HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Diabetes Pemicu Terjadinya Kanker, Apakah Benar?

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 1 menit
Diabetes Pemicu Terjadinya Kanker, Apakah Benar?

Penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care menyebutkan bahwa para penderita diabetes memiliki resiko yang lebih besar untuk mengidap kanker tertentu dibandingkan mereka yang bukan penderita diabetes.

Penelitian asal Amerika Serikat ini dilakukan terhadap 400.000 orang dewasa. Hasil menunjukkan, sekitar 16 dari setiap 100 pria penderita diabetes dan 17 dari 100 wanita penderita diabetes tercatat mengidap kanker. Sementara itu, hanya tujuh dari  100 pria dan 10 dari 100 wanita bukan penderita diabetes yang mengidap kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Dapatkan Alat Kontrasepsi & Hormon Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 7

Data pendukung juga ditunjukkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Hasil menunjukkan sembilan persen orang dewasa di Amerika Serikat merupakan penderita diabetes. Para peneliti juga melakukan pantauan terhadap faktor-faktor seperti usia, kebiasaan merokok, ras, aktifitas meminum alkohol. Pantauan tersebut menyimpulkan bahwa pria dan wanita yang menderita diabetes memiliki resiko 10 kali lebih tinggi untuk terkena kanker.

Jenis kanker yang diderita dapat berbeda pada tiap orang. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa pria penderita diabetes lebih mungkin untuk menderita kanker usus, pankreas, rektum, kandung kemih dan ginjal. Sementara wanita penderita diabetes lebih berpotensi menderita kanker payudara, leukemia, atau kanker perut.

Hingga saat ini memang belum jelas hubungan diabetes dengan kanker. Meski belum terbukti pasti, kadar glukosa yang tinggi atau hormon insulin yang diluar batas dapat meningkatkan resiko kanker pada penderita diabetes.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Diabetes Cancer Risk: DNA Damage. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/how-diabetes-increases-cancer-risk)
Link between diabetes and cancer risk firmly established'. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322517.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app