Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Beberapa Faktor yang Bisa Meningkatkan Libido

Update terakhir: NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.148.824 orang

Aktivitas seksual yang sehat dan rutin bukan hanya menjaga kemesraan, tapi juga menyehatkan tubuh. Seks yang ideal tentu harus memuaskan baik lelaki maupun perempuan. Salah satu faktor yang penting agar hubungan seks bisa saling memuaskan adalah gairah atau libido.

Beberapa diantara kamu pasti pernah mendengar kata libido, tapi tahukah kamu apa itu libido? Ya, libido atau gairah seks adalah sesuatu yang sangat umum pada laki laki atau wanita dewasa

Menurunnya libido saat kamu melakukan aktivitas seksual pasti sangat mengganggu. Banyak faktor yang menyebabkan libido kamu memudar diantaranya stres, mood yang buruk, dan lainnya. 

Libido yang rendah biasanya dapat menyebabkan masalah dalam pernikahan kamu. Kalau sudah begitu, kamu biasanya menggunakan obat peningkat libido untuk mengatasi hal tersebut. 

Memang, libido pasti naik dengan sekejab, tetapi jelas akan banyak efek sampingnya. Obat-obat itu bisa merusak jantung dan ginjal kamu secara perlahan. Ada beberapa faktor untuk meningkatkan libido. Kamu ingin tahu? Simak ulasan berikut ini

1. Hindari Stress

Stress secara umum dapat mengacaukan libido. Saat kamu cemas atau tegang, tubuh akan dapat memproduksi hormon stres yang bernama kartisol. Hormon ini dapat menghambat fungsi dari testosteron. 

Pada kasus stres yang kronis, kadar kartisol tinggi dapat menghambat fungsi testosteron dalam jangka waktu lama.

2. Mood

Ketika kamu menahan amarah akan menghalangi gairah alami dalam seks. Oleh karena itu jika ada masalah yang memicu amarah kamu sebaiknya diselesaikan dulu sebelum beranjak ke ranjang. 

Hubungan yang harmonis akan membuat gairah mengalir dengan alami. Hal lain yang hisa kamu lakukan adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga adalah kunci utama untuk mendapatkan mood lebih baik serta meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. 

Olahraga dapat meregangkan otot paha, bokong, dan panggul yang dapat merangsang aliran darah dan secara positif dapat mempengaruhi libido kamu.

3. Komunikasi dengan pasangan

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi lobido adalah komunikasi dengan pasangan kamu. Komunikasi merupakan kunci dalam hubungan baik secara verbal maupun non-verbal yang bisa mengarah ke hubungan seksual dengan pasangan mu.

4.Konsumsi makanan sehat

Untuk meningkatkan libido tentu kamu juga perlu mengkonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan tertentu yang ternyata dapat meningkatkan libido. 

Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar zinc dan vitamin B yang tinggi sangat baik untuk membantu meningkatkan kadar testosteron sehingga dapat meningkatkan libido. 

Sebaiknya kamu juga perlu menghindari makanan yang berlemak jenuh tinggi dan berkalori tinggi karena bisa menurunkan libido kamu. Berikut ini jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan libido, yaitu :

  • Kacang-kacangan, karena kaya akan zinc dan vitamin B sehingga jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu proses pembentukan testosteron. Jenis kerang-kerangan juga kaya akan zinc
  • Buah-buahan seperti alpukat dan pisang. Alpukat dapat meningkatkan libido kamu dan pasangan. Buah ini mengandung vitamin B6 dan potassium. Vitamin B6 bisa membantu meningkatkan hormon pria sedangkan potassium berguna dalam mengatur thyroid pada wanita. Selain itu, alpukat juga banyak mengandung asam polat yang bermanfaat untuk metabolisme protein sehingga akan dihasilkan energi yang banyak. Demikian juga buah pisang dapat meningkatkan libido. Karena pisang mengandung  enzim bromelain yang dapat meningkatkan gairah seks anda dan pasangan. Buah pisang juga banyak mengandung vitamin B dan potassium yang bermanfaat untuk meningkatkan energi
  • Telur, mengonsumsi telur secara teratur dapat mengembalikan stamina. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, telur juga mengandung vitamin B6 dan B5 yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi stres
  • Ikan, makanan tinggi vitamin B seperti ikan merupakan faktor utama dalam meningkatkan libido. Vitamin B3 berfungsi sebagai metabolisme anaerobik, yang memberikan energi seksual dan meningkatkan aliran darah ke penis, serta B6 di pengatur prolaktin yang bertanggung jawab dalam hal kepuasan seksual
  • Brokoli dan seledri, seledri yang mengandung androsterone, hormon tanpa bau yang dilepaskan melalui keringat pria. Brokoli juga membantu mengeluarkan kelebihan estrogen, juga meningkatkan testosteron

5. Hindari minuman beralkohol

Alkohol dapat menurunkan hormon testosteron. Sebaiknya kamu menghindari minuman minuman beralkohol untuk mengindari menurunnya libido. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
apa itu libido meningkatkan libido obat peningkat libido