Kesehatan Mulut dan Gigi

Menguak Manfaat Teh Hijau guna Mengobati Gigi Sensitif

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Menguak Manfaat Teh Hijau guna Mengobati Gigi Sensitif

Apakah Anda memiliki gigi yang sensitif ? Ketika Anda sedang mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin atau panas, kemudian gigi Anda terasa begitu ngilu sampai berdenyut-denyut. Tentu hal ini sangat menjadikan Anda tidak merasa nyaman. Laku, bagaimanakah cara mengurangi rasa ngilu tersebut ? 

Apakah ada cara untuk mengatasi gigi sensitif ? Ya, tentu ada. Misalnya dengan menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi yang dirancang khusus untuk jenis gigi sensitif. Selain itu, ada fakta lain yang mengungkapkan bahwa ternyata Anda juga dapat mengatasi ngilu akibat gigi sensitif dengan penggunaan teh hijau. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Sebuah studi penelitian yang baru, mrnunjukkan bukti bahwa ternyata ekstrak teh hijau dianggap bisa mengatasi gigi yang sensitif. Lantas, bagaimana cara kerjanya dalam mengatasi gigi sensitif ? Berikut ini penjelasannya dengan lebih lengkap.

Beginilah penyebab atau awal mula gigi Anda sensitif

Terjadinya gigi sensitif adalah saat lapisan enamel gigi (lapisan pelindung gigi yang berada di paling luar) mengalami pengikisan sampainke lapisan dentin gigi yang ada di bawahnya, dan lapisan dentin ini kemudian menjadi terbuka dan terekspos oleh lingkungan sekitarnya.

Lapisan dentin adalah lapisan pada gigi yang strukturnya berlubang dan daoat menyalurkan cairan panas serta dingin menuju ke arah pulpa gigi, terutama ke bagian saraf gigi Anda.

Apabila lapisan enamel gigi atau lapisan pelindung gigi ini mengalami kerusakan karena terkikis tadi, maka kemudian cairan yang panas dan dingin menjadi mudah sekali masuk sampai ke dalam ke bagian lapisan dentin gigi dan berlanjut sampai ke bagian saraf gigi Anda yang terletak di pulpa. 

Hal itulah yang menyebabkan gigi Anda menjadi lebih terasa sensitif. Sensitivitas gigi yang meningkat inibditandai dengan adanya rasa sakit atau ngilu yang teramat sangat ketika Anda sedang mengkonsumsi makanan dan minum minuman yang panas dan juga dingin.

Perlu Anda ketahui juga bahwa seseorang dengan kondisi gigi sensitif pada umumnya akan menjadi lebih berisiko mengalami masalah gigi lainnya, seperti gigi berlubang. Gigi berlubang ini terjadi akibat lubang-lubang pada lapisan dentin gigi Anda mengalami infeksi akibat bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Fakta ilmiah terbaru, ternyata ekstrak teh hijau efektif dalam mengatasi gigi sensitif Anda

Jika Anda mengunjungi dokter gigi guna mengatasi gigi sensitif yang Anda alami, kemungkinan dokter gigi akan menanganinya dengan tindakan menutup lapisan dentin gigi yang terekspos dan mengalami kerusakan dengan memakai bahan nanohydroxyapatite atau n-HAp atau juga bisa menggunakan bahan fluorida, potassium nitrat dan berbagai bahan aktif lainnya.

Para peneliti asal Wuhan University (dipimpin oleh Dr. Cui Huang) menunjukkan fakta ilmiah bahwa ekstrak teh hijau memiliki potensi besar guna mengobati gigi sensitif karena bersifat antibakteri. Hal ini juga sudah dipublikasikan di dalam jurnal ACS Applied Materials & Interfaces dan dilansir dari Medical News Today.

Teh hijau merupakan bahan makanan dengan kandungan antioksidan polifenolnya yang tinggi, khususnya kadar epigallocatechin-3-gallate (ECGC). 

Berbagai studi penelitian sebelumnya mengungkapkan fakta lain dari senyawa ini, bahwa ia juga efektif dalam melawan jenis bakteri jahat di dalam mulut Ansa yang bisa mengakibatkan gigi berlubang dan kerusakan lapisan dentin, yaitu Streptococcus mutans.

Dilaporkan juga dari sebuah studi penelitian di Wuhan University, bahwa tindakan atau prosedur penutupan lapisan dentin gigi dengan menggunakan bahan nanohydroxyapatite (n-HAp) dan ditambah senyawa ECGC yang berasal dari teh hijau terbukti dapat menghambat terbentuknya Streptococcus mutans di permukaan lapisan dentin gigi, dapar menjaga utuhnya lapisan tersebur dan dapat membuat lapisan gigi Anda menjadi tahan banting dari serangan Streptococcus mutans tadi. 

Itulah beberapa manfaat dari ekstrak teh hijau yang dipercaya dapat membantu mengobati gigi sensitif Anda dengan lebih efektif.

Beberapa manfaat ekstrak teh hijau lainnya yang juga baik untuk tubuh Anda

Selain manfaat yang disebutkan di atas, ternyata ekstrak teh hijau juga dapat membantu mendukung kesehatan tubuh, misalnya karena ekstrak teh hijau akan menyumbang sejumlah antioksidan yang penting bagi tubuh Anda, mampu menurunkan resiko penyakit kanker, menunjang kinerja fungsi otak, mampu menjaga kesehatan jantung serta kulit dan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ekstrak teh hijau ada dalam beberapa produk dan banyak disediakan dalam bentuk kapsul, cair, maupun bubuk yang bisa Anda konsumsi jika ingin mencoba merasakan manfaatnya. Namun, sekali lagi tetaplah mengonsultasikannya ke dokter mengenai aturan konsumsi dan jumlah dosis yang Anda perlukan untuk sekali minum.

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Green tea: A boon for periodontal and general health. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3459493/)
A preliminary pilot scale analysis of anti-cariogenic activity of green tea powder extract flavoured with Ginger, Cloves and Mint against clinical oral pathogens. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S235293931730088X)
Natural Remedies for Receding Gums. Healthline. (https://www.healthline.com/health/natural-remedies-for-receding-gums)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app