika ada reaksi yang terjadi.

Obat ini bisa membuat Anda pusing. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih pusing. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Diskusikan dengan dokter Anda jika Anda menggunakan ganja.

Obat ini dapat membuat Anda lebih peka terhadap sinar matahari. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari. Hindari tempat menggelapkan kulit (tanning) dan sinar matahari. 

Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung saat berada di luar ruangan. Segera hubungi dokter jika Anda terbakar matahari atau mengalami  kulit lepuh/kemerahan.

Ciprofloxacin dapat menyebabkan vaksin bakteri hidup (seperti vaksin tipes) tidak berfungsi dengan baik. Jangan melakukan imunisasi/vaksinasi saat menggunakan obat ini kecuali dokter memberi tahu Anda.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Anak-anak mungkin lebih sensitif terhadap efek samping obat ini, terutama masalah sendi / tendon.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama masalah tendon (terutama jika mereka juga menggunakan corticosteroids⎯sejenis hormon steroid⎯seperti prednisone atau hydrocortisone) dan perpanjangan interval QT (lihat di atas).

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Lihat juga bagian Cara Menggunakan dan Tindakan Pencegahan.

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini termasuk: "pengencer darah" (seperti acenocoumarol, warfarin), strontium.

Banyak obat selain ciprofloxacin dapat mempengaruhi irama jantung (perpanjangan interval QT), termasuk amiodarone, dofetilide, quinidine, procainamide, sotalol, dan lainnya.

Obat ini dapat memperlambat penghapusan obat lain dari tubuh Anda, yang dapat memengaruhi cara kerjanya. Contoh obat yang terkena termasuk duloxetine, pirfenidone, tasimelteon, tizanidine, dan lainnya.

Hindari meminum minuman yang banyak mengandung kafein (kopi, teh, cola), makan cokelat dalam jumlah besar, atau mengonsumsi produk-produk bebas yang mengandung kafein. Obat ini dapat meningkatkan dan/atau memperpanjang efek kafein.

Meskipun sebagian besar antibiotik tidak mungkin memengaruhi hormon kontrasepsi seperti pil, patch, atau cincin, namun beberapa antibiotik (seperti rifampin, rifabutin) dapat menurunkan efektivitasnya. 

Hal ini dapat mengakibatkan kehamilan. Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat menghubungi pusat kendali racun provinsi.

Catatan

  • Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.
  • Obat ini hanya diresepkan untuk kondisi Anda saat ini. Jangan menggunakannya nanti untuk infeksi lain kecuali dokter Anda memberi tahu Anda.
  • Pemeriksaan laboratorium dan/atau tes medis (seperti fungsi ginjal, jumlah darah, culture test) harus dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan Anda atau untuk memeriksa efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk perincian lebih lanjut.
  • Jangan mengganti merek obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda. Tidak semua merek memiliki efek yang sama.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, jangan meminum dosis yang terlewat sebelumnya. Minum dosis berikutnya pada waktu biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat. Informasi terakhir direvisi Juni 2018. Hak Cipta (c) 2018 First Databank, Inc.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp