Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Cialis - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: SEP 15, 2019 Tinjau pada SEP 15, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 957.603 orang

Tadalafil digunakan untuk mengobati masalah fungsi seksual pria (impotensi atau disfungsi ereksi-ED). Dikombinasikan dengan perangsang seksual, tadalafil bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke penis untuk membantu pria mendapatkan dan mempertahankan ereksi.

Tadalafil juga digunakan untuk mengobati gejala pembesaran prostat (benign prostatic hyperplasia-BPH). Obat ini membantu meringankan gejala BPH seperti urin sulit mengalir, aliran urin lemah, dan terlalu sering atau mendadak ingin buang air kecil secara mendesak (termasuk saat tengah malam). Tadalafil bekerja dengan merelaksasikan otot polos pada prostat dan kandung kemih.

Obat ini tidak melindungi kemungkinan terkena penyakit menular seksual (seperti HIV, hepatitis B, gonore, sifilis). Berlatih "seks aman" seperti menggunakan kondom lateks. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk keterangan lebih jelas.

Cara Menggunakan Cialis

Baca Brosur Informasi Pasien yang disediakan oleh apoteker sebelum Anda mulai menggunakan tadalafil dan setiap kali Anda membeli isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut, dengan atau tanpa makanan, sesuai anjuran dokter Anda. Jangan minum tadalafil lebih sering dari sekali sehari.

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis Anda, respons terhadap pengobatan, dan obat lain yang mungkin Anda pakai. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Untuk mengobati gejala BPH, minum obat ini sesuai arahan dokter Anda, biasanya sekali sehari. Jika Anda juga menggunakan finasteride dengan obat ini untuk mengobati gejala BPH, bicarakan dengan dokter Anda tentang berapa lama Anda harus terus minum obat ini.

Untuk mengobati disfungsi ereksi-ED, ada 2 cara yang dilakukan dokter ketika meresepkan tadalafil. Dokter akan menentukan mana cara terbaik bagi Anda untuk mengonsumsi tadalafil. Ikuti petunjuk dokter Anda tepat karena dosis Anda tergantung pada bagaimana Anda meminumnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Ericfil 100 mg 4s 1

Cara pertama adalah meminumnya sesuai kebutuhan, biasanya setidaknya 30 menit sebelum aktivitas seksual. Efek tadalafil pada kemampuan seksual dapat bertahan hingga 36 jam.

Cara kedua adalah dengan minum tadalafil secara teratur, sekali sehari setiap hari. Jika Anda melakukannya dengan cara ini, Anda dapat mencoba aktivitas seksual kapan saja di antara dosis Anda.

Jika Anda menggunakan tadalafil untuk mengobati ED dan BPH, gunakan sesuai petunjuk dokter Anda, biasanya sekali sehari. Anda dapat mencoba aktivitas seksual kapan saja di antara dosis Anda.

Jika Anda menggunakan tadalafil sekali sehari untuk BPH, atau untuk ED, atau keduanya, minum secara teratur agar manfaat obat dapat diserap tubuh sepenuhnya. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari.

Hubungi dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau bahkan memburuk.

Efek Samping

Dapat terjadi sakit kepala, sakit perut, sakit punggung, nyeri otot, hidung tersumbat, kemerahan, atau pusing. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Untuk mengurangi risiko pusing dan sakit kepala ringan, berdiri perlahan saat bangun dari posisi duduk atau berbaring.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Aktivitas seksual dapat menambah ketegangan pada jantung Anda, terutama jika Anda memiliki masalah jantung. Jika Anda memiliki masalah jantung dan mengalami salah satu efek samping serius ini saat berhubungan seks, segera hentikan dan hubungi bantuan medis: pusing parah, pingsan, nyeri dada/rahang/lengan kiri, mual.

Jarang dapat terjadi penurunan penglihatan yang tiba-tiba, termasuk kebutaan permanen, pada satu atau kedua mata (NAION⎯hilangnya aliran darah pada saraf optik). Jika masalah serius ini terjadi, berhenti mengonsumsi tadalafil dan segera hubungi bantuan medis

Anda memiliki peluang yang sedikit lebih besar terhadap mengembangnya NAION jika Anda memiliki penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, masalah mata tertentu lainnya ("crowded disk"⎯kondisi ketika saraf optik hampir sebesar bagian belakang mata yang terbuka dan tampak “sesak” ketika dilihat dengan ophthalmoscopy), tekanan darah tinggi, jika Anda berusia di atas 50 tahun, atau jika Anda merokok.

