HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Berbagai Obat yang Digunakan untuk Mengobati Nyeri Tulang

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berbagai Obat yang Digunakan untuk Mengobati Nyeri Tulang

Gejala nyeri tulang adalah suatu keadaan dimana bagian tubuh (tulang ) mengalami nyeri tekan ekstrim, nyeri, atau ketidaknyamanan. Kondisi ini berbeda dari nyeri otot dan persendian karena nyeri tulang muncul walaupun bagian tubuh yang mengalami cedera tidak digerakan. 

Nyeri ini umumnya dikaitkan dengan penyakit yang mempengaruhi fungsi atau struktur normal tulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Apa yang menyebabkan terjadinya Nyeri Tulang?

Banyak kondisi dan kejadian yang dapat menyebabkan nyeri tulang, contohnya :

  • Cedera

Cedera adalah penyebab umum dari nyeri tulang. Biasanya, rasa sakit ini muncul ketika seseorang mengalami trauma, seperti kecelakaan mobil atau terjatuh. Dampak dari cedera dapat menyebabkan kerusakan tulang yang bisa menimbulkan nyeri tulang.

  • Kekurangan mineral

Agar tetap kuat, tulang Anda membutuhkan berbagai asupan mineral dan vitamin, termasuk kalsium dan vitamin D. Kekurangan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis. Orang-orang pada tahap akhir osteoporosis sering mengalami nyeri tulang.

Kanker metastasis adalah kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh tetapi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker payudara, paru-paru, tiroid, ginjal, dan prostat adalah beberapa kanker yang biasanya menyebar ke tulang. 

Gejala utama dari kanker yang telah menyebar ke tulang adalah benjolan pada tulang yang disertai dengan nyeri.

Kanker tulang menggambarkan sel-sel kanker yang berasal dari tulang itu sendiri. Kanker tulang jauh lebih jarang daripada kanker tulang metastatik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Seperti pada kanker metastasis, kanker tulang dapat menyebabkan nyeri tulang ketika kanker mengganggu atau menghancurkan struktur normal tulang.

  • Penyakit yang mengganggu suplai darah ke tulang

Beberapa penyakit, seperti anemia sel sabit, mengganggu pasokan darah ke tulang. Tanpa asupan darah yang stabil, jaringan tulang mulai mati. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri tulang yang signifikan dan melemahkan tulang.

  • Infeksi

Jika infeksi berasal atau menyebar ke tulang, maka kondisi ini dapat menyebabkan kondisi serius yang dikenal sebagai osteomielitis. Infeksi tulang dapat membunuh sel-sel tulang dan menyebabkan nyeri tulang.

Leukemia adalah kanker sumsum tulang. Sumsum tulang ditemukan di sebagian besar tulang dan bertanggung jawab untuk memproduksi sel tulang. Penderita leukemia biasanya mengalami nyeri tulang, terutama di kaki.

Bagaimana cara mengobati Nyeri Tulang?

Pengobatan nyeri tulang berfokus pada pengobatan penyebab yang mendasarinya. Pada penanganan awal, dokter kemungkinan akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengatasi nyeri tulang sedang hingga berat.

Jika dokter Anda tidak yakin tentang penyebabnya dan mencurigai suatu infeksi, dokter dapat memberi Anda antibiotik. Kortikosteroid juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan. Pilihan pengobatan untuk nyeri tulang meliputi:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24
  • Penghilang rasa sakit

Penghilang rasa sakit adalah salah satu obat yang paling sering diresepkan untuk mengurangi nyeri tulang, tetapi mereka tidak menyembuhkan kondisi yang mendasarinya. Perawatan bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat digunakan. 

Obat-obatan yang diresepkan seperti Paracetamol atau morfin dapat digunakan untuk nyeri sedang atau berat.

  • Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID)

Pengobatan lain yang umum digunakan untuk nyeri adalah NSAID seperti ibuprofen atau diklofenak. Obat ini sebagian besar digunakan untuk nyeri muskuloskeletal, meskipun mereka dapat digunakan untuk kondisi lain juga mengobati gejala.

  • Narkotik

Narkotika bekerja dengan mematikan rasa sakit selama beberapa waktu dan digunakan sebagai penghilang rasa sakit instan. Mereka mencegah rasa sakit dengan memblokir sinyal rasa sakit. Namun narkotika bukan merupakan obat pilihan utama. 

Biasanya narkotik digunakan ketika penanganan awal gagal.

Jika Anda menderita infeksi tulang, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik yang kuat untuk membunuh kuman penyebab infeksi tersebut. Antibiotik yang dapat digunakan termasuk siprofloksasin, klindamisin, atau vankomisin.

  • Suplemen nutrisi

Orang yang menderita osteoporosis perlu mengembalikan kadar kalsium dan vitamin D di dalam tubuh. Dokter akan memberikan suplemen nutrisi untuk mengobati kekurangan mineral. Suplemen tersedia dalam bentuk cair, pil, atau kunyah.

  • Bifosfonat

Bifosfonat adalah salah satu pengobatan yang digunakan untuk mencegah dan mengobati osteoporosis. Termasuk patah tulang dan kondisi yang menyebabkan kehilangan tulang seperti kanker, tumor atau lesi tulang. Digunakan untuk mengobati hiperkalsemia.

Perawatan Kanker

Nyeri tulang yang disebabkan oleh kanker sulit diobati. Dokter perlu mengobati kanker untuk menghilangkan rasa sakit. Perawatan kanker yang umum dilakukan meliputi operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi (yang dapat meningkatkan nyeri tulang). 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The role of drugs in bone pain. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5119721/)
Compare Current Chronic Muscle or Bone Pain Drugs and Medications with Ratings & Reviews. WebMD. (https://www.webmd.com/drugs/2/condition-14047/chronic%20muscle%20or%20bone%20pain)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app