ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

6 Buah-Buahan Segar yang Ampuh Dongkrak Daya Tahan Tubuh

Dipublish tanggal: Jan 30, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 19, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Buah-Buahan Segar yang Ampuh Dongkrak Daya Tahan Tubuh

Tubuh terasa tidak fit dan gampang lemas akhir-akhir ini? Mungkin artinya daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Sistem imun yang rendah akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, dari yang ringan seperti batuk pilek hingga penyakit lainnya. Selain dengan banyak istirahat, cobalah perbanyak konsumsi buah-buahan karena kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu mendongkrak energi dan sistem imun Anda. Semua buah itu baik, tapi 6 jenis ini termasuk buah untuk daya tahan tubuh diketahui paling tokcer!

Buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh bisa membantu sistem imun Anda jadi lebih kuat. Hal ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, salah satunya makan buah setiap hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Ian Marber, seorang ahli gizi sekaligus penulis Supereating: A revolutionary way to get more from the foods you eat, mengungkapkan bahwa buah mengandung kaya vitamin, mineral, serat, dan air yang dibalut dengan rasa manis. Yang tak kalah penting, berbagai nutrisi di dalam buah bertindak sebagai pendongkrak sistem imun tubuh.

Keunggulannya lagi, makan buah bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang tidak suka makan sayur, contohnya anak-anak. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tubuh tidak mendapatkan cukup gizi lewat sayur karena bisa digantikan dengan buah-buahan.

Pada dasarnya, semua buah mengandung vitamin dan mineral yang sama-sama baik bagi tubuh. Namun, setidaknya ada 6 jenis buah untuk daya tahan tubuh yang paling utama, yaitu:

1. Jeruk

Saat terkena flu, carilah buah-buahan yang mengandung kaya vitamin C. Menurut para ahli, vitamin C diketahui dapat membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu.

Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki zat antioksidan yang dapat membangun sistem imun tubuh jadi lebih kuat. Berkat vitamin ini pula, sel darah putih akan diproduksi lebih banyak sehingga tubuh jadi lebih maksimal saat melawan infeksi.

Vitamin C tidak dapat diproduksi dalam tubuh. Oleh karena itulah, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis. Anda bisa memakan buahnya langsung atau mengolahnya menjadi jus buah murni yang segar.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca Selengkapnya: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

2. Pepaya

Pepaya juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Dilihat dari kandungan nutrisinya, makan satu buah pepaya sudah dapat memenuhi 224% kebutuhan vitamin C harian Anda, lho!

Tak hanya itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang memiliki sifat anti-inflamasi (peradangan). Maka tak heran jika buah pepaya juga disebut sebagai buah untuk daya tahan tubuh terbaik.

3. Kiwi

Sama seperti pepaya, kiwi juga mengandung segudang nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari folat, kalium, vitamin K, hingga vitamin C. 

Vitamin C bertugas untuk merangsang produksi sel darah putih guna melawan infeksi dalam tubuh. Kandungan vitamin dan mineral lainnya bekerja sama untuk menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan optimal.

4. Buah beri

Buah beri-berian terdiri dari berbagai macam warna, ada yang merah, biru, hijau, ungu, hingga kehitaman. Siapa sangka bahwa di balik warnanya yang memesona, buah beri juga bisa diandalkan sebagai buah untuk daya tahan tubuh, lho!

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Salah satunya blueberry, mengandung flavonoid bernama antosianin yang bertindak sebagai antioksidan untuk mendongkrak sistem imun tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Advances in Nutrition tahun 2016 melaporkan bahwa flavonoid berperan penting untuk membangun sistem imun pada saluran pernapasan. Orang yang mengonsumsi lebih banyak flavonoid cenderung lebih jarang terkena infeksi saluran pernapasan dan pilek, daripada yang tidak.

Manfaat yang sama juga bisa dirasakan dengan makan buah stroberi. Buah beri-berian ini mengandung kaya vitamin A dan C yang dibutuhkan untuk mendukung pertahanan tubuh dari infeksi. 

Baca Juga: Buah Beri untuk Mencegah Disfungsi Ereksi

5. Semangka

Buah semangka sangat segar disantap di tengah cuaca panas yang menyengat. Pasalnya, semangka mengandung air yang melimpah sehingga rasa haus akan hilang seketika.

Dalam kondisi matang, semangka mengandung banyak glutathione yang merupakan antioksidan penguat sistem imun tubuh. Selain mendapatkan kesegaran, tubuh Anda pun jadi lebih fit dan prima berkat makan buah manis ini.

Untuk mendapatkan lebih banyak glutathione, makanlah daging semangka sampai habis hingga yang ada di dekat kulitnya.

6. Buah delima

Buah delima memiliki warna kemerahan yang cantik dan segar saat disantap. Di balik kesegarannya, makan buah delima ternyata diam-diam bisa membantu mendongkrak sistem imun Anda, lho!

Melansir dari WebMD, jus buah delima diketahui dapat melawan bakteri dan banyak jenis virus yang masuk ke dalam tubuh, termasuk flu. Atas dasar inilah, tak diragukan lagi jika buah delima tergolong ke dalam buah untuk daya tahan tubuh yang wajib Anda konsumsi.

Baca Juga: 12 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Reader's Digest Best Health. 4 Immunity-Boosting Fruits. (https://www.besthealthmag.ca/best-eats/healthy-eating/4-immunity-boosting-fruits/).
WebMD. 16 Foods That Boost Your Immune System. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods). 10 September 2018.
Medical News Today. The Best Foods for Boosting Your Immune System. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412.php). 10 Juli 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app