Apakah Fungsi Obat Perangsang?

Obat perangsang hanya berfungsi merangsang ereksi dan bukan untuk meningkatkan libido. Simak uraian di bawah ini mengenai penyebab penurunan libido dan cara mengatasinya.
Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Obat perangsang seperti sildenafil atau tadalafil memang mudah ditemukan di apotik. Bagi sebagian orang yang mengalami penurunan hasrat seksual menggunakan obat perangsang untuk mengatasi masalah tersebut. 

Padahal obat-obatan perangsang umumnya hanya digunakan untuk membantu pria yang mengalami kesulitan ereksi (disfungsi ereksi). Sehingga obat perangsang ini lebih cocok dikonsumsi bagi pria yang mengalami disfungsi ereksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika mengalami penurunan libido supaya penyebabnya dapat diketahui secara pasti dan Anda mendapat penanganan yang tepat. Jangan sembarang mengkonsumsi obat perangsang. 

Karena obat perangsang hanya berfungsi merangsang ereksi dan bukan untuk meningkatkan libido. Simak uraian di bawah ini mengenai penyebab penurunan libido dan cara mengatasinya.

Penyebab penurunan libido

Penurunan libido dapat dibebankan oleh 2 faktor yakni faktor fisik dan psikologis. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan penurunan libido:

1. Hormon tidak stabil

Kurangnya kadar hormon testosteron dalam tubuh akan menyebabkan penurunan libido. Selain itu kadar hormon tiroid yang terlalu rendah atau hormon prolaktin yang terlalu tinggi juga menyebabkan seseorang sulit terangsang secara seksual. 

2. Penyakit atau kondisi kesehatan tertentu

Penurunan libido juga dapat disebabkan karena adanya suatu penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, diabetes, obesitas, penyakit jantung dan lainnya. Seseorang akan memikirkan untuk berjuang hidup daripada harus memikirkan tentang hubungan seksual.

3. Efek samping obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi libido. Apabila hal ini menjadi penyebabnya, mungkin dokter akan mengubah dosis atau mengganti obat yang serupa. Obt-obatan yang dapat mempengaruhi libdo yakni obat antidepresan, obat kemoterapi, obat antihistamin, dan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

4. Stres

Sebisa mungkin hindari stres dan depresi. Jangan terlalu tegang dan cemas dalam menjalani hidup. Hal ini dikarenakan stres dan depresi dapat menurunkan libido yang akan mempengaruhi hasrat seksual.

5. Trauma

Kondisi trauma karena pengalaman buruk di masa lalu seperti kekerasan seksual atau gagal dalam hubungan rumah tangga juga dapat menyebabkan penurunan libido seseorang. Seseorang yang memiliki trauma akan takut untuk melakukan hal yang sama.

Pengobatan untuk mengatasi penurunan libido

Hal terpenting supaya Anda mendapatkan penanganan yang tepat adalah mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab penurunan libido pada diri Anda. Setelah Anda mengetahui penyebabnya,  Anda bisa melakukan beberapa pengobatan berikut ini:

1. Cek kembali obat-obatan yang Anda konsumsi

Apabila penyebab penurunan libido disebabkan karena konsumsi obat tertentu, maka dokter akan mengganti obat tersebut dengan obat lainnya. Untuk memastikan, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk mengevaluasi obat-obatan yang Anda konsumsi. 

2. Konsultasi dengan psikolog atau seksolog

Anda juga bisa menggunakan jasa seorang psikolog atau psikolog untuk membantu meningkatkan libido. Seorang psikoterapi akan membantu Anda dalam mengatasi pola pikir dan perilaku, atau kondisi psikis seseorang yang dapat mempengaruhi libido.

3. Terapi hormon

Penyebab penurunan libido yang disebabkan karena gangguan hormon dapat diatasi dengan melakukan terapi hormon. Dokter akan memberi tambahan hormon estrogen, progesteron atau testosteron yang sesuai kebutuhan dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Cara meningkatkan libido

Selain menggunakan pengobatan medis, libido juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda Lakukan untuk meningkatkan libido:

1. Olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan stamina, mencegah obesitas, memperbaiki mood, dan meningkatkan libido. Selain itu olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat mencegah stres. Anda bisa melakukan olahraga bersama pasangan supaya hubungan Anda juga semakin dekat.

2. Tidak merokok dan minum alkohol

Rokok, alkohol, ataupun obat-obatan yang terlarang dapat merusak pembuluh darah dan melemahkan hasrat serta kemampuan seksual Anda. Sebaiknya Anda menghindari kebiasan buruk ini agar libido Anda tidak terganggu.

3. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan libido

Solusi mudah untuk meningkatkan libido ialah mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan untuk meningkatkan libido. Anda bisa rutin mengkonsumsi alpukat, pisang ataupun makanan lainnya.

4. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Memperbaiki hubungan dengan pasangan dapat berupa komunikasi yang jujur dan terbuka, ataupun sekedar menghabiskan waktu bersama. Hal tersebut akan mempererat ikatan emosional dan kualitas hubungan seksual Anda dengan pasangan.

5. Melakukan teknik dan posisi seksual yang berbeda

Cara mengatasi penurunan libido yang sangat mudah ialah dengan melakukan teknik dan posisi seksual yang berbeda. Tanyakan kepada pasangan mengenai posisi yang nyaman dan ia sukai.


34 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Causes and Treatment for Low Libido in Men. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/potential-remedies-for-male-low-libido-2300704)
Natural Remedies for Females to Treat Sexual Dysfunction. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-sexual-dysfunction-in-women-89935)
Improve Sex Drive and Sex Life, Naturally. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/sexual-health/natural-ways-boost-sex-life/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Penyebab Libido Rendah Pada Pria
Penyebab Libido Rendah Pada Pria

Tingkat libido berubah seiring pertambahan usia dan semakin banyaknya aktifitas Anda. Namun, jika libido rendah terjadi pada pria dalam jangka waktu yang lama dalam masa produktif perlu Anda waspadai. Libido yang rendah terkadang juga bisa menjadi salah satu indikator dari kondisi kesehatan yang memburuk.

Buka di app