Apa Yang Harus Dilakukan Bila Orang Tua Lupa Jadwal Imunisasi Anak?

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Yang Harus Dilakukan Bila Orang Tua Lupa Jadwal Imunisasi Anak?

Vaksin ini mengandung antigen yang sama atau bagian antigen yang menyebabkan penyakit, tetapi antigen dalam vaksin terbunuh atau sangat lemah. Vaksin bekerja karena mereka memanipulasikan tubuh Anda untuk berpikir bahwa itu sedang diserang oleh penyakit yang sebenarnya.

Kekebalan melalui imunisasi terjadi tanpa konsekuensi menjadi sakit dan tanpa risiko potensi komplikasi yang mengancam jiwa dari penyakit. Setelah seseorang diimunisasi, sel-sel kekebalan spesifik yang disebut sel memori mencegah infeksi ulang ketika mereka menemukan penyakit itu lagi di masa depan. 

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Jenis imunisasi dasar

Vaksinasi adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi bayi, anak-anak, dan remaja dari 16 penyakit berbahaya yang mungkin sangat serius, mungkin memerlukan rawat inap, atau bahkan mematikan.

Hepatitis B

Sebelum meninggalkan rumah sakit atau pusat persalinan, bayi Anda menerima 3 dosis vaksin pertama yang melindungi dari Hepatitis B. Virus Hepatitis B dapat menyebabkan pembengkakan kronis pada hati dan kemungkinan komplikasi seumur hidup.

Pentabio

Pentabio adalah Vaksin DTP-HB-Hib (Vaksin Jerap Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B Rekombinan, Haemophilus influenzae tipe b) berupa suspensi homogen yang mengandung toksoid tetanus dan difteri murni, bakteri pertusis (batuk rejan) inaktif,antigen permukaan hepatitis B (HBsAg) murni yang tidak infeksius, dan komponen Hib sebagai vaksin bakteri sub unit berupa kapsul polisakarida.

Vaksin ini diberikan pada bayi usia 2,3, dan 4 bulan. 

Campak

Juga disebut rubeola, campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak kecil. Sementara angka kematian telah turun di seluruh dunia karena lebih banyak anak menerima vaksin campak, penyakit ini masih membunuh lebih dari 100.000 orang per tahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Vaksin campak diberikan pada usia 9 bulan dan dilanjutkan pada usia 18 bulan. Apabila pada usia 12 bulan belum mendapatkan vaksin campak maka dapat diberikan MMR. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

BCG

Imunisasi BCG diberikan untuk mencegah infeksi penyakit TUberkulosis. Vaksin ini diberikan pada usia 1 bulan. 

Polio

OPV (oral polio vaccine) terdiri dari campuran strain virus polio hidup yang dilemahkan dari masing-masing tiga serotipe, yang dipilih oleh kemampuan mereka untuk meniru respons kekebalan setelah infeksi dengan poliovirus.

OPV menghasilkan antibodi dalam darah ('humoral' atau kekebalan serum) untuk ketiga jenis virus polio, dan jika terjadi infeksi, ini melindungi individu terhadap kelumpuhan polio dengan mencegah penyebaran virus polio ke sistem saraf

Vaksin polio diberikan pada sebelum bayi pulang dari rumah sakit, dilanjutkan pada usia 2,3, dan 4 bulan serta booster pada usia 18 bulan. 

Apabila orang tua terlambat memberikan imunisasi anak 

Terlambat vaksin hepatitis b

Jika anak belum divaksin atau terlambat diberikan hepatitis B, vaksin dapat diberikan kapan saja sesegera mungkin tanpa perlu pemeriksaan kadar AntiHbs. Pemeriksaan kadar AntiHbs dan HbsAg dilakukan apabila muncul gejala kuning pada Ibu atau penyakit hepatitisB.

Terlambat vaksin DPT

Apabila anak terlambat diberikan vaksin DPT, vaksin dapat langsung diberikan dan dilanjutkan sesuai dengan interval waktu yaitu sebanyak 3 kali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Terlambat vaksin polio

Vaksin polio utama diberikan hingga bayi berusia 4 bulan.  Namun apabila 4 bulan belum diberikan vaksin, maka lanjutkan vaksin sesegera mungkin. 

Terlambat vaksin campak

Apabila vaksin terlambat diberikan hingga usia 12 bulan, maka dapat langsung diberikan Vaksin MMR

Terlambat vaksin BCG

Apabila vaksin BCG terlambat diberikan pada usia 3 bulan, maka harus dilakukan uji tuberkulin. Apabila hasil megatif maka boleh diberikan.

Imunisasi tidak boleh diberikan apabila terdapat beberapa kondisi bayi atau anak seperti demam, batuk, pilek, dan menderita penyakit menular lainnya. 

Apabila anak anda menderita salah satu dari penyakit tersebut namun perlu segera dilakukan vaksin, maka anda harus segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter untuk diberikan pengobatan. 

Vaksin dapat ditunda hingga anak sembuh dari penyakit. Atur jadwal imunisasi kembali guna melengkapi jumlah vaksin agar mencegah penyakit muncul. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vaccine Schedule for Babies and Toddlers. Parents. (https://www.parents.com/health/vaccines/facts/vaccine-schedule-babies-toddlers/)
Baby Vaccines at Birth. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/vaccines/parents/by-age/birth.html)
One-Third of Parents Delay Vaccinations for Their Children. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/one-third-of-parents-delay-vaccinations-for-their-children-emb-midnight)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app