Cari Tahu 15 Gejala Utama Kanker Disini

Jangan anggap sepele jika Anda mengalami gejala utama kanker. Semakin cepat penyakit kanker terdeteksi maka semakin tinggi pula kemungkinan Anda untuk sembuh. Hal tersebut dilakukan supaya sel kanker tidak menyebar dan menggerogoti tubuh penderita.
Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan. Kanker adalah penyakit yang ditandai adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh penderita. Faktor penyebab penyakit kanker bisa terjadi karena faktor keturunan atau pola hidup yang tidak sehat.

 Anda patut mengetahui dan mengenali gejala utama kanker. Jangan anggap sepele jika Anda mengalami gejala utama kanker. Semakin cepat penyakit kanker terdeteksi maka semakin tinggi pula kemungkinan Anda untuk sembuh. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Hal tersebut dilakukan supaya sel kanker tidak menyebar dan menggerogoti tubuh penderita.

15 gejala utama kanker

Berikut ini 15 gejala utama penyakit kanker yang perlu Anda ketahui:

1. Merasa lelah terus-menerus

Rasa lelah setelah melakukan aktivitas tentu menjadi hal yang normal dialami oleh siapa saja dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beristirahat sejenak. 

Namun Anda harus berhati-hati jika rasa lelah terjadi secara terus-menerus, bahkan setelah bangun bangun tidur atau beristirahat. Atau Anda mengalami kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas apapun.

Rasa kelelahan yang terjadi secara terus-menerus bisa menjadi gejala adanya sel kanker di tubuh Anda. Kondisi kelelahan kronis juga bisa disertai dengan pendarahan saat buang air besar dan berlangsung dalam waktu yang lama.

2. Penurunan berat badan secara drastis

Penurunan berat badan secara drastis sering terjadi pada penderita penyakit kanker. Gejala ini biasanya muncul tanpa sebab, bahkan penurunan berat badan bisa terjadi sangat signifikan dalam jangka waktu yang singkat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Anda patut curiga jika terjadi penurunan berat badan secara drastis tanpa adanya program diet atau keluhan apapun. Pasalnya penurunan berat badan secara drastis dapat menjadi gejala kanker perut, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

3. Demam berkepanjangan

Demam berkepanjangan terjadi akibat penurunan sistem imunitas tubuh penderita penyakit kanker. Dengan kondisi seperti itu tubuh penderita sangat rentan terkena virus. Gejala demam berkepanjangan merupakan salah satu gejala utama kanker darah. 

Gejala ini biasanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang dan tidak kunjung sembuh. 

4. Muncul bercak-bercak pada mulut

Gejala ini sering dialami oleh penderita kanker mulut yang sering terjadi pada perokok aktif. Biasanya gejala kanker mulut ditandai dengan munculnya bercak kemerahan, kuning, atau abu-abu pada lidah dan mulut. 

Keluhan ini juga disertai dengan pembengkakan dan pendarahan di mulut, serta mulut dan wajah mengalami mati rasa.

5. Sakit saat menelan makanan atau minuman

Kanker tenggorokan atau kanker perut mempunyai gejala utama berupa kesulitan atau muncul rasa sakit saat menelan makanan atau minuman. Biasanya gejala ini juga disertai dengan gangguan tenggorokan, muntah, bahkan penurunan berat badan secara drastis.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

6. Batuk berdarah dan berkepanjangan

Gejala utama kanker paru-paru adalah keluhan batuk yang terjadi lebih dari empat pekan yang disertai darah. Biasanya gejala ini juga disertai dengan kelelahan kronis, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan dalam waktu yang singkat.

7. Kesulitan saat buang air 

Jika Anda mengalami kesulitan saat buang air seperti BAK atau BAB, Anda patut mencurigainya. Terlebih jika gangguan buang air disertai darah dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya gejala ini bisa menjadi tanda terkena kanker ginjal, kanker kandung kemih, atau kanker usus.

8. Perut terasa penuh

Perut kembung atau terasa penuh yang disertai pendarahan di vagina atau penurunan berat badan secara drastis dapat menjadi gejala kanker usus, kanker pankreas, atau kanker ovarium.

9. Sakit perut terus-menerus akibat depresi

Depresi yang disertai dengan sakit perut secara terus menerus dapat menjadi gejala terkena kanker pankreas. Namun gejala ini sering terjadi pada penderita penyakit kanker.

10.Terjadi perubahan pada kulit

Perubahan warna kulit pada penderita kanker dapat diketahui secara cepat. Perubahan tersebut bisa seperti perubahan warna, ukuran, atau area permukaan kulit. Selain itu, Anda juga harus waspada jika kulit Anda menjadi kemerahan, permukaan kulit menjadi bersisik, tahi lalat yang membesar, atau munculnya benjolan pada kulit.

11. Terjadi perubahan pada payudara

Gejala utama kanker payudara dapat dilihat dari benjolan yang muncull pada payudara, kulit payudara berkerut dan berwarna kemerahan, terasa nyeri, serta adanya cairan atau darah yang keluar dari puting. Tidak hanya wanita, pria juga bisa terkena kanker payudara walaupun kemungkinannya kecil.

12. Terjadi perubahan pada testikel

Benjolan pada testis yang terasa nyeri merupakan gejala utama kanker testis. Gejala yang timbul juga dapat disertai dengan adanya penimbunan cairan dalam skrotum, terasa berat dan sakit. 

13. Muncul nyeri di ulu hati

Kanker ovarium, kanker lambung, dan kanker tenggorokan mempunyai gejala utama berupa nyeri ulu hati yang terjadi secara terus-menerus. Anda patut waspada jika nyeri pada ulu hati tidak kunjung reda walaupun sudah diobati dengan obat-obatan yang dibeli di apotik.

14. Rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu

Hati-hati jika Anda mengalami rasa nyeri berlebihan dan terjadi berkepanjangan pada bagian tubuh tertentu. Pasalnya gejala ini bisa menjadi tanda bahwa ada sel kanker yang sedang berkembang. Misalnya nyeri sakit kepala yang berlangsung lama bisa menjadi gejala kanker otak.

15. Terjadi perdarahan di antara waktu haid

Apabila Anda mengalami perdarahan di luar siklus haid atau haid yang tidak kunjung selesai, hal ini bisa menjadi gejala utama terkena kanker endometrium. Biasanya gejala ini disertai dengan jumlah darah yang berlebihan.

Mengenali dan waspada terhadap gejala utama kanker dapat membantu dokter dalam mendeteksi dan mengobati kanker sejak dini. Menjaga pola hidup yang sehat dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. 

Perlu Anda ingat bahwa saat Anda mengalami gejala-gejala utama di atas bukan berarti Anda pasti terkena kanker. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika gejala-gejala di atas tidak kunjung sembuh.


22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app