Keluarga Berencana

16 Harga Merek Pil KB yang Beredar di Indonesia

Dipublish tanggal: Apr 11, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 9 menit
16 Harga Merek Pil KB yang Beredar di Indonesia

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pil KB efektif mencegah kehamilan hingga 98% selama diminum secara rutin dan sesuai aturan.
  • Bagi Anda yang ingin menunda kehamilan tanpa mengalami efek wajah jerawatan, pil KB Yasmin atau pil KB Neynna bisa menjadi pilihan. Cari jenis pil KB di sini!
  • Pil KB Andalan Laktasi cocok digunakan untuk ibu menyusui yang tidak ingin 'kebobolan' hamil lagi.
  • Pil KB Andalan Fe sangat tepat digunakan untuk wanita aktif, dapat membantu mengatasi gejala anemia saat menstruasi. 
  • Setiap merek pil KB memiliki risiko efek sampingnya masing-masing. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai hal ini.
  • Tidak semua jenis pil KB cocok untuk semua wanita. Sebaiknya tanyakan pada dokter mengenai pil KB mana yang sesuai untuk Anda.

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan. Jenis alat KB yang satu ini memiliki tingkat efektivitas hingga 98%, selama diminum secara rutin dan sesuai aturan. Di Indonesia sendiri, beredar berbagai merek pil KB yang bisa dipilih untuk menunda momongan atau berhenti punya anak. Lengkap dengan harganya, simak beragam merek pil KB berikut ini.

16 Merek pil KB yang ada di Indonesia

Pil KB yang dijual di apotek maupun toko obat memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung dari merek pil KB-nya masing-masing. Berikut adalah daftar harga pil KB untuk masing-masing merek, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

1. Pil KB Yasmin

Anda mungkin sudah pernah mendengar soal pil KB Yasmin. Yasmin adalah salah satu merek pil KB yang banyak dipilih oleh para wanita yang ingin menunda kehamilan.

Pil KB Yasmin mengandung 2 jenis hormon, yaitu drospirenone dan etinil estradiol. Keduanya bekerja bersama-sama untuk mencegah terjadinya ovulasi, sehingga peluang terjadinya kehamilan cenderung rendah. Pil KB Yasmin juga dapat membantu mengurangi produksi minyak, sehingga kulit jadi jarang berjerawat.

Dibalik manfaat pil KB Yasmin terhadap pencegahan kehamilan, ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Beberapa efek samping pil KB Yasmin di antaranya:

  • Diare
  • Nyeri punggung
  • Migrain
  • Payudara terasa nyeri atau bengkak
  • Mual
  • Depresi

Pil KB Yasmin terdiri dari 28 tablet, yaitu 21 tablet berisi hormon dan 7 tablet plasebo (tidak mengandung hormon). Ada juga pil KB Yasmin yang hanya berisi 21 tablet berisi hormon. Cara minum pil KB Yasmin adalah 1 kali sehari satu tablet.

Harga pil KB Yasmin: Rp 206.759-290.946 per strip.

Baca Selengkapnya: Pil KB Yasmin: Manfaat dan Efek Samping

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

2. Pil KB Andalan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pil KB Andalan. Bahkan bisa dibilang, KB Andalan mungkin sudah jadi paling populer bagi para wanita di Indonesia.

Pil KB Andalan mengandung 2 jenis hormon, yaitu levonorgestrel dan etinil estradiol. Sama seperti merek pil KB lainnya, kedua hormon tersebut berfungsi untuk mencegah proses ovulasi, mengubah ketebalan lendir leher rahim, dan mengubah lapisan dinding rahim.

Keseluruhan proses tersebut akan menyulitkan sperma untuk bergerak masuk ke dalam rahim, apalagi sampai terjadi pembuahan. Walaupun efektif mencegah kehamilan, beberapa wanita mengalami efek samping pil KB Andalan berupa:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Perubahan nafsu makan
  • Gugup
  • Rambut rontok
  • Muncul jerawat

Satu strip pil KB Andalan berisi 28 tablet, terdiri dari 21 tablet kuning yang mengandung hormon dan 7 tablet putih kosong (plasebo). Diminum 1 kali sehari setiap hari, mulai dari hari pertama haid dengan mengonsumsi tablet kuning. Lanjutkan dengan mengikuti tanda panah sampai semua tablet habis.

Harga pil KB Andalan tab: Rp 13.037-24.537 per pak (isi 2 strip).

3. Pil KB Andalan Laktasi

Pada dasarnya, cara kerja pil KB Andalan Laktasi sama seperti pil KB Andalan lainnya. Hanya saja, sesuai dengan namanya, Laktasi khusus digunakan untuk ibu menyusui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Pil KB Andalan Laktasi mengandung hormon progestin dosis rendah. Hormon tersebut menyebabkan lendir rahim menjadi kental, sehingga pergerakan sperma jadi lebih lambat dan sulit bertemu dengan sel telur. 

Merek pil KB Andalan Laktasi berisi 28 pil. Bila Anda memberikan ASI secara eksklusif, pil KB Andalan Laktasi dapat dikonsumsi 6 minggu setelah melahirkan. Ketika Anda sudah kembali haid, maka pil KB dikonsumsi pada hari pertama menstruasi dan dilanjutkan setiap hari pada jam yang sama.

Harga pil KB Andalan laktasi: Rp 10.980-25.286 per strip.

3. Pil KB Andalan Fe

Merek pil KB Andalan Fe adalah kontrasepsi oral khusus untuk wanita aktif. Sama seperti namanya, jenis pil KB ini mengandung zat besi yang dapat membantu mengatasi gejala anemia saat menstruasi.

Selain memenuhi kebutuhan zat besi, pil KB Andalan Fe juga dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan. Ada 2 jenis hormon di dalam pil KB Andalan Fe, yaitu levonogestrel dan etinil estradiol.

Keduanya bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Pil KB ini juga membuat lendir vagina jadi kental, sehingga sperma akan sulit masuk dan mencapai saluran telur. 

Beberapa efek samping Andalan Fe yang sering muncul adalah:

  • Pusing
  • Mual
  • Payudara terasa lembek
  • Muncul bercak darah pada 3 bulan pertama

Namun tak perlu khawatir, efek samping akan hilang setelah beberapa kali penggunaan.

Satu strip Andalan Fe berisi 28 tablet. Terdapat 21 tablet berwarna kuning yang mengandung hormon levonogestrel dan etinil estradiol, sementara 7 tablet berwaran putih mengandung ferrous fumarate atau zat besi.

Harga pil KB Andalan Fe strip: Rp 5.500-9.680 per strip.

4. Pil KB Andalan Postpil

Pil KB Andalan Postpil termasuk merek pil KB dengan resep dokter. Andalan Postpil adalah pil kontrasepsi darurat yang harus diminum segera setelah berhubungan intim untuk mencegah kehamilan.

Satu strip pil KB Andalan Postpil berisi 2 tablet berwarna putih. Kandungan hormon levonorgestrel di dalam pil KB dapat mencegah pertemuan sel telur dan sperma, dengan cara mengentalkan lendir rahim. Sel sperma akan sulit masuk ke dalam rahim dan tidak bisa membuahi sel telur.

Merek pil KB Andalan Postpil diminum 2 tablet sekaligus dalam waktu paling lambat 5 hari, atau tidak lebih dari 120 jam setelah berhubungan tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Semakin cepat dikonsumsi, maka pil KB akan semakin efektif mencegah kehamilan.

Harga pil KB Andalan Postpil: Rp 25.000-31.748 per strip.

5. Pil KB Diane

Pil KB Diane termasuk merek pil KB paling populer di Indonesia. Pil KB Diane mengandung kombinasi siproteron asetat dan etinil estradiol. 

Keduanya berfungsi untuk menghambat ovulasi dan menurunkan risiko terjadinya implantasi pada rahim. Jenis pil KB ini juga dapat mengentalkan cairan mukosa pada leher rahim, sehingga sperma akan sulit masuk dan membuahi sel telur.

Dibalik manfaat pil KB Diane, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul. Efek samping pil KB Diane di antaranya:

  • Payudara terasa sakit atau bengkak
  • Mual atau muntah
  • Muncul ruam kulit
  • Perubahan berat badan
  • Reaksi alergi

Pil KB Diane terdiri dari 21 tablet yang diminum sekali sehari, dimulai dari haid pertama. Lanjutkan sampai paket obat habis dan jangan minum obat apa pun selama 7 hari ke depan.

Disarankan untuk dikonsumsi pada waktu yang sama setiap harinya, misalnya setiap pagi setelah makan atau setiap malam sebelum tidur.

Harga pil KB Diane: Rp 118.500-169.997 per strip.

6. Pil KB Marvelon Gold Limas

Merek pil KB Marvelon Gold Limas mengandung 2 hormon utama, yaitu desogestrel dan etinil estradiol. Kombinasi keduanya efektif mencegah pembuahan sel telur dan sel sperma, sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan juga rendah.

Satu pak pil KB Marvelon Gold berisi 3 strip, dengan masing-masing strip mengandung 28 tablet. Dari 28 tablet tersebut, sebanyak 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet plasebo.

Merek pil KB ini juga aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kemungkinan efek samping pil KB Marvelon Gold Limas di antaranya mual dan nyeri payudara.

Harga pil KB Marvelon Gold Limas 28: 45.000-60.000 per strip.

7. Pil KB Microgynon

Merek pil KB Microgynon cukup umum di Indonesia. Pil KB Microgynon mengandung kombinasi 2 hormon, yaitu levonorgestrel dan etinil estradiol.

Sama seperti merek pil KB pada umumnya, pil KB Microgynon bekerja mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur. Kedua hormon tadi juga dapat mengentalkan cairan mukosa pada leher rahim, sehingga sperma sulit melewati serviks dan tidak bisa membuahi sel telur.

Waspadai berbagai efek samping pil KB Microgynon yang mungkin muncul, di antaranya:

Merek pil KB Microgynon terdiri dari 28 tablet, yaitu 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet plasebo (kosong). Pil KB Mycrogynon diminum 1 kali sehari sejak hari pertama haid. Pada kemasannya dilengkapi dengan anak panah sebagai petunjuk urutan pemakaiannya setiap hari.

Harga pil KB Microgynon: Rp 13.552-27.415 per strip.

8. Pil KB Exluton Limas

Pil KB Exluton Limas mengandung hormon lynestrenol yang dapat mencegah kehamilan. Merek pil KB Exluton juga dapat menyebabkan efek samping berupa:

Satu pak pil KB Exluton Limas berisi 3 strip, dengan masing-masing strip mengandung 28 tablet. Minum 1 tablet setiap hari pada waktu yang sama, dimulai dari hari pertama menstruasi.

Harga pil KB Exluton Limas tablet: Rp 34.000-40.800 per strip.

merek pil KB

9. Pil KB Microlut

Pil KB Microlut adalah merek pil KB yang hanya mengandung hormon levonorgastrel. Ini akan menguntungkan bagi Anda karena Microlut tidak akan mengganggu siklus menstruasi Anda. Jenis pil KB ini juga tidak memengaruhi kandungan ASI, sehingga aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Hati-hati dengan efek samping yang mungkin terjadi setelah minum pil KB Microlut. Efek samping Microlut di antaranya:

Satu strip pil KB Microlut berisi 35 tablet. Merek pil KB ini harus dikonsumsi setiap hari pada jam yang sama untuk menjaga efektivitas obat.

Harga pil KB Microlut: Rp 30.176-48.900 per strip.

10. Pil KB Mercilon

Pil KB Mercilon termasuk merek pil KB yang membutuhkan resep dokter. Ada 2 jenis hormon di dalam pil KB Mercilon, yaitu desogestrel dan etinil estradiol, yang efektif menghambat gerak sperma menuju sel telur.

Satu pak pil KB Mercilon berisi 3 strip, dengan masing-masing strip mengandung 28 tablet. Dari 28 tablet tersebut, sebanyak 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet plasebo.

Harga Pil KB Mercilon: Rp 139.953-178.000 per strip.

11. Pil KB Planotab

Pil KB Planotab adalah merek pil KB yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Planotab KB mengandung kombinasi antara levonorgestrel dan etinil estradiol, dua hormon yang berperan penting untuk menghambat ovulasi. Cairan atau lendir pada leher rahim juga akan mengental, sehingga sperma jadi lebih sulit 'berenang' menuju sel telur.

Satu strip merek pil KB Planotab berisi 28 tablet berwarna putih, terdiri dari 21 tablet berisi hormon dan 7 tablet kosong. 

Harga pil KB Planotab: Rp 6.000-11.000 per strip.

12. Pil KB Neynna

Bagi Anda yang mau menunda kehamilan, tapi juga ingin memiliki kulit halus dan cantik, pil KB Neynna cocok untuk Anda. Merek pil KB ini bisa memberikan 2 manfaat tersebut bagi Anda.

Pil KB Neynna mengandung kombinasi antara sipoteron astetat dan etinil estradiol. Keduanya bekerja sama untuk menghambat proses pelepasan folikel, sehingga peluang terjadinya pembuahan semakin kecil.

Pada waktu yang bersamaan, kedua hormon tersebut juga dapat menurunkan produksi minyak di kulit dan memblok efek androgen. Hal ini mampu mengurangi timbulnya jerawat dan bintik hitam di wajah.

Satu strip merek pil KB Neynna berisi 21 tablet. Minum 1 tablet setiap hari pada jam yang sama supaya efeknya lebih maksimal.

Harga pil KB Neynna: Rp 97.340-127.776 per strip.

13. Pil KB Gynera

Pil KB Gynera adalah merek pil KB yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Pil KB Gynera mengandung 2 hormon penting, yaitu etinil estradiol dan gestodene, yang efektif mencegah kehamilan.

Sama seperti jenis pil KB lainnya, pil KB Gynera juga dapat memicu efek samping berupa:

  • Nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Sakit perut
  • Perubahan berat badan

Efek samping tersebut biasanya hilang setelah beberapa kali penggunaan.

Pil KB Gynera terdiri dari 21 tablet yang diminum sekali sehari, dimulai dari haid pertama. Lanjutkan sampai paket obat habis dan jangan minum obat apa pun selama 7 hari ke depan.

Harga pil KB Gynera: Rp 108.900-171.368 per strip.

14. Pil KB Triquilar ED

Pil KB Triquilar ED adalah kontrasepsi oral yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Merek pil KB ini mengandung kombinasi hormon levonorgestrel dan etinil estradiol.

Efek samping pil KB Triquilar yang dapat terjadi adalah:

  • Pusing
  • Mual
  • Payudara terasa lembek
  • Perdarahan ringan pada 3 bulan pertama

Efek samping tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa kali penggunaan.

Satu strip pil KB Triquilar ED berisi 28 tablet, yaitu 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet plasebo. Pil KB ini diminum setiap hari sebanyak 1 tablet, dimulai dari hari pertama menstruasi. Ikuti petunjuk panah pada strip dan lanjutkan penggunaannya sampai paket obat habis.

Harga pil KB Triquilar ED: Rp 287.030-344.436 per strip.

15. Pil KB YAZ

Yaz adalah merek pil KB yang membutuhkan resep dokter. Pil KB Yaz mengandung kombinasi drospirenon (progestin) dan etinil estradiol (estrogen), dua hormon yang efektif mencegah kehamilan.

Keduanya bekerja sama untuk menghambat ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium. Pil KB Yaz juga menyebabkan cairan mukosa pada leher rahim jadi kental, sehingga sperma sulit 'berenang' masuk ke dalam saluran telur.

Satu strip pil KB Yaz berisi 28 tablet, yaitu 24 tablet mengandung hormon dan 4 tablet inaktif. Minum pil KB 1 tablet setiap hari pada jam yang sama selama 28 hari berturut-turut.

Harga pil KB YAZ: Rp 310.000-391.600.

16. Pil KB Postinor

Postinor adalah merek pil KB yang membutuhkan resep dokter. Pil KB Postinor merupakan kontrasepsi darurat yang harus diminum 12-72 jam (3 hari) setelah berhubungan seksual tanpa perlindungan.

Satu strip pil KB Postinor berisi 2 tablet yang diminum sekaligus. Semakin cepat diminum, maka pil KB Postinor akan semakin efektif mencegah kehamilan. 

Beberapa efek samping pil KB Postinor yang mungkin terjadi adalah:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Payudara terasa lunak
  • Mual dan muntah
  • Perdarahan

Konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami efek samping tersebut.

Harga pil KB Postinor: Rp 14.007-16.799 per strip.

Baca juga: 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kementerian Kesehatan

Tidak semua merek pil KB cocok untuk semua wanita. Ada orang yang cocok menggunakan pil KB A, tapi bisa jadi beberapa wanita lainnya justru mengalami efek samping yang lebih berat. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter mengenai jenis pil KB yang cocok untuk Anda.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Very Well Health. Is Yaz the Right Birth Control Option for You? (https://www.verywellhealth.com/what-is-yaz-birth-control-906835). 3 Desember 2019.
Healthline. Yaz vs. Yasmin: What's the Difference? (https://www.healthline.com/health/birth-control/yaz-vs-yasmin). 28 Maret 2016.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app