Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Fisik

Apa Penyebab Lidah Bengkak?

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 953.614 orang

Lidah Anda adalah salah satu organ vital yang serbaguna. Lidah berfungsi dalam membantu proses pencernaan makanan dan membantu dalam proses berbicara. Anda mungkin jarang memperhatikan kesehatan lidah Anda, tetapi ada sejumlah kondisi yang dapat mempengaruhi organ ini. 

Peradangan lidah adalah salah satu kondisi tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Peradangan lidah terjadi ketika lidah membengkak dan berubah warna. Peradangan yang terjadi pada lidah bisa membuat lidah tampak seolah menjadi halus. Peradangan lidah juga dikenal dengan nama lain seperti infeksi lidah, glossodynia, glossitis, dan sindrom lidah terbakar.

Apa yang menyebabkan terjadinya Peradangan Lidah?

Peradangan lidah jarang terjadi dengan sendirinya. Peradangan lidah seringkali terjadi karena diakibatkan oleh masalah kesehatan lainnya seperti :

  • Reaksi alergi

Peradangan lidah dapat terjadi jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap pasta gigi, obat kumur, gigi palsu, krim gigi palsu, atau apapun yang dapat bersentuhan dengan rongga mulut bagian dalam. Reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kondisi ini.

  • Sindrom sjogren

Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan kelenjar air liur. Ketika kondisi ini terjadi, Anda akan mengalami kondisi mulut kering, yang kemudian dapat menyebabkan peradangan lidah.

  • Cedera

Luka bakar atau trauma di dalam mulut dapat menyebabkan peradangan lidah.

  • Kekurangan vitamin

Kadar vitamin B-12 atau zat besi yang rendah secara patologis dapat menyebabkan peradangan lidah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Kondisi kulit

Kondisi kulit tertentu dapat menyebabkan peradangan lidah. Lichen planus oral adalah penyakit radang yang menyebabkan luka, bengkak, dan kemerahan. Sifilis adalah infeksi menular seksual yang dapat timbul sebagai ruam tubuh. Pemfigus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit melepuh.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur di mulut, kondisi ini juga dikenal sebagai oral thrush yang dapat menyebabkan peradangan pada lidah.

  • Zat iritan

Alkohol, makanan pedas, atau tembakau dapat mengiritasi mulut dan menyebabkan peradangan lidah.

Apa saja gejala lain yang dapat ditemukan saat mengalami Peradangan Lidah?

Gejala peradangan lidah tergantung pada tingkat keparahan kondisi kesehatan yang menyebabkannya. Anda mungkin mengalami masalah saat mengunyah, menelan, atau berbicara. Anda juga mungkin mengalami lidah yang nyeri, lembut, atau bengkak

Lidah Anda mungkin berubah warna dan tampak pucat atau merah.

Gejala peradangan lidah yang sangat serius adalah ketika Anda mengalami pembengkakan hebat. Ketika terjadi pembengkakan lidah yang parah, maka jalan nafas bisa tersumbat. Jika Kondisi ini terjadi, disarankan bagi Anda untuk segera pergi ke Unit Gawat Darurat rumah sakit terdekat..

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa orang dengan kondisi yang menyebabkan pembengkakan pada lidah mungkin tidak mengalami gejala apapun selain lidah yang bengkak.

Bagaimana penanganan pada lidah yang membengkak?

Diagnosis

Untuk mendiagnosa apa penyebab pembengkakan pada lidah, dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan melihat kondisi lidah secara langsung. 

Jika tidak ada penyebab yang jelas yang dapat menentukan penyebab berdasar gejala, dokter dapat melakukan tes lain untuk menentukan penyebab peradangan lidah Anda. Tes darah biasanya digunakan untuk melihat apakah Anda mengalami kekurangan vitamin atau anemia (kadar besi rendah). 

Pemeriksaan lebih lanjut juga dapat dilakukan untuk mengidentifikasi penyakit seperti sifilis.

Dalam kasus yang jarang terjadi di mana dicurigai lichen planus oral, dokter dapat melakukan pemeriksaan biopsi, atau sampel jaringan, untuk dilakukan pengujian di laboratorium.

Pengobatan

Perawatan pembengkakan pada lidah berfokus pada dua tujuan. Pertama, perawatan bertujuan untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Kedua, pengobatan peradangan lidah harus menargetkan pada kondisi kesehatan yang menyebabkan masalah ini.

Dokter dapat meresepkan obat antiinflamasi atau menyarankan penggunaan obat bebas seperti ibuprofen. Obat-obatan ini dapat membantu meminimalkan peradangan dan mengurangi rasa sakit sementara dokter akan mengatasi kondisi yang mendasarinya.

Untuk mengobati kondisi yang menyebabkan peradangan pada lidah, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, antijamur, atau antimikroba. Mereka juga dapat merekomendasikan perubahan pola makan atau gaya hidup seperti berhenti merokok dan menghindari alkohol

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen seperti zat besi atau vitamin B-12.

Kebersihan mulut yang baik juga dapat membantu mengurangi gejala peradangan lidah. Pastikan Anda menyikat dan membersihkan gigi setiap hari. Periksakan gigi Anda ke dokter gigi secara teratur.

Kapan saat yang tepat untuk mencari perawatan medis?

Anda mungkin perlu periksa ke Anda jika Anda memiliki gejala peradangan lidah. Pembengkakan dan radang lidah biasanya sembuh setelah beberapa hari. Jika gejalanya masih ada setelah 10 hari, segera hubungi dokter. Anda juga harus segera menghubungi dokter jika Anda kesulitan menelan, bernapas, atau berbicara.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit