Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Betamethasone Topical: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Mei 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.100.628 orang

Mengenai Betametason Topikal

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Krim

Kandungan:

Kortikosteroid topikal

Manfaat Betametason Topikal

Betametason topikal adalah obat luar yang digunakan hanya dengan cara diolesi di kulit yang sedang mengalami reaksi alergi atau peradangan seperti eksim, psoriasis, atau dermatitis. Obat ini termasuk jenis kortikosteroid yang berguna untuk mengurangi rasa gatal, bengkak, dan kemerahan. Betametason topical biasanya diberikan untuk penggunaan jangka pendek karena jika digunakan untuk jangka panjang, risiko efek sampingnya akan meningkat. 

Bethametason juga tidak bisa digunakan di seluruh tubuh hanya di kulit kepala, telapak tangan dan kaki, kecuali atas anjuran dokter. Di Indonesia, obat ini umumnya tersedia dalam bentuk krim, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan dalam bentuk salep, krim, losion, spray, atau gel. 

Bethametason topikal juga dapat dikombinasikan dengan kandungan lain, missal antibiotik, anti jamur, atau asam salisilat. Asam salisilat fungsinya membantu penyerapan kortikosteroid oleh kulit. Beberapa contoh merk dagang betametason topikal antara lain, Betopic, Betamethasone Valerate, Biocort, Diprosta, Metaskin-N, Nisagon.

Cara Pakai Betametason Topikal

Gunakan betametason hanya pada kulit.
Jangan digunakan lebih lama dari waktu yang dianjurkan.
Konsultasikan pada dokter sebelum menggunakannya pada kulit sensitif seperti wajah, pangkal paha, ketiak, atau untuk ruam popok.
Hindari kontak dengan mata karena dapat menyebabkan sesuatu yang lebih buruk atau glaucoma. Jika mengalaminya maka cuci dengan banyak air atau langsung hubungi dokter.
Hindari menggunakan obat ini di area hidung atau mulut. Jika Anda harus memakainya di area ini gunakan banyak air untuk mencucinya.
Gunakan pengobatan ini hanya untuk kondisi yang diresepkan.
Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak berubah atau memburuk setelah 2 minggu.
Sebelum mengaplikasikan obat, jangan lupa untuk mencuci tangan anda, bersihkan area yang bermasalah dan keringkan dengan baik, lalu oleskan obat tipis-tipis pada area yang diperlukan, kemudian gosok perlahan. Setelah anda memakainya jangan lupa untuk cuci tangan anda kembali.
Selalu jaga area yang terinfeksi bersih dan kering, jangan tutupi area infesi dengan plester luka atau perban kain kasa kecuali dianjurkan oleh dokter Anda.
Jika ingin menggunakan produk pelembap kulit, sebaiknya digunakan sebelum mengoleskan betametason topikal. Setelah menggunakan pelembap kulit, tunggu sekitar 10-15 menit agar zat pelembap diserap oleh kulit. Pastikan kondisi kulit tidak licin saat akan mengoleskan betametason topikal pada kulit yang meradang.
Jika Anda menggunakan jenis lotion untuk pengobatan ini, kocok botol terlebih dahulu sebelum pemakaian.

Dosis Betametason Topikal

• Dewasa: oleskan pada area yang terinfeksi sekali atau dua kali sehari (sekali pada pagi hari dan sekali pada malam hari). Jangan melebihi 45 g per minggu.
• Anak – anak di atas 12 tahun:
Krim, gel, minyak: gunakan pada area yang terinfeksi sekali atau dua kali sehari.
Busa, lotion: gunakan 2 kali sehari  (sekali pada pagi hari dan sekali pada malam hari).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Dosis pemakaian betametason topikal sangat bergantung kepada lokasi dan area kulit, biasanya sebanya satu ruas ujung jari telunjuk. Jika keadaan tidak membaik selama 2 minggu pemakaian, konsultasikan segera kepada dokter.

Efek Samping Betametason Topikal

Efek samping yang bisa saja terjadi seperti iritasi kulit, kulit kering, kemerahan, gatal, dan panas. Hentikan pemakaian obat dan segera kunjungi dokter jika efek samping tidak mereda atau bahkan timbul bengkak, ruam, serta benjolan yang disertai nanah. 

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Peringatan

Jika anda menderita diabetes, kelainan system kekebalan tubuh,  aliran darah buruk, gangguan ginjal, gangguan hati, infeksi kulit, psoriasis yang cukup luas, rosacea, jerawat, atau kulit sensitive, harap berhati – hati dalam menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter.
Obat ini hanya boleh digunakan untuk usia di atas 12 tahun ke atas.
Pemakaian betametason topikal jangka panjang dan berlebihan bisa meningkatkan risiko gangguan kelenjar adrenal, terutama pada anak-anak.
Jika anda akan melakukan operasi, termasuk operasi gigi, harap beritahu dokter anda terlebih dahulu

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp