Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Mulut dan Gigi

Mengulas Manfaat Asam Mefenamat yang Ampuh Atasi Sakit Gigi

Update terakhir: NOV 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 994.638 orang

Sakit gigi adalah hal yang akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jangankan untuk makan atau bicara, mendengar suara musik yang keras saja bisa membuat seseorang jadi lebih sensitif ketika sedang sakit gigi. Agar tak berlarut-larut, Anda biasanya langsung membeli obat sakit gigi yang mengandung asam mefenamat atau paracetamol. Lantas, seberapa ampuh asam mefenamat untuk sakit gigi? Berikut ulasannya.

Manfaat asam mefenamat untuk sakit gigi

Penyebab sakit gigi bermacam-macam, bisa karena gigi berlubang, gusi bengkak, fraktur gigi, gigi menggeretak (tooth grinding), atau infeksi gusi. Tak hanya terasa nyeri, sakit gigi juga menimbulkan gejala lain seperti sakit kepala, gusi bengkak hingga demam.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Minum obat sakit gigi akan sangat berguna untuk mengurangi gejala-gejala ini, salah satunya adalah obat dengan kandungan asam mefenamat. Lantas, apa itu asam mefenamat?

Baca Juga: Penyebab dan Obat Sakit Gigi yang Tidak Berlubang

Asam mefenamat adalah salah satu jenis obat yang termasuk ke dalam golongan nonsteroid anti-inflamasi (NSAID). Jenis obat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri serta peradangan yang terjadi pada berbagai masalah tulang dan otot, termasuk sakit gigi. 

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat zat siklo-oksigenase yang berperan dalam proses produksi berbagai bahan kimia tubuh, seperti prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah zat kimia yang muncul saat tubuh mengalami cedera, penyakit atau kondisi tertentu yang menimbulkan peradangan, rasa nyeri, hingga pembengkakan.

Jika zat siklo-oksigenase terhambat, maka tubuh akan menurunkan produksi hormon prostaglandin yang memicu nyeri. Alhasil, rasa sakit di tubuh akan ikut berkurang, termasuk sakit gigi yang Anda alami. 

Asam mefenamat untuk sakit gigi tersedia dalam 2 bentuk, yaitu tablet dan sirup. Sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana dengan paracetamol sebagai obat sakit gigi?

Paracetamol juga merupakan obat pereda nyeri yang sering dipilih sebagai obat lini pertama untuk mengatasi sakit kepala, demam, dan sakit gigi. Obat ini menimbulkan efek samping yang relatif sedikit, sehingga banyak dipilih untuk meredakan berbagai nyeri, termasuk sakit gigi. 

Paracetamol bekerja dengan cara menunda atau menghambat pengiriman sinyal "rasa nyeri" kepada sistem saraf otak. Hal inilah yang menjadikan paracetamol sangat cocok untuk meringankan rasa nyeri.

Dosis umum paracetamol yang biasa digunakan adalah sebanyak 400-500 mg, bisa ditingkatkan mencapai 1000 mg. Perlu diketahui bahwa konsumsi paracetamol berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada hati, apalagi jika dikombinasikan dengan 2 atau 3 obat penghilang rasa sakit lainnya.

Baca Selengkapnya: Efek Samping Paracetamol dan Cara Menghindarinya

Asam mefenamat vs paracetamol, mana yang lebih ampuh untuk sakit gigi?

Baik asam mefenamat maupun paracetamol sama-sama ampuh meringankan gejala sakit gigi. Lantas, mana yang lebih ampuh mengobati sakit gigi, paracetamol atau asam mefenamat?

Dibandingkan paracetamol, asam mefenamat lebih mampu meredakan nyeri sekaligus peradangan pada tubuh. Sementara paracetamol hanya berfungsi untuk meringankan nyeri, tapi tidak untuk peradangan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, kinerja paracetamol dalam mengobati sakit gigi juga akan lebih optimal apabila dikombinasikan dengan aspirin atau obat golongan NSAID lainnya, misalnya seperti asam mefenamat. Jadi, konsumsi paracetamol tetap butuh dikombinasikan dengan asam mefenamat juga supaya efeknya maksimal.

Apa pun jenis obat sakit gigi yang Anda pilih, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Minumlah obat sakit gigi sesuai dosis dan aturan minum dari dokter.

Hindari mengonsumsi obat terlalu berlebihan sebab bisa memicu overdosis obat yang membahayakan kesehatan dan keselamatan nyawa Anda. Jangan pula mengonsumsi obat jenis apa pun secara terus-menerus karena efeknya  tidak baik untuk tubuh.

Apabila gejalanya semakin parah dan tak kunjung sembuh, segera konsultasi dan lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut pada dokter. Bisa ke dokter umum maupun dokter gigi akan lebih baik.

Baca Juga: 3 Jenis Obat Sakit Gigi yang Mudah Didapatkan di Warung dan Apotek

Referensi

Healthline. (2019). Mefenamic Acid, Oral Capsule.

WebMD. Mefenamic Acid.

Conference Paper IADR/AARD/CADR General Session and Exhibition. (2013). Analgesic Effectiveness of Ibuprofen and Mefenamic Acid After Tooth Extraction.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit