Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Mental

Penyebab Libido Rendah Pada Pria

Tingkat libido berubah seiring pertambahan usia dan semakin banyaknya aktifitas Anda. Namun, jika libido rendah terjadi pada pria dalam jangka waktu yang lama dalam masa produktif perlu Anda waspadai. Libido yang rendah terkadang juga bisa menjadi salah satu indikator dari kondisi kesehatan yang memburuk.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
C:\Users\Suryadi S.Pd\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\images (2).jpeg

Hormon testoteron berperan mengatur libido pria. Begitu pria mencapai usia 30 tahun, metabolismenya akan melambat dan kadar testoteronnya menurun 1% setiap tahunnya. Akibatnya libidonya pun akan menurun lebih cepat. 

Libido rendah tak hanya dialami oleh kaum wanita saja. Kaum pria pun bisa mengalaminya, meskipun prosentasenya masih lebih kecil dari wanita. Kondisi ini biasanya didiagnosa pada pria paruh baya dan lebih tua, dengan stres kronis atau penyakit organ reproduksi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Rozgra Tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Rozgra Tablet mengandung zat aktif Sildenafil citrate (Obat yang termasuk inhibitor selektif cGMP). Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Hal yang wajar jika gairah seks dari waktu ke waktu menurun atau bahkan menghiling. Tingkat libido berubah seiring pertambahan usia dan semakin banyaknya aktifitas Anda. Namun, jika libido rendah terjadi pada pria dalam jangka waktu yang lama dalam masa produktif perlu Anda waspadai. 

Libido yang rendah terkadang juga bisa menjadi salah satu indikator dari kondisi kesehatan yang memburuk.

Gairah seks Anda dapat meningkat dan menurun secara tidak stabil pada waktu yang berbeda. Banyak kegiatan sehari-hari yang menyebabkan rendahnya libido pada pria yang tidak mereka sadari

Contoh, mereka yang rutin melakukan kegiatan olahraga cenderung memiliki libido tinggi karena tubuhnya memproduksi banyak testoteron untuk membangun massa otot. Begitu sebaliknya pria yang kurang suka olahraga dengan kadar testoteron rendah tidak akan mampu membangun massa otot. 

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga seorang pria mempunyai masalah kesulitan ereksi, hal ini juga merupakan faktor menurunnya hasrat seks seorang pria. 

Testosteron adalah hormon pria yang penting untuk membangun otot dan massa tulang, serta merangsang produksi sperma. Sperma yang baik bisa didapatkan dari makanan yang sehat dan berimbang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Rozgra Tablet adalah obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Rozgra Tablet mengandung zat aktif Sildenafil citrate (Obat yang termasuk inhibitor selektif cGMP). Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Oleh karena itu libido bisa saja menurun karena seorang pria tidak memperhatikan pola makan, tidak cukup istirahat dan terlalu banyaknya aktifitas sehingga memicu timbulnya stress. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kadar kortisol yang mengakibatkan turunnya libido. 

Apalagi jika kebiasaan buruk Anda mengakibatkan munculnya penyakit kronis, maka seks mungkin akan menjadi daftar prioritas yang paling terakhir. Penyakit tertentu, seperti kanker, dapat mengurangi jumlah produksi sperma Anda, karena tubuh berfokus untuk dapat bertahan hidup. 

Selain itu penyakit fisik seperti kegemukan atau trauma fisik pun bisa mengakibatkan tingkat libido menjadi rendah.  

Bila Anda mengalami masalah kesehatan, biasanya obat menjadi solusi terbaik. Ternyata obat-obatan juga memiliki dampak negatif pada libido. Contoh obat tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah seksual karena bersifat diuretik

Obat ini menurunkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk alat kelamin Anda. Bila itu terjadi ini yang menyebabkan Anda sulit ereksi dan menghambat gairah seksual Anda. Selain itu obat penyubur rambut juga bisa menyebabkan turunnya gairah seksual. 

Pria yang menggunakan obat-obatan ini mengalami disfungsi ereksi dan penurunan libido. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

 Keintiman dalam hubungan tidak selalu membuat seks menjadi lebih baik. Terkadang terlalu banyak keintiman justru menghambat gairah seksual. 

Jadi, ketika seseorang memiliki gairah yang rendah, bukan berarti ia memiliki jarak dalam hubungan yang ia jalani, justru hubungan yang terlalu intimlah yang dapat menghambat gairah. Kita tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak akan baik.

Kondisi yang tidak happy melihat pasangannya juga membuat libido turun. Misalnya merasa berdosa atau berbohong karena sudah melakukan hubungan dengan orang lain. Atau bisa juga faktor tidak nyaman karena sedang mempunyai masalah dengan pasangan, merasa kecewa pada pasangan. 

Hal ini membuktikan bahwa hubungan seks tidak hanya dipengaruhi oleh fisik tetapi juga relasi dengan pasangannya.

Orang-orang yang libidonya rendah umumnya tidak dapat merespon meskipun dirangsang dengan gambar, kata-kata, atau perbuatan. Gejala libido rendah pada pria disertai dengan sindrom testosteron rendah seperti lemas, mudah merasa capek dan merasa mengantuk setelah makan

Hal ini juga akan meresahkan salah satu pasangan tentunya. Kalau sudah begitu, berbagai cara dilakukan pasangan untuk mengembalikan hasrat seks pasangannya. Seperti memperbaiki penampilan, memperbaiki pola makan dan belajar hidup sehat

Sebaiknya Anda konsultasikan dokter jika Anda mengalami tanda-tanda libido rendah.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Low Libido: Why It Happens and How to Treat It. WebMD. (https://www.webmd.com/men/features/revving-up-low-libido)
Common Causes of Low Libido and No Sex Drive in Men. Healthline. (https://www.healthline.com/health/low-testosterone/conditions-that-cause-low-libido)
Low libido: Causes in men and women. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324861.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Inilah Penyebab Penurunan Libido pada Pria dan Solusinya
Inilah Penyebab Penurunan Libido pada Pria dan Solusinya

Seiring bertambahnya usia, libido pada pria dapat mengalami penurunan. Sebenarnya hal tersebut normal dialami oleh pria. Tetapi perununan libdo pria juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Apakah Fungsi Obat Perangsang?
Apakah Fungsi Obat Perangsang?

Obat perangsang hanya berfungsi merangsang ereksi dan bukan untuk meningkatkan libido. Simak uraian di bawah ini mengenai penyebab penurunan libido dan cara mengatasinya.