Bahaya dan Risiko Dari Tindik Mulut

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bahaya dan Risiko Dari Tindik Mulut

Tindik mulut (oral) adalah lubang kecil pada lidah, bibir, pipi atau ovula (jaringan tipis pada bagian belakang tenggorokan Anda) sehingga Anda bisa memasang perhiasan pada bagian tersebut.

Tindik mulut adalah cara untuk mengekspresikan gaya Anda, tetapi bisa menjadi berbahaya. Mulut Anda memiliki banyak bakteri yang mungkin bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Lidah yang membengkak akan membuat Anda kesulitan bernapas. Pada beberapa orang yang memiliki penyakit jantung, bakteri bisa menyebabkan kondisi yang bisa merusak katup jantung.

Tindik lidah juga bisa menyebabkan Anda dalam risiko untuk mengalami pendarahan dan kehilangan banyak darah. Anda memiliki banyak pembuluh darah pada daerah lidah.

Perhiasan yang dipasang juga bisa menyebabkan masalah. Perhiasan bisa mengalami kerusakan pada mulut Anda, dan dapat membuat Anda tersedak

Anda bisa tanpa sengaja mengikis gigi Anda pada saat Anda makan, tidur, berbicara atau mengunyah pada saat mengenakan perhiasan itu, bahkan perhiasan tersebut bisa masuk ke perut Anda atau memerlukan root canal untuk memperbaiki gigi Anda yang terkikis.

Tindik mulut juga bisa menyebabkan:

  • Membuat Anda kesulitan berbicara, mengunyah, atau menelan.
  • Merusak lidah, gusi, atau filling Anda
  • Membuat Anda ngiler
  • Dokter Anda menjadi kesulitan melakukan X-ray pada gigi Anda
  • Menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit gusi, pendarahan yang tidak bisa dihentikan, infeksi jangka panjang, hepatitis B dan hepatitis C
  • Menyebabkan reaksi alergi akibat besi pada perhiasan yang dipasang.

Karena banyaknya risiko, American Dental Association memberi peringatan akan pemasangan tindik mulut. Anda juga, terutama, tidak boleh melakukan tindik mulut jika memiliki pekerjaan atau melakukan sesuatu yang kemungkinan bisa menyebabkan masalah pada diri Anda.

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Orang-orang dengan kondisi tertentu yang mungkin membuat Anda kesulitan dalam menyembuhkan luka tindik biasanya dalam risiko masalah kesehatan. Hal ini termasuk penyakit jantung, diabetes, hemofilia, dan penyakit autoimun.

Keselamatan

Jika Anda memilih untuk melakukan tindik mulut, pastikan Anda telah mendapatkan vaksin hepatitis B dan tetanus.

Pilihlah jasa penindik yang terlihat bersih dan terawat. Carilah ahli tindik yang memiliki sertifikasi yang berarti Ia telah dilatih secara khusus. 

Ahli tindik harus mencuci tangannya dengan obat pembunuh bakteri, menggunakan sarung tangan yang langsung dibuang, dan menggunakan peralatan yang tersterilisasi atau yang dibuang setelah sekali pakai.

Anda juga harus memastikan bahwa:

  • Ahli penindik mau menjawab pertanyaan Anda
  • Orang-orang yang bekerja di jasa tersebut telah mendapatkan vaksin Hepatitis B (tidak apa-apa untuk ditanyakan)
  • Toko tidak menggunakan tembakan tindik
  • Jarumnya harus baru dan tidak pernah digunakan sebelumnya
  • Jarum harus dibungkus pada wadah yang tersegel setelah digunakan
  • Perhiasan harus terbuat dari besi khusus operasi, emas padat atau platinum

Merawat Tindik Anda

Setelah Anda keluar dari toko, Anda harus memastikan bahwa tindikan Anda sudah sembuh dan tidak terinfeksi. Penyembuhan biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 minggu. Selama masa tersebut, Anda harus:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • Membilas tindik lidah atau bibir setelah setiap selesai makan atau jajan dan sebelum tidur. Gunakan air garam hangat atau obat kumur antibakteri dan bebas alkohol.
  • Tidak mencium siapapun hingga Anda sembuh (mengindari kontak dengan air liur orang lain)
  • Tidak saling meminjam gelas, piring, garpu, pisau atau sendok
  • Memakan makanan sehat yang berukuran kecil
  • Tidak memakan makanan dan minuman yang pedas, asin, atau asam
  • Tidak meminum minuman yang panas seperti kopi, teh atau cokelat panas

Ketika sudah sembuh, Anda bisa melepas perhiasan sebentar tanpa menyebabkan lubangnya tertutup. Jika Anda melakukan tindik lidah, penindik akan memulai dengan “barbell” dengan ukuran lebih besar untuk memberi ruang bagi lidah Anda untuk sembuh dan membengkak. 

Setelah pembengkakan berhenti, dokter gigi merekomendasikan utnuk mengganti barbell yang besar tersebut dengan yang lebih kecil, yang lebih sedikit menyebabkan gangguan pada gigi Anda.

Setelah lidah Anda sembuh, lepas perhiasan setiap malam dan sikatlah seperti Anda menyikat gigi Anda. Anda juga harus melepasnya sebelum Anda tidur atau melakukan kegiatan yang aktif bergerak.

Kapan harus memeriksakan diri

Anda bisa mengalami gejala jangka pendek seperti nyeri, bengkak dan air liur yang terlalu banyak. Waspadalah akan tanda infeksi seperti:

  • Kemerahan
  • Bengkak
  • Pendarahan hebat
  • Cairan yang keluar dari tindik
  • Bau yang tidak enak
  • Ruam
  • Demam

Jika Anda mengalami hal tersebut atau hal lain yang terasa tidak benar, segera periksakan diri Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Levin, Liran & Zadik, Yehuda. (2007). Oral piercing: Complications and side effects. American journal of dentistry. 20. 340-4. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/5853842_Oral_piercing_Complications_and_side_effects)
Mouth Jewelry, Oral Piercings, and Your Health Risks / Benefits. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/11268-mouth-jewelry-oral-piercings-and-your-health/risks--benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app