Ketahui 7 Penyebab Lidah Berwarna Kuning Berikut Ini

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 7 Penyebab Lidah Berwarna Kuning Berikut Ini

Lidah adalah salah satu bagian dari organ sistem pencernaan, yaitu mulut. Lidah memiliki fungsi untuk memperlancar Anda dalam mencerna dan menelan makanan, serta sebagai indera pengecap rasa. 

Lidah ternyata juga bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, yaitu melalui warnanya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ketika lidah Anda berwarna putih, bisa berarti kurangnya terjaga kebersihan lidah sehingga sisa makanan menumpuk di permukaan lidah, atau juga bisa menjadi pertanda Anda sakit. 

Selain itu, lidah terasa pahit juga bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda yang sedang tidak baik.

Sedangkan, jika lidah Anda justru berwarna kekuningan, hal itu juga tidak normal. Karena lidah yang kondisinya normal akan berwarna merah muda dan terdapat sedikit lapisan putih terang di atas permukaannya. 

Namun, jika sampai warna lidah menjadi kuning, hal ini dapat disebabkan karena berbagai faktor. Warna lidah kuning ini bisa hanya sekedar bersifat sementara serta tidak membahayakan, namun juga bisa sampai ke keadaan yang lebih parah dan akan memerlukan penanganan medis atau ahli dengan lebih lanjut.

Namun, apakah Anda tahu apa yang menjadi faktor penyebab lidah berubah warna menjadi kuning ? Mungkin Anda tidak menyadari terdapat beberapa hal yang ternyata bisa menyebabkannya. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Inilah beberapa penyebab warna lidah menjadi kuning

Kondisi kebersihan gigi yang tidak baik

Kondisi kebersihan gigi yang buruk bisa berpotensi menyebabkan lidah Anda berwarna kuning. Hal ini karena terdaoat tumpukan sel kulit mati serta bakteri di sela-sela bintil lidah atau papila di permukaan lidah Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sebenarnya ini bukan gejala dari suatu penyakit, hanya menggambarkan kebersihan lidah Anda yang tidaj terjaga dengan baik. 

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya harus lebih rajin dalam menggosok lidah namun lakukanlah dengan lembut dan menggunakan alat khusus pembersih lidah, kemudian berkumurlah serta perbanyaklah konsumsi air putih guna menghilangkan lapisan kuning di lidah Anda tadi.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan lidah menjadi kuning karena bahan kimia yang terkandung di dalam asap tembakau rokok tersebut.

Obat kumur dengan kandungan zat pengoksidasi

Obat kumur dengan kandungan zat peroksida, witch hazel, atau menthol dapat berpotensi menyebabkan warna lidah menjadi kuning.

Minum obat tertentu

Obat tertentu bisa menyebabkan perubahan warna lidah Anda menjadi kuning. Misalnya adalah obat antibiotik yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan mikroba dan bakteri/ragi akan berkembang biak dalam mulut Ansa. 

Penumpukan bakteri dan mikroba di lidah akan menyebabkan warna lidah berubah. Kemudian, ada juga Pepto-Bismol dan obat-obatan dengan kandungan bismut lainnya juga berpotensi menyebabkan warna lidah menjadi kuning bahkan hitam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kemudian terdapat beberapa jenis obat tertentu, contohnya obat untuk sindrom Sjogren dan diabetes, serta terapi radiasi dan kemoterapi juga bisa mengakibatkan warna lidah kuning karena kondisi mulut kering yang ditimbulkannya.

Sindrom lidah hitam berbulu

Sindrom lidah berbulu hitam merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan mulut sementara yang tidak menyebabkan rasa sakit. 

Gangguan ini terjadi ketika bintil lidah atau papila yang menjadi lapisan ujung dan kedua sisi lidah mengalami pembesaran. 

Hal tersebut menyebabkan ukuran oapila lebih panjang dan akan mudah memerangkap sel kulit mati dan bakteri mulut yang bercampur dengan sisa tembakau, makanan maupun zat yang lainnya. 

Walaupun namanya sedikit mengerikan yaitu "lidah hitam", trtapi warna lidah dapat berubah dari kuning atau lainnya yang kemudian akan berubah menjadi hitam.

Lidah geografis

Lidah geografis merupakan suatu kondisi lidah yang mengalami kelainan struktur lidah dan menyebabkan permukaan lidah Anda tidak tertutup rata oleh papila atau bintil lidah. 

Sehibgga, permukaan lidah menjadi terlihat seperti kosong, berwarna merah dan berbentuk tak teratur yang menyerupai bentuk-bentuk pulai di dalam peta. 

Kemudian, umumnya akan terdapat garis putih bergelombang di tepian bentuk tak teratur tersebut, bisa juga berwarna kuning. Bahkan terkadang, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit.

Sakit kuning

Sakit kuning atau jaundice merupakan suatu kondisi ketika warna kulit dan bagian putih mata menjadi kuning. Kerusakan hati merupakan penyebabnya, sehingga tubuh Anda tak mampu mengolah zat sisa bilirubin dengan baik. 

Bilirubin merupakan sejenis pigmen kuning dan dihasilkan saat sel darah merah rusak. Kemudian bilirubin menumpuk dalam darah, kulit, putih mata, dan lidah dan menyebabkan warnanya menjadi kuning.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2015). Yellow tongue: When to see a doctor. (http://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/when-to-see-doctor/sym-20050595)
Mayo Clinic Staff. (2015). Yellow tongue: Definition. (http://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/definition/sym-20050595)
Mayo Clinic Staff. (2016). Oral health: Brush up on dental care basics. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/dental/art-20045536)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app