Makanan dan Diet Sehat

Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Update terakhir: Mar 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.122.805 orang

Jujur saja, ketika membicarakan tentang buah yang mengandung vitamin C, pasti yang terbayang di benak kebanyakan dari kita adalah buah jeruk. Memang benar, jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C, namun tahukah Anda ternyata banyak sekali buah-buahan lain yang juga mengandung vitamin C bahkan lebih banyak dibanding jeruk.

Sebelum mengetahui buah-buhan yang mengandung vitamin C, maka ketahuilah terlebih dahulu berapa kebutuhan vitamin C harian kita. Orang dewasa membutuhkan 60 miligram (mg) vitamin C per hari.

Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Berikut daftar puluhan buah yang mengandung vitamin C, kadar yang tertulis adalah bulatan angka perkiraan dan kandungan terbaik ketika buah matang, tapi tidak terlalu matang.

Jambu Biji

Buah eksotis ini sangat banyak mengandung vitamin C, bahkan yang tertinggi di antara daftar buah di sini. Dalam 1 buah Jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 250 mg vitamin C. Lebih dari dua kali kebutuhan sehari-hari. Selain itu, jambu juga kaya serat, asam folat, kalium dan mangan.

Pepaya

Penelitian menunjukkan bahwa makan buah pepaya dapat membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Hal ini tak terlepas dari kandungan vitamin C, di mana satu cangkir porsi buah pepaya mengandung 88,3 mg vitamin C.

Jeruk

Cukup terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin C, dalam 1 buah jeruk ukuran sedang mengandung 50-70 mg vitamin C, setara dengan kebutuhan vitamin C per hari. Selain itu, jeruk juga mengandung serat, asam folat, antioksidan, vitamin lainnya dan mineral penting bagi tubuh kita.

Kelengkeng

Buah yang memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan ini juga mengandung vitamin C yang tak kalah dibanding jeruk, karena dalam 100 mg buah kelengkeng mengandung 84 mg vitamin C.

Apel

Merupakan sumber vitamin C, walaupun tidak seberapa, yakni dalam 100 gram buah apel terdapat 5 mg vitamin C. Namun, banyak kandungan lain dari apel yang sangat berguna karena kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan yang memiliki mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Stroberi

Secangkir stroberi mengandung 84,7 mg vitamin C, selain itu stroberi juga kaya akan asam folat dan senyawa lain yang penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dan tahukah Anda, manfaat stroberi lainnya yaitu dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, yakni dalam satu cangkir mengadung setidaknya 78,9 mg vitamin C, selain itu nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bertindak sebagai anti-inflamasi alami yang dapat membantu penyembuhan nyeri-nyeri pada otot.

Kiwi

Buah kiwi sebanyak 2 buah ukuran sedang mengandung 137,2 mg vitamin C. Selain itu kiwi juga kaya akan kalium dan tembaga yang penting untuk kesehatan tubuh.

Mangga

Dalam 100 mg buah mangga mengandung 28 mg vitamin C. Mangga juga merupakan sumber vitamin A, yang seperti vitamin C memainkan peran penting dalam imunitas dan baik untuk kesehatan mata.

Tomat

Dalam 100 mg tomat yang telah dimasak mengandung 22,8 mg vitamin C. Maka tak heran, banyak orang tua dahulu menganjurkan banyak makan tomat untuk mengobati sariawan akibat kekurangan vitamin C.

Markisa

Buah yang memiliki nama ilmiah Passiflora edulis ini juga mengandung vitamin C yang tak kalah dibanding tomat, karena dalam 100 mg buah markisa mengandung 30 mg vitamin C.

Melon

Melon juga merupakan salh satu buah yang mengandung vitamin C. Hanya dengan satu cangkir melon akan menyediakan sekitar 67 mg vitamin c, ditambah lagi banyak vitamin A dan kalium yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Anggur

Dalam 100 mg buah anggur merah (pink) mengandung 31,2 mg Vitamin C. Selain itu, anggur merah juga mengandung zat besi, kalium, serat dan antioksidan.

Pear

Buah pir yang mudah ditemukan di toko buah ini juga merupakan sumber vitamin C, walaupun kadarnya tak seberapa yaitu 4,3 mg dalam setiap 100 mg nya.

Alpukat

Dalam 100mg buah alpukat mengandung 10mg vitamin C. Di samping itu alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, mengandung zat besi dan vitamin E.

Sawo

Buah yang memiliki nama ilmiah Manilkara zapota ini dan sering didentikkan dengan warna kulit, ternyata juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Karena dalam setiap 100 mg buah sawo mengandung 15 mg vitamin C.

Semangka

Buah segar yang kaya air ini juga kaya akan vitamin C, dalam setiap 100 mg semangka setidaknya mengandung 10 mg vitamin C.

Sekarang tinggal pilih buah mana yang menjadi favorit Anda dengan memperhatikan kebutuhan harian. Salam sehat :)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit