Cara Aman Menambah Berat Badan

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tubuh terlalu kurus memang tidak elok dipandang. Sebagian orang bertubuh kurus mulai melakukan berbagai cara untuk dapat menambah berat badan, seperti mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan, serta banyak makan makanan mengandung kalori. 

Sebenarnya berat badan ideal Anda dapat dihitung dengan menggunakan BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Massa Tubuh). IMT ideal setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, dan lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Berikut kategori IMT pada perempuan : 

  • <17 : underweight
  • 17-23 : normal
  • 23-37 : overweight
  • >27 : obesitas 

Sedangkan kategori IMT pada laki-laki : 

  • < 18 : underweight
  • 18-25 : normal 
  • 25-27 : overweight
  • >27 : obesitas

IMT ideal berdasarkan usia : 

  • Usia 19-24 : IMT idealnya 19-24
  • Usia 25-34 : IMT idealnya 20-25
  • Usia 35-44 : IMT idealnya 21-26
  • Usia 45-54 : IMT idealnya 22-27
  • Usia 55-64 : IMT idealnya 23-28
  • Usia >65 : IMT idealnya 24-29

Penyebab Berat Badan Rendah

Beberapa penyebab bertubuh kurus hingga kekurangan berat badan antara lain : 

Faktor genetik

Penyebab Anda bertubuh kurus pertama adalah karena faktor genetik. Apabila keluarga Anda sebagian besar memiliki tubuh kurus, maka Anda kemungkinan bertubuh kurus karena faktor genetik. Bertubuh kurus karena faktor genetik biasanya memiliki laju metabolisme tinggi dan mungkin juga memiliki nafsu makan rendah. 

Aktivitas fisik tinggi

Lebih sering beraktivitas fisik seperti berolahraga akan lebih banyak membakar kalori dalam tubuh. Maka dari itu, orang dengan aktivitas fisik tinggi akan lebih kurus daripada orang yang tidak aktif (lebih sering duduk). 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Masalah psikologis

Masalah psikologis seperti depresi dan stress juga bisa menyebabkan tubuh Anda menjadi kurus. Depresi atau stress dapat menyebabkan gangguan makan karena Anda terlalu banyak memikirkan sesuatu. Akibatnya Anda menjadi tidak nafsu makan dan bahkan tidak makan. 

Hal ini akan mengganggu proses metabolisme tubuh Anda dan Anda akan menjadi kurus akibat kurangnya asupan nutrisi. Sebaiknya Anda mengonsultasikan keadaan Anda ke dokter apabila Anda mengalaminya.

Penyakit

Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi kurus, seperti : diabetes, kanker, gangguan tiroid, serta gangguan pencernaan

Obat-obatan

Obat-obatan seperti obat kemoterapi dapat menyebabkan Anda mual dan tidak nafsu makan. Akibatnya berat badan Anda akan semakin menurun. 

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan secara Aman?

Konsumsi vitamin penambah nafsu makan mungkin menjadi salah satu pilihan Anda untuk menambah berat badan. Namun, kenyataannya Anda tidak bisa menambah berat badan Anda hanya dengan mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan. 

Untuk dapat menambah berat badan, diperlukan asupan tambahan berupa karbohidrat, protein, dan lemak sebagai sumber energi, bukan dari vitamin yang tidak menghasilkan kalori atau energi. Beberapa cara berikut mungkin dapat membantu Anda untuk meningkatkan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic
  • Lebih sering makan 
  • Minum air putih 6-8 gelas perhari
  • Tidak minum sebelum makan supaya tidak cepat merasa kenyang 
  • Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah tiap hari 
  • Mengatur jadwal dan porsi makan secara seimbang dan teratur 
  • Minum susu.
  • Tidur cukup
  • Tidak merokok
  • Memilih camilan sehat
  • Membatasi konsumsi makanan tidak sehat seperti keripik dan minuman soda 
  • Mengonsumsi 2 porsi ikan dalam 1 minggu, seperti ikan salmon dan tongkol (kandungan minyaknya tinggi)
  • Mengonsumsi makanan sehat dan berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, buah kering, buah segar seperti mangga dan alpukat, sayuran berpati seperti jagung dan kentang, serta makanan dengan kandungan lemak sehat.

Selain banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan protein tinggi, Anda juga harus banyak bergerak dan beraktivitas supaya walaupun berat badan Anda bertambah, Anda juga dapat tetap sehat. 

Berbagai macam aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh antara lain : berolahraga, berjalan kaki, jogging, dan mengerjakan pekerjan tumah tangga. 

Anda tidak harus mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan untuk dapat menambah berat badan. Sebaiknya meningkatkan berat badan dilakukan secara alami dan tidak menggunakan cara instan seperti suntik hormon, karena cara instan biasanya tidak bertahan lama dan bahkan memiliki efek samping berbahaya. 

Apabila cara alami dan tips di atas sudah dilakukan namun berat badan Anda tidak kunjung bertambah, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthy Ways to Gain Weight If You’re Underweight. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/healthy-ways-to-gain-weight-if-youre-underweight/)
19 foods to gain weight quickly and safely. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app