Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Bronkitis: Ketahui Gejala Bronkitis

Update terakhir: SEP 22, 2019 Tinjau pada SEP 22, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 977.191 orang

Bronkitis terjadi karena proses inflamasi yang mengakibatkan penebalan dinding bronkus bagian dalam. Virus dan bakteri adalah iritan yang memproduksi mukus di sekitar bronkus dan menghambat aliran udara sehingga menganggu pertukaran oksigen dan karbon dioksida di paru-paru. 

Inflamasi yang menetap  pada bronkus akan menimbulkan gejala yang dapat bertahan lama sehingga diperlukan tindakan khusus. Gejala yang sering muncul pada penyakit bronkitis dibahas dibawah ini.

Batuk berdahak

Bronkitis merupakan salah satu gangguan pernapasan yang tidak jauh dari keluhan batuk berdahak. Keluhan batuk terus-menerus disertai dahak berwarna kuning kecokelatan dapat berlangsung lama hingga 2 sampai 6 minggu

Produksi dahak pada bronkitis terbentuk secara lambat dan makin meningkat. Pada bronkitis akut, batuk akan menetap hingga 3 minggu. Sedangkan pada bronkitis kronis, keluhan batuk dan dahak muncul terus-menerus selama 3 bulan dan berulang selama 2 tahun berturut-turut. 

Bronkitis kronis perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan komplikasi lebih berat yaitu penyakit paru obstruktif kronis

Demam

Demam yang tidak terlalu tinggi sering terjadi pada penyakit bronkitis akibat virus seperti virus influenza. Jarang terjadi pada bronkitis akibat batuk rejan. Demam juga muncul pada penyakit pernafasan lain seperti penyakit paru obstruktif kronis dan pneumonia

Sesak nafas

Bronkitis disebabkan karena penebalan dinding bronkus akibat inflamasi sehingga proses bernafas akan terganggu dan ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sesak nafas. 

Penumpukan mukus pada ruang bronkus dan paru-paru akibat proses inflamasi mengganggu jalan masuk oksigen ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat semakin berat terutama pada kasus penyakit paru obstruktif kronis

Pada penyakit tersebut, selain bronkitis kronis karena batuk yang tidak membaik, kantung kecil disekitar paru-paru atau disebut alveolus akan kehilangan kelenturannya dan udara yang masuk akan terperangkap di dalam alveolus sehingga menyebabkan sesak nafas.

Mengi

Mengi biasa muncul bila penderita bronkitis yang tidak sembuh-sembuh dan menyebabkan asma. Suara mengi terjadi akibat penyempitan atau tersumbatnya jalur udara di trakea, bronkus, hingga menuju paru-paru. 

Penebalan dan tumpukan mukus memperkcil ruang aliran udara yang masuk dan keluar sehingga muncul suara ngik-ngik saat bernafas.  Biasa muncul pada anak-anak karena rentan terkena asma dan alergi.

Gejala Lainnya

Gejala lain yang dapat muncul bersamaan dengan gejala utama diatas seperti detak jantung meningkat, nafas cepat, nyeri otot, dan sakit kepala. Gejala seperti perlu dicurigai karena bronkitis dapat disertai penyakit lain. 

Bronkitis yang menetap cukup lama dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti bronkiolitis, influenza, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis. Pemeriksaan tambahan mungkin diperlukan untuk menilai beberapa gejala yang datang bersamaan dengan gejala umum pada bronkitis akut dan kronis.



Referensi

American Lung Association (2018). Acute Bronchitis.

Baby Center (2017). Bronchitis in toddlers.

Blahd, W. WebMD (2016). What Helps You Feel Better When You Have Bronchitis?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit