Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Azithromycin Oral - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: SEP 17, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 1.530.545 orang

Azithromycin digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Obat ini merupakan antibiotik tipe macrolide. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Obat ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti flu biasa, flu). Penggunaan yang tidak perlu atau penyalahgunaan antibiotik apa pun dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

Cara menggunakan Azithromycin

Baca Selebaran Informasi Pasien jika tersedia dari apoteker Anda sebelum Anda mulai mengambil azithromycin dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini melalui mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Anda dapat meminum obat ini dengan makanan jika terjadi gangguan perut. 

Dosis ditentukan berdasarkan kondisi medis dan respons terhadap perawatan. Untuk anak-anak, dosis ditentukan berdasarkan berat badan.

Kocok sebelum digunakan. Hati-hati mengukur dosis menggunakan alat pengukur/sendok khusus. Jangan menggunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang tepat. 

Jika anak Anda memuntahkan dosis perawatan 1 hari dalam 30 menit, hubungi dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu mengulang dosisnya.

Untuk efek terbaik, gunakan antibiotik ini pada waktu yang sama. Untuk membantu Anda mengingat, minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Terus minum obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis sepenuhnya, bahkan jika gejala hilang setelah beberapa hari. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi.

Antasid⎯zat penetralisir asam lambung⎯yang mengandung aluminium atau magnesium dapat mengurangi penyerapan azithromycin jika dikonsumsi secara bersamaan. 

Jika Anda mengonsumsi antasid yang mengandung aluminium atau magnesium, tunggu setidaknya 2 jam sebelum atau setelah mengonsumsi azithromycin.

Beritahu dokter jika kondisi kamu tidak berubah atau bahkan menjadi lebih buruk.

Efek Samping

Dapat terjadi gangguan perut, diare/buang air besar, mual, muntah, atau sakit perut. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter atau apoteker.

Ingat bahwa dokter meresepkan obat ini karena menilai manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Domperidone if 10mg tab 1

Segera hubungi dokter jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: perubahan pendengaran (seperti penurunan pendengaran, tuli), masalah mata (seperti kelopak mata terkulai, penglihatan kabur), kesulitan berbicara/menelan, otot melemah, tanda-tanda hati masalah (seperti kelelahan yang tidak biasa, mual/muntah terus menerus, sakit lambung/abdomen yang parah, mata/kulit menguning, urin berwarna gelap).

Segera hubungi bantuan medis jika terjadi detak jantung yang jarang tapi serius/tidak teratur, pusing parah, pingsan.

Obat ini jarang menyebabkan kondisi usus yang parah (diare terkait bakteri Clostridium difficile) karena bakteri resisten. Kondisi ini dapat terjadi selama pengobatan atau berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah pengobatan dihentikan. 

Jangan menggunakan produk anti-diare atau obat narkotika penghilang rasa sakit jika Anda memiliki gejala berikut ini karena produk ini dapat memperburuknya. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami: diare terus menerus, sakit perut/kram, darah/lendir pada tinja Anda.

Penggunaan obat ini untuk periode yang lama atau berulang dapat menyebabkan kandidiasis mulut atau infeksi jamur baru. Hubungi dokter jika Anda menemukan bercak putih di mulut Anda, perubahan keputihan, atau gejala baru lainnya.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera hubungi pertolongan medis jika Anda mengalami gejala reaksi alergi serius, termasuk: demam yang tidak kunjung hilang, pembengkakan kelenjar getah bening yang baru atau memburuk, ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan) , pusing parah, kesulitan bernapas.

Reaksi alergi terhadap obat ini dapat kembali bahkan jika Anda menghentikan obat. Jika Anda memiliki reaksi alergi, terus perhatikan gejala-gejala di atas selama beberapa hari setelah dosis terakhir Anda.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda menemukan efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.

Di Amerika - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke FDA di 1-800-FDA-1088 atau di www.fda.gov/medwatch.

