Lidah Tergigit Bikin Susah Makan? Cepat Sembuhkan Dengan Cara Ini

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 3, 2019 Waktu baca: 3 menit
Lidah Tergigit Bikin Susah Makan? Cepat Sembuhkan Dengan Cara Ini

Anda mungkin pernah sekali-dua kali tidak sengaja menggigit lidah saat sedang makan. Ditanya soal rasanya, sudah pasti terasa sakit dan tidak nyaman. Bahkan kalau terlalu kuat, lidah kadang bisa sampai bengkak atau berdarah. 

Pada dasarnya, lidah tergigit bukanlah kondisi serius dan rasa sakitnya akan hilang dengan sendirinya. Namun, adakah cara mengatasi nyeri akibat lidah tergigit dengan cepat? Berikut selengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara mengatasi nyeri akibat lidah tergigit

Pengalaman lidah tergigit tidak hanya bisa terjadi pada saat makan, tapi juga bisa saat tidur, stres, olahraga, atau kecelakaan. 

Cedera akibat lidah tergigit biasanya cenderung ringan, sehingga dapat diatasi dengan cepat dan mudah di rumah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan lidah tergigit:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Sebelum menyentuh lidah atau luka di lidah, pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu, atau bisa juga dengan memakai sarung tangan lateks.

Setelah itu, lihat permukaan lidah Anda yang terluka dan bersihkan lidah dengan kain kasa steril. Sementara untuk lidah berdarah, letakkan kain kasa atau kain bersih di atas area lidah yang terluka guna menghentikan perdarahan.

2. Kumur-kumur dengan air

Segera kumur-kumur dengan air putih untuk membilas sisa-sisa darah di lidah. Anda juga bisa berkumur dengan air garam guna menjaga kebersihan mulut dan mengurangi nyeri.

Baca Juga: Keampuhan Air Garam untuk Menyembuhkan Gusi Bengkak

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Tempelkan es atau kompres dingin

Jika lidah masih berdarah dan mulai membengkak setelah tergigit, segera kulum es batu kecil yang sudah dibalut kain tipis. Jangan langsung memasukkan es ke dalam mulut karena bisa justru memicu iritasi dan peradangan.

4. Minum obat pereda nyeri

Anda mungkin sudah melakukan berbagai cara, tapi rasa nyeri akibat lidah tergigit masih saja mengganggu. Bila demikian, segera atasi dengan minum obat pereda nyeri, misalnya paracetamol atau ibuprofen.

Baca Juga: Manfaat, Kegunaan, dan Fungsi Obat Ibuprofen

5. Hindari makanan asam atau asin

Setelah sembuh, jauhi makanan asam atau asin untuk sementara waktu. Pasalnya, sensasi asam atau asin dapat membuat area bekas luka terasa perih. 

Kalau Anda ingin tetap makan makanan yang rasanya asam atau asin, segera kumur-kumur dengan air sesudah makan untuk meminimalisir rasa perih di lidah.

6. Periksa ke dokter

Meski luka akibat lidah tergigit sudah mulai sembuh, tetap perhatikan kondisi lidah Anda. Periksa apakah lidah Anda masih bengkak, kemerahan, atau muncul tanda-tanda infeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika Anda mencurigai tanda-tanda infeksi pada lidah atau perdarahan justru tak kunjung berhenti, segera periksakan diri ke dokter terdekat.

Bagaimana cara mencegah lidah tergigit?