Jarang dapat terjadi penurunan tiba-tiba atau kehilangan pendengaran, kadang-kadang dengan dering di telinga dan pusing. Berhenti minum tadalafil dan segera hubungi bantuan medis jika efek ini terjadi.

Jika Anda mengalami ereksi yang menyakitkan atau berkepanjangan yang berlangsung selama 4 jam atau lebih, hentikan penggunaan obat ini dan segera hubungi bantuan medis, atau masalah permanen dapat terjadi.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi bantuan medis jika Anda mengalami gejala-gejala reaksi alergi serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345.

Pencegahan dan Peringatan

Sebelum menggunakan tadalafil, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi pada obat tersebut; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan: masalah jantung (seperti serangan jantung atau detak jantung tidak teratur yang mengancam jiwa dalam 6 bulan terakhir, nyeri dada/angina, gagal jantung), stroke dalam 6 tahun terakhir bulan, penyakit ginjal, penyakit hati, tekanan darah tinggi atau rendah, kehilangan air dalam tubuh (dehidrasi), kondisi penis (seperti angulasi, fibrosis/jaringan parut, penyakit Peyronie⎯penyakit yang mengakibatkan bentuk penis tampak menekuk), riwayat ereksi yang menyakitkan/berkepanjangan (priapism), kondisi yang dapat meningkatkan risiko priapisme (seperti anemia sel sabit, leukemia, multiple myeloma⎯kanker sel plasma), masalah mata (seperti retinitis pigmentosa⎯penyakit yang menyerang retina mata, penurunan penglihatan mendadak, NAION), gangguan perdarahan, tukak lambung aktif.

Obat ini bisa membuat Anda pusing. Alkohol atau ganja bisa membuat Anda lebih pusing. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan tinggi sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Diskusikan dengan dokter jika Anda menggunakan ganja.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Merk obat ini biasanya tidak digunakan pada wanita. Selama kehamilan, tadalafil harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Tidak diketahui apakah obat ini dapat masuk ke ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini adalah: riociguat.

Tadalafil dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang serius ketika digunakan bersamaan dengan nitrat, yang dapat menyebabkan pusing, pingsan, dan terkadang menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Jangan gunakan tadalafil dengan salah satu dari: obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati nyeri dada/angina (nitrat seperti nitrogliserin, isosorbide), recreational drugs (obat legal maupun ilegal yang digunakan untuk mendapatkan kesenangan batin) yang disebut "popper" yang mengandung amyl atau butyl nitrite.

Jika Anda juga minum obat tipe alpha blocker (seperti doxazosin, tamsulosin) untuk mengobati pembesaran prostat/BPH atau tekanan darah tinggi, tekanan darah Anda mungkin terlalu rendah sehingga dapat menyebabkan pusing atau pingsan

Dokter Anda umumnya akan memulai pengobatan dengan dosis tadalafil yang lebih rendah atau menyesuaikan obat alpha blocker Anda untuk meminimalkan risiko tekanan darah rendah.

Obat-obatan lain dapat mengakibatkan tadalafil terbuang dari tubuh Anda, sehingga memengaruhi cara kerja tadalafil. Contohnya termasuk antijamur azole (seperti itraconazole, ketoconazole), antibiotik makrolida (seperti clarithromycin, erythromycin), pencegah virus HIV (seperti fosamprenavir, ritonavir),pencegah virus hepatitis C (seperti boceprevir, telaprevir), di antaranya, rifampin, dan lain-lain).

Jangan minum obat ini dengan produk lain yang mengandung tadalafil atau obat sejenis lainnya yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi-ED atau hipertensi paru (seperti sildenafil, vardenafil).

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat menghubungi pusat kendali racun provinsi.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Dosis terlewatkan

Jika Anda minum obat ini dengan jadwal teratur dan Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, jangan minum dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal minum dosis seperti biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal. Informasi terakhir direvisi September 2017. Hak Cipta (c) 2017 First Databank, Inc.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp