6 Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 28, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
6 Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Secara tidak langsung, kekurangan jenis vitamin tertentu seperti asam folat (vitamin B9) dan vitamin K dapat memengaruhi nafsu makan;
  • Ada 6 jenis vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa, antara lain asam folat, vitamin B1, zinc, minyak ikan, echinacea, dan ekstrak temulawak;
  • Asam folat mengaktifkan koenzim tertentu yang meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membuat nafsu makan bertambah;
  • Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi rasa penuh di perut saat makan sehingga cocok untuk meningkatkan nafsu makan;
  • Bila ingin yang herbal, echinacea dan ekstrak temulawak juga dapat diandalkan untuk menambah nafsu makan orang dewasa setiap hari;
  • Klik untuk membeli asupan vitamin dan suplemen dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Punya pertanyaan seputar vitamin penambah nafsu makan? Tanyakan pada dokter kami lewat aplikasi Honestdocs. Download gratis di sini!

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang, terutama untuk orang dewasa yang merasa berat badannya kurang atau kurus. Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan massa tubuhnya agar ideal, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan.

Biasanya, vitamin seperti ini sering dicari orang tua untuk anaknya. Lantas, apakah ada vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa? Simak penjelasan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Benarkan vitamin dapat menambah nafsu makan?

Vitamin merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Beragam fungsi tubuh perlu bantuan vitamin agar berjalan dengan baik. Mencukupi kebutuhan vitamin akan berdampak pada peningkatan penyerapan nutrisi dan membantu sistem imun berjalan baik sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Pada dasarnya tidak ada jenis vitamin tertentu yang berefek langsung pada peningkatan nafsu makan. Namun, secara tidak langsung kekurangan jenis vitamin tertentu seperti asam folat (vitamin B9) dan vitamin K dapat memengaruhi nafsu makan. Selain itu, konsumsi vitamin D secara berlebihan ternyata malah dapat menyebabkan efek samping berupa penurunan nafsu makan.

Suplemen dan vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa

Sebagai nutrisi penting, kecukupan vitamin dalam tubuh perlu dijaga, baik itu pada anak-anak maupun dewasa. Pada orang dewasa kebutuhan akan vitamin tentu lebih besar dibanding anak-anak, termasuk juga jenis vitamin yang digunakan untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan nafsu makan

1. Asam Folat (vitamin B9)

Vitamin yang termasuk salah satu jenis vitamin B ini berperan penting pada pembentukan DNA, RNA, dan sel-sel baru di tubuh. Sama halnya dengan jenis vitamin B lainnya, asam folat dapat berfungsi sebagai pemecah karbohidrat dan lemak menjadi energi dengan mengaktifkan koenzim tertentu sehingga proses metabolisme meningkat.

Dalam hal meningkatkan nafsu makan, metabolisme yang baik dapat berefek positif untuk peningkatan nafsu makan. Selain itu, kekurangan asam folat diketahui dapat memicu turunnya nafsu makan. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan asam folat dinilai baik untuk usaha meningkatkan nafsu makan.

2. Thiamin (vitamin B1)

Thiamin atau vitamin B1 merupakan vitamin yang berperan penting dalam metabolisme karbohidrat menjadi energi. Ketika tubuh mengalami kekurangan thiamin, tubuh akan kesulitan menghasilkan energi sehingga muncul rasa lelah dan kurang nafsu makan. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan harian vitamin ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca juga: Tanda-tanda Kekurangan Vitamin B yang Harus Diwaspadai

Tingkatkan nafsu makan dengan bahan herbal

Selain beberapa vitamin penambah nafsu makan untuk orang dewasa tersebut, terdapat juga mineral dan bahan herbal yang memberikan efek serupa, di antaranya adalah:

1. Zinc

Zinc merupakan nutrisi dasar yang memiliki fungsi penting di tubuh. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti terhambatnya pertumbuhan, diare akut pada anak-anak, luka sulit sembuh dan kurangnya nafsu makan serta gangguan pada fungsi pencecap lidah. Karena itu, mencukupi kebutuhan zinc harian baik dalam bentuk makanan atau suplemen dapat membantu meningkatkan nafsu makan yang turun.

2. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk untuk tubuh. Omega-3 diketahui dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa penuh di perut saat makan. Karena itu minyak ikan banyak ditambahkan pada suplemen penambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun dewasa.

3. Echinacea

Echinacea merupakan bahan herbal yang dikenal ampuh meningkatkan imunitas tubuh sehingga membantu menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Penelitian juga menemukan bahwa bahan herbal ini mengandung senyawa alkilamina yang dapat meningkatkan nafsu makan.

4. Ekstrak temulawak

Temulawak sudah terkenal dalam pengobatan tradisional Indonesia sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan pencernaan. Bahan herbal ini kerap dikomposisikan dengan vitamin dan mineral lain untuk digunakan sebagai penambah nafsu makan.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Berbagai merek suplemen dan vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotek

1. Curvit CL

Curvit CL merupakan suplemen penambah nafsu makan yang dapat digunakan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Suplemen ini merupakan gabungan beberapa jenis vitamin B, minyak ikan, serta kalsium.

2. Vitacur Syrup

Vitacur merupakan suplemen makanan dengan kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan ekstrak temulawak yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Suplemen ini dapat dibeli di apotik sebagai obat bebas untuk dewasa maupun anak-anak.

3. Tians Zinc Pil

Tians Zinc Pil yang diekspor dari Negeri Tirai Bambu ini merupakan salah satu produk yang dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan. Kandungan utamanya yang berupa zinc sangat baik untuk menjaga sistem imun tetap baik sehingga tubuh terhindar dari penyakit. Selain itu, zinc membantu meningkatkan penyerapan makanan di pencernaan serta membantu meningkatkan nafsu makan.

4. Herbal Gemuk Sehat

Sebagai alternatif untuk vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa, Herbal Gemuk Sehat bisa diandalkan. Suplemen makanan ini dikomposisikan dari berbagai bahan herbal seperti temulawak, temu ireng, lempuyung, brotowali, jahe dan kayu manis. Selain untuk menambah nafsu makan, herbal ini bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan makanan dan menjaga kesegaran tubuh.

Selalu perhatikan kemasan obat, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi meski obat tersebut merupakan obat bebas yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan obat atau kondisi kesehatan tertentu pada tubuh.

Baca juga: 8 Kiat Jitu Menambah Nafsu Makan Anak dengan Mudah

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Herbs, Vitamins, and Supplements Used to Enhance Mood. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/herbs-vitamins-and-supplements-used-to-enhance-mood)
The most effective vitamins for boosting energy. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326756.php)
Appetite Stimulant: Types, Methods, in Adults, in Toddlers, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/appetite-stimulant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app