HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Perawatan Wajah

Cara Memilih Krim Wajah untuk Kulit Sensitif

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Apr 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Memilih Krim Wajah untuk Kulit Sensitif

Sebenarnya memilih krim wajah yang cocok untuk wajah Anda merupakan kegiatan yang susah-susah gampang. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, karena menggunakan krim yang tidak cocok dapat membuat kulit sensitif Anda menjadi meradang, memerah, bersisik, mengelupas, gatal-gatal, dan rentan berjerawat. 

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit saat muncul reaksi tertentu terhadap produk atau lingkungan tertentu. Reaksi tersebut bisa berupa gatal-gatal, perih, iritasi, kemerahan, dan terasa menyengat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Dapatkan Obat Mata Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 12

Beberapa faktor yang menyebabkan iritasi kulit antara lain : perubahan hormon, stress, terkena sinar matahari dan polusi udara, perubahan suhu yang drastis, serta terlalu banyak begadang.

Tentu saja Anda harus lebih berhati-hati bukan dalam memilih krim wajah? Dari berbagai jenis krim wajah, mulai dari yang dilengkapi perlindungan terhadap UV, dengan kelembapan ekstra, murah, hingga yang merogoh kocek hingga jutaan, sebenarnya krim jenis manakah yang paling cocok untuk kulit sensitif? 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih krim wajah untuk kulit sensitif :

Bahan pembuatan krim

Lebih baik menggunakan krim wajah yang mengandung gliserin daripada lanolin karena lebih aman dan jarang menimbulkan reaksi alergi. Menurut dermatolog dari Colombus,  Susan Massick, MD, lebih baik menggunakan produk krim wajah yang mengandung retinol aktif supaya kulit menjadi terlihat lebih muda.

Bila wajah Anda mudah berjerawat, sebaiknya hindari produk yang mengandung isopropil miristat dan minyak kelapa seperti SLS (Sodium Laureth Sulfate).  Hindari juga penggunaan asam laktat, asam azelaic atau benzyl alcohol, dan asam glikolat bila produk tersebut membuat kulit panas menyengat. 

Bila terjadi gatal-gatal atau ruam kemerahan pada kulit, sebaiknya menghindari produk yang mengandung asetil alkohol dan paraben.

Menurut Sonia Badreshia-Bansal, MD, seorang  dermatolog dari California, sebaiknya Anda memilih 1 krim wajah yang mengandung kurang dari 10 bahan atau senyawa dalam komposisinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya interaksi potensial antar bahan dengan kulit wajah Anda yang sensitif.  

Bebas pewangi

Dalam pemilihan krim wajah untuk kulit sensitif, sebaiknya Anda memilih krim yang tidak menimbulkan reaksi alergi (hypoallergenic) dan bebas aroma. Menurut Dr. Sandy Skotnicki-Grant, wangi-wangian alami maupun sintetis merupakan salah satu penyebab reaksi alergi kulit setelah nikel dalam perhiasan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Reaksi alergi ini dapat menyerang siapa saja terutama Anda yang memiliki permasalahan kulit tertentu seperti dermatitis, eksim, rosacea, dan jerawat. Sebaiknya Anda menghentikan penggunaan produk bila terjadi iritasi mata, jerawat radang, kemerahan, pembengkakan, hingga biduran. 

Mengandung tabir surya

Salah satu cara menjaga kulit sensitif Anda tetap sehat adalah dengan melindunginya dari radiasi sinar matahari, sehingga sebaiknya krim wajah Anda mengandung UVA/UVB dan memiliki kandungan SPF 30. 

Bahan tabir surya yang aman untuk kulit sensitif adalah titanium dioxide dan zinc oxide. Hindari krim wajah yang mengandung avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone. Ketiga bahan ini aman untuk kulit wajah normal, tetapi tidak aman untuk kulit wajah yang sensitif karena dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif. 

Kekentalan atau tekstur krim

Apabila kulit sensitif Anda cenderung kering atau gatal, sebaiknya pilih krim wajah yang teksturnya kental, tebal mirip salep, namun tidak berminyak, tidak lengket, dan tidak terasa berat. Selain itu, krim yang Anda gunakan juga sebaiknya mengandung asam hyaluronic dan dimethicone supaya kulit Anda lebih lembap.

Apabila terjadi kemerahan atau iritasi pada kulit, Anda dapat menggunakan krim yang mengandung ekstrak chamomile, sunflower oil, teh hijau, dan vitamin C yang dapat membantu menenangkan iritasi atau kemerahan di kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
15 causes of sensitive skin and how to treat it. Bioelements. (https://www.bioelements.com/blogs/blog/what-causes-sensitive-skin)
Sensitive Skin: 10 Causes, Treatments, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin)
20 Common Questions About Sensitive Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/sensitive-skin-20-questions)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app