5 Camilan Sehat Saat Lebaran yang Dijamin Mengenyangkan

Dipublish tanggal: Mei 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
5 Camilan Sehat Saat Lebaran yang Dijamin Mengenyangkan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran, semua orang berbondong-bondong memburu makanan khas Lebaran. Bukan cuma makanan berat seperti rendang atau opor ayam saja, kue-kue manis dan camilan Lebaran juga mulai bertebaran di mana-mana.

Sayangnya, kebanyakan camilan khas Lebaran memiliki rasa yang terlalu manis sehingga bisa membuat kadar gula darah naik. Lantas, apa saja camilan sehat khas Lebaran yang lezat dan mengenyangkan? Mari intip daftarnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Berbagai camilan Lebaran yang sehat dan menggugah selera

Anda mungkin sudah bersusah payah mengatur pola makan saat puasa, tujuannya supaya tubuh tetap sehat menjelang Lebaran. Kebiasaan baik ini tentu harus terus dilanjutkan sampai Lebaran dan seterusnya. Jangan sampai kesehatan Anda menurun hanya karena kebanyakan makan atau salah pilih makanan.

Baca Juga: Makanan Lebaran, Sebetulnya Sehat Atau Tidak, Ya?

Lebaran tanpa adanya camilan seperti kue kering memang terasa tidak lengkap. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dengan kandungan gula dalam camilan. Terlalu banyak asupan gula dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga memicu diabetes dan obesitas.

Namun tak perlu bingung. Berikut berbagai ide camilan sehat yang bisa Anda sajikan untuk Lebaran kali ini, di antaranya:

1. Nastar selai kurma

Mendengar kata camilan Lebaran, Anda mungkin langsung membayangkan stoples nastar bertebaran di mana-mana. Ya, memang tidak lengkap rasanya jika merayakan Lebaran tanpa nastar.

Jika biasanya nastar berisi selai nanas, maka sekarang Anda dapat mengkreasikannya dengan selai kurma. Kurma memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna sehingga cocok diolah sebagai selai isian nastar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram kurma mengandung 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 7 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit saat Lebaran.

Kurma juga mengandung 3 jenis antioksidan sekaligus, yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat. Ketiga antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan paparan radikal bebas dan menurunkan risiko diabetes, penyakti jantung, hingga kanker.

Baca Juga: 22 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Terbukti Ilmiah!

2. Kacang-kacangan

Tak hanya nastar, camilan kacang sangat mudah ditemukan menjelang hari raya Idul Fitri. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang ada, mulai dari kacang mete, kacang oven, kacang tanah, hingga kacang pistachio.

Kacang-kacangan mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, antioksidan, hingga berbagai vitamin dan mineral. Itulah sebabnya, hanya dengan makan kacang-kacangan saja saat Lebaran bisa membuat Anda lebih sehat dan kenyang lebih lama.

Kacang mete, misalnya, mengandung kaya vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin B, kalium, dan asam folat. Kombinasi zat-zat tersebut diketahui dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

3. Kue kering oat madu

Kue kering termasuk salah satu camilan Lebaran yang paling diandalkan. Namun sayangnya, kue kering cenderung tinggi lemak dan gula, sehingga kalau kebanyakan tentu tidak baik bagi kesehatan.

Sebagai solusinya, buatlah kue kering oat yang rendah gula dan lemak. Gunakan mentega rendah lemak supaya lebih sehat dan ganti gula pasir dengan madu atau pemanis alami lainnya.

Kenapa harus menggunakan oatmeal? Ini karena oat mengandung beta-glukan, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengendalikan gula darah. 

Terlebih lagi, kombinasi madu dan oat dapat memberikan asupan antioksidan kuat untuk melawan paparan radikal bebas. Bahkan, camilan sehat khas Lebaran ini juga bisa menurunkan tekanan darah, lho!

4. Salad buah

Camilan sehat saat Lebaran tidak melulu soal nastar atau kue kering saja. Supaya tidak bosan, coba sajikan semangkuk salad buah untuk menyegarkan hari raya Idul Fitri Anda sekeluarga.

Kandungan serat dalam buah-buahan bisa membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus melancarkan pencernaan. Mengonsumsi berbagai jenis buah dalam salad juga dapat menetralkan lemak dan kolesterol dari makanan khas Lebaran.

Cara membuatnya pun mudah. Potong kecil-kecil beberapa jenis buah favorit Anda, lalu tambahkan yogurt dan parutan keju. Dijamin, camilan Lebaran Anda kali ini jauh lebih sehat dan mengenyangkan.

5. Puding stroberi selasih

Selain salad, puding juga cocok disajikan sebagai camilan sehat khas Lebaran. Rasanya pun tak kalah lezat, menggugah selera, dan tentunya sehat bagi tubuh.

Anda bisa mengkreasikan puding dengan berbagai jenis buah favorit Anda. Stroberi, misalnya, mengandung kaya vitamin C, serat, kalium, dan juga asam folat. Bahkan, kandungan antioksidan bernama antosianin dalam stroberi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Supaya leih sehat lagi, Anda juga bisa menambahkan biji selasih sebagai pelengkapnya. Kandungan pektinnya dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga pencernaan Anda jadi lebih lancar.

Jadi, camilan sehat mana yang akan Anda sajikan saat Lebaran nanti?

Baca Selengkapnya: 5 Pilihan Minuman untuk Lebaran yang Sehat dan Nikmat

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/29-healthy-snacks-for-weight-loss)
33 Simple and Healthy Snacks for Work. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-work)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app