Di Kanada - Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping ke Health Canada di 1-866-234-2345

Pencegahan

Sebelum menggunakan azithromycin, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki alergi pada obat tersebut; atau antibiotik lain (seperti erythromycin, clarithromycin, telithromycin); atau jika Anda memiliki alergi lain. 

Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Diskusikan dengan apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum mengonsumsi obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit otot tertentu (myasthenia gravis⎯penyakit autoimun yang mengakibatkan otot melemah).

Azithromycin dapat menyebabkan kondisi yang mempengaruhi irama jantung (perpanjangan interval QT). Perpanjangan interval QT jarang dapat menyebabkan detak jantung yang serius (jarang fatal) dengan cepat/tidak teratur dan gejala lainnya (seperti pusing parah, pingsan) yang memerlukan perhatian medis segera.

Risiko perpanjangan interval QT dapat meningkat jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain yang dapat menyebabkan perpanjangan interval QT. 

Sebelum menggunakan azithromycin, beri tahu dokter atau apoteker tentang semua obat yang Anda gunakan dan jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut: masalah jantung tertentu (gagal jantung, detak jantung lambat, perpanjangan interval QT dalam EKG), riwayat keluarga dengan masalah jantung tertentu (perpanjangan interval QT dalam EKG, kematian jantung mendadak).

Kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah juga dapat meningkatkan risiko perpanjangan interval QT. 

Risiko ini dapat meningkat jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu (seperti diuretik/"pil air") atau jika Anda memiliki kondisi seperti keringat parah, diare, atau muntah. Diskusikan dengan dokter Anda tentang penggunaan azithromycin dengan aman.

Azithromycin dapat menyebabkan vaksin bakteri hidup (seperti vaksin tipus) tidak berfungsi dengan baik. Jangan melakukan imunisasi / vaksinasi saat menggunakan obat ini kecuali dokter Anda memberi tahu Anda.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek samping dari obat ini, terutama perpanjangan interval QT (lihat di atas).

Bayi (terutama yang lebih muda dari 6 minggu) dapat berisiko lebih tinggi untuk masalah perut serius tertentu. Segera hubungi dokter anak Anda jika anak Anda muntah atau tampak cemberut setelah menyusui.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi

Lihat juga bagian Cara Menggunakan.

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko Anda terkena efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua kemungkinan interaksi obat. 

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Meskipun sebagian besar antibiotik tidak mungkin memengaruhi hormon kontrasepsi seperti pil, patch/tambalan, atau cincin, beberapa antibiotik (seperti rifampisin, rifabutin) dapat menurunkan efektivitasnya. 

Obat ini juga bisa mengakibatkan kehamilan. Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Banyak obat selain azitromisin dapat mempengaruhi irama jantung (perpanjangan interval  QT), termasuk di antaranya adalah amiodarone, disopyramide, dofetilide, dronedarone, ibutilide, pimozide, procainamide, quinidine, sotalol.

Overdosis

Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat pengendalian racun. Warga AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Warga Kanada dapat memanggil pusat kendali racun provinsi.

Catatan

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain.

Obat ini hanya diresepkan untuk kondisi Anda saat ini. Jangan menggunakannya nanti untuk infeksi lain kecuali dokter memberi tahu Anda.

Dosis terlewatkan

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum setelah Anda ingat. Jika sudah mendekati waktu dosis berikutnya, jangan minum dosis yang sudah terlewat dan lanjutkan jadwal dosis Anda yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk mengejar ketinggalan.

Tata Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Buang setelah 10 hari. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang ketika kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat. Informasi terakhir direvisi Oktober 2017. Hak Cipta (c) 2017 First Databank, Inc.


Referensi

Antimicrobe (2018). Azithromycin.

Bakheit, A. et. al. (2014). Azithromycin. Profiles Drug Subst Excip Relat Methodol. 4;39, pp. 1-40.

Drugs (2017). Azithromycin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp