HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN
Kesehatan Mental

Jenis Terapi Psikoterapi Efektif untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Mar 1, 2020 Tinjau pada Mar 1, 2020 Waktu baca: 3 menit

Gangguan kesehatan mental akan sangat mempengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu berbagai macam pengobatan dan penanganan pun akan dilakukan seseorang untuk mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik. 

Salah satu cara yang sering dipilih adalah psikoterapi. 

Lantas, apa sajakah psikoterapi yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan mental? Simak penjelasannya.

Enam jenis terapi psikoterapi untuk mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Penanganan dan pemilihan terapi psikoterapi akan sangat ditentukan oleh kondisi pasien. Misalnya pasien yang mengidap gangguan kesehatan mental yang cukup berat tentunya akan membutuhkan terapi yang lebih intensif beserta kombinasi dengan obat-obatan. 

Berikut adalah jenis terapi psikoterapi yang umumnya digunakan:

  • Terapi psikoanalitik

Terapi psikoanalitik adalah terapi berupa pengungkapan seluruh yang ada di dalam pikiran pasien kepada psikiater maupun psikolog. Seorang psikiater akan mendorong pasiennya untuk mengatakan apa pun yang ada di dalam pikirannya ketika sesi konsultasi.

Ketika pasien mengungkapkan seluruh yang ada di pikirannya inilah seorang psikiater dapat memahami apa konflik yang sebenarnya dihadapi oleh pasien. Hal ini dikarenakan seseorang bisa jadi tidak menyadari apakah konflik yang sebenarnya membuat pola pikir hingga tingkah lakunya mengalami masalah.

Menjalani terapi psikoanalitik akan membuat pasien menyadari apakah makna di balik suatu situasi. Makna ini kadang kala tidak disadarinya hingga membuat pemikirannya terganggu. Hal ini akan membuat kesehatan mentalnya terganggu.

Terapi perilaku kognitif merupakan teknik psikoterapi yang dilakukan oleh seorang psikiater ataupun psikolog agar seorang pasien dapat lebih terlatih pola pikir serta perilakunya. Psikolog dan psikiater akan membantu pasien agar terbiasa menghadapi situasi yang berat.

Ketika terapi berlangsung, psikiater dan psikolog dapat menemukan bagaimana pola pikir negatif yang ada pada seorang pasien ketika menghadapi masalah berat. Psikolog kemudian akan membantu pasien untuk mengevaluasi kebenaran suatu peristiwa dan melatihnya agar berpikir lebih positif.

  • Terapi interpersonal

Terapi interpersonal merupakan terapi yang dilakukan oleh seorang psikolog hingga psikiater agar seorang pasien dapat memperbaiki hubungannya dengan orang lain. 

Umumnya terapi ini dilakukan untuk memperbaiki hubungan seorang pasien dengan orang lain yang dekat seperti rekan kerja, teman hingga keluarga. Masalah pada orang lain kadangkala bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu.

Fungsi dari terapi interpersonal adalah agar Anda dapat terbantu menemukan solusi atas suatu masalah yang dihadapi dengan orang lain. Seorang psikiater dan psikolog akan memberikan saran untuk menghadapinya.

  • Terapi kognitif analitik

Terapi kognitif analitik merupakan kombinasi antara terapi psikoanalitik dan terapi perilaku kognitif. Seorang psikiater akan membantu pasien dalam menemukan faktor penyebab dari masalah yang dihadapi pasien. 

Psikiater kemudian akan membantu pasien untuk mengatasi faktor penyebab masalah agar kesehatan mental pasien dapat diperbaiki.

Kondisi pasien yang membutuhkan penanganan psikoterapi

Inti dari psikoterapi sebenarnya adalah membangun komunikasi dua arah antara pasien dengan gangguan kesehatan mental dengan psikolog ataupun psikiater. 

Ketika sesi psikoterapi berlangsung, pasien diharapkan untuk dapat mengenali suasana hatinya, perasaan, pikiran hingga apa penyebab masalah yang dihadapi.  Ketika mereka memahami kondisinya diharapkan pasien dapat lebih mengendalikan diri serta perasaannya.

Beberapa kondisi di bawah ini umumnya akan ditangani dengan psikoterapi:

  • Gangguan makan seperti menderita bulimia dan anoreksia
  • Gangguan emosional yang dikarenakan beragam faktor seperti kehilangan pekerjaan, kematian orang terdekat hingga perceraian.
  • Menderita gangguan kecemasan berupa Obsesif Kompulsif (OCD), menderita gangguan stress pasca trauma (PTSD) dan serangan panik mendadak.
  • Ketergantungan terhadap obat-obatan dan alkohol

Nah sekarang makin mengerti kan mengenai terapi psikoterapi yang efektif untuk mengatasi gangguan mental

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mental Health Basics: Types of Mental Illness, Diagnosis, Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/mental-health)
Psychodynamic Therapy for Depression: Techniques, Effectiveness, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/depression/guide/psychodynamic-therapy-for-depression)
WebMD (2018). Mental Health and Psychotherapy. (https://www.webmd.com/mental-health/mental-health-psychotherapy)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app