Ingin Cegah Kehamilan Tanpa Takut Gemuk dan Berjerawat? Pakai Pil KB DRSP (Drospirenone)

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 3, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ingin Cegah Kehamilan Tanpa Takut Gemuk dan Berjerawat? Pakai Pil KB DRSP (Drospirenone)

Badan gemuk dan kulit berjerawat adalah efek samping pil KB yang paling dihindari oleh sebagian besar wanita. Karena hal inilah, Anda mungkin harus berpikir dua kali sebelum mencoba minum pil KB untuk mencegah kehamilan. Kabar baiknya, sekarang Anda tak perlu khawatir karena sekarang ini ada jenis pil KB yang bisa cegah kehamilan tanpa bikin gemuk atau berjerawat. Namanya pil KB DRSP.

Apa itu pil KB DRSP?

Pil KB adalah alat kontrasepsi yang cocok dan efektif untuk mencegah kehamilan tanpa mengganggu aktivitas seksual Anda dengan pasangan. Pasalnya, jenis kontrasepsi ini mampu menghalangi terjadinya kehamilan hingga 98%, dengan catatan harus digunakan sesuai aturan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Setiap obat tentu saja memiliki efek samping, begitu juga dengan pil KB. Dari sekian banyak efek samping pil KB yang ada, badan gemuk dan wajah berjerawat merupakan yang paling hindari dan jadi pertimbangan sebelum menggunakan pil KB.

Untungnya, kini Anda tak perlu merasa khawatir sebab kini telah hadir inovasi jenis pil KB yang mampu mencegah kehamilan tanpa bikin gemuk dan berjerawat. Pil KB tersebut mengandung drospirenone sehingga disebut pil DRSP.

Baca Juga: Pil KB Bisa Jadi Obat Jerawat, Memangnya Ampuh?

Apa saja manfaat pil KB DRSP?

Kehadiran pil KB DRSP menjadi jawaban bagi Anda yang ingin mencegah kehamilan, tapi juga sambil menjaga penampilan setiap saat. Ada banyak manfaat pil KB DRSP yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Menghaluskan kulit

Pil KB DRSP mengandung zat antiandrogenik yang dipercaya dapat membantu merawat kulit. Zat tersebut mampu mengendalikan produksi sebum sehingga produksi minyak wajah cenderung normal. Hal ini pula yang membuat kulit Anda terhindar dari jerawat

2. Mengendalikan retensi cairan

Menurut pakar kesehatan, pil KB dengan kandungan DRSP dapat mencegah terjadinya retensi cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan kegemukan karena kontrasepsi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir soal kenaikan berat badan setelah minum pil KB jenis DRSP.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3. Menurunkan berat badan

Anda mungkin ragu-ragu minum pil KB karena takut badan gemuk dan tak percaya diri. Mulai sekarang, Anda bisa menggunakan pil KB DRSP.

Manfaat pil KB DRSP yang satu ini telah dibuktikan melalui penelitian. Selama kurang lebih satu tahun, wanita yang mengonsumsi pil KB DRSP mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

4. Menjaga siklus haid

Pil KB dengan kandungan DRSP akan membuat Anda mengalami siklus haid teratur sehingga sistem hormonal tidak terganggu. Selain itu, kontrasepsi ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sering merasakan kram perut saat menstruasi, sebab kandungan di dalam pil KB jenis ini dapat membantu mengurangi nyeri tersebut. 

5. Meningkatkan kolesterol baik

Manfaat pil KB DRSP bagi kesehatan lainnya adalah memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Secara bersamaan, kandungan tersebut juga tetap menjaga kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan demikian, jenis pil KB dengan kandungan DRSP sangat aman bagi perempuan yang memiliki riwayat hipertensi.

Tidak semua wanita boleh minum pil KB

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi, ada baiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis. Pasalnya, tidak semua wanita diperbolehkan minum pil KB demi kesehatannya.

Kelompok wanita yang tidak boleh minum pil KB adalah mereka yang mengalami kondisi seperti berikut ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Selain itu, pil KB juga tidak dianjurkan untuk wanita yang sudah menopause. Ini karena kandungan hormon estrogen dan progesteron sintetis pada pil KB sangat tinggi dan dapat mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh.

Merek pil KB DRSP mana yang ada di pasaran?

Ada banyak merek pil KB yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, jika Anda mencari pil KB yang mengandung DRSP, maka Anda bisa memilih pil KB merek Yaz atau Yasmin.

Keduanya mampu mencegah kehamilan sekaligus ramah pada kulit dan berat badan. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir akan lebih gemuk atau jerawatan setelah minum pil KB DRSP.

Kedua merek tersebut memang bukan obat generik, sehingga soal harga tentu memiliki kisaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan generik. Akan tetapi, hal ini tentu tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang ingin mencegah kehamilan tapi tetap cantik .

Supaya Anda mendapatkan hasil optimal dan efektif, selalu baca petunjuk penggunaan pil KB. Pastikan juga pil KB Anda masih jauh dari tanggal kedaluwarsa agar aman bagi tubuh.

Mulailah untuk merencanakan kehamilan dengan mempertimbangkan pil KB DRSP. Dengan jenis pil KB ini, Anda tak hanya bisa mencegah kehamilan, tapi juga menjaga tubuh tetap cantik setiap saat.

Baca Juga: 16 Harga Merek Pil KB yang Beredar di Indonesia

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Keam, Susan & Wagstaff, Antona. (2003). Ethinylestradiol/Drospirenone. Treatments in Endocrinology. 2. 49-70. 10.2165/00024677-200302010-00005.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/277433001_EthinylestradiolDrospirenone)
Bachmann, Gloria & Kopacz, Sharon. (2009). Drospirenone/ethinyl estradiol 3 mg/20 μg (24/4 day regimen): Hormonal contraceptive choices - Use of a fourth-generation progestin. Patient preference and adherence. 3. 259-64. 10.2147/PPA.S3901.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/40029472_Drospirenoneethinyl_estradiol_3_mg20_mg_244_day_regimen_Hormonal_contraceptive_choices_-_Use_of_a_fourth-generation_progestin)
Bhattacharya, Parnamita & Kapoor, Nandini & Kyal, Amit & Mukhopadhyay, Partha. (2011). A Comparative Study of Drospirenone and Desogestrel: An Overview of Benefi ts and Side Effects. Nepal Journal of Obstetrics and Gynaecology. 6. 10.3126/njog.v6i1.5247.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/260350153_A_Comparative_Study_of_Drospirenone_and_Desogestrel_An_Overview_of_Benefi_ts_and_Side_Effects)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app