4 Makanan Yang Kaya Vitamin E Untuk Kesehatan Tubuhmu

Meski hampir semua makanan mengandung vitamin E, namun ada baiknya anda mengetahui jenis makanan apa yang mengandung banyak vitamin E.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 29, 2019 Waktu baca: 2 menit
4 Makanan Yang Kaya Vitamin E Untuk Kesehatan Tubuhmu

Vitamin E merupakan zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Untuk itu memperoleh asupan vitamin E yang cukup harian merupakan syarat mutlak agar tubuh terhindar dari masalah kesehatan. 

Vitamin E memiliki manfaat seperti mencegah penuaan, melindungi jaringan tubuh dari radikal bebas, mencegah penurunan kualitas penglihatan, serta lemah otot.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Pria dewasa rata-rata memerlukan asupan harian vitamin E sebanyak 4 mg sementara wanita memerlukan asupan 3 mg. Sementara jika anda mendapatkan asupan vitamin E sebanyak 15 mg/hari masih dianggap normal. 

Sementara wanita hamil memerlukan asupan vitamin E sebanyak 19 mg/hari. Meski hampir semua makanan mengandung vitamin E, namun ada baiknya anda mengetahui jenis makanan apa yang mengandung banyak vitamin E.

1. Kacang tanah

Kacang tanah dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan risiko berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Untuk mendapatkan berbagai manfaat ini sebaiknya anda mengolah kacang tanah dengan memanggang atau merebusnya. 

Anda juga bisa mendapatkan manfaat kacang tanah dengan mengolahnya menjadi tepung kacang. Dalam setiap 100 g kacang tanah terkandung beragam nutrisi seperti vitamin B, vitamin E, mineral dan serat pangan yang baik bagi tubuh.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung beragam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Oleh karena kandungannya yang baik untuk kulit, alpukat sering dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan seperti sabun, lulur dan kosmetik. 

Alpukat mengandung berbagai multivitamin seperti Vitamin C, vitamin E dan vitamin B, serta vitamin K. Setiap setengah buah alpukat mengandung alpha-tocopherol sebanyak 2,1 mg. Alpha-tocopherol merupakan bentuk teraktif dari vitamin E yang bisa anda pilih. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Alpukat juga mengandung kalium, asam oleat, asam lemak tunggal tak jenuh. Antioksidan di dalamnya juga berfungsi untuk memerangi radikal bebas.

3. Telur dan daging ayam

Telur dan daging ayam merupakan makan sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Dalam setiap 100 mg telur memiliki kalori sebanyak 155 kilokalori. Pada setiap telur terkandung 1,03 mg vitamin E. Jumlah ini merupakan 7% dari keseluruhan nutrisi dalam telur. 

Sementara kandungan vitamin E terbanyak pada ayam yaitu di bagian pahanya. Namun, anda akan mendapatkan vitamin E lebih banyak pada telur dibandingkan pada daging ayam.

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari memiliki beragam kandungan nutrisi untuk tubuh seperti folat, fitokemikal, zat besi dan vitamin E. Kandungan fitokemikal di dalam biji bunga matahari membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Dalam setiap 35 mg biji bunga matahari terkandung alpha-tocopherol sebanyak 8,4 mg. 

Jumlah ini bahkan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah minimal asupan vitamin harian pria dewasa. Anda bisa memperoleh kebaikan biji bunga matahari dari minyak biji bunga matahari.

Selain keempat jenis makanan di atas, terdapat beragam jenis makanan lain yang juga kaya akan vitamin E. Berikut ini kami rangkum makanan sumber vitamin E lainnya yang bisa anda pilih sebagai asupan harian.

  • Asparagus sebanyak 125 gram mengandung 2,2 miligram alpha-tocopherol
  • Satu buah mangga mentah mengandung 1,9 miligram alpha-tocopherol
  • Ikan kod kering sebanyak 85 gram mengandung 0.8 miligram alpha-tocopherol
  • Kacang almond sebanyak 24 biji mengandung 7,4 miligram alpha-tocopherol
  • Bayam masak sebanyak 225 gram mengandung 6,7 miligram alpha-tocopherol
  • Ikan todak sebanyak 85 gram mengandung 2,1 miligram alpha-tocopherol
  • Tomat mentah satu buah mengandung 0.7 miligram alpha-tocopherol

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Martin A, Prior R, Shukitt-Hale B, Cao G, Joseph JA. Effect of fruits, vegetables, or vitamin E--rich diet on vitamins E and C distribution in peripheral and brain tissues: implications for brain function. The journals of gerontology. Series A, Biological sciences and medical sciences 2000;55(3):B144-51. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10795718)
Vitamin E - Health Professional Fact Sheet. Office of Dietary Supplements (ODS). (Accessed via: https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/)
Vitamin E. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (Accessed via: https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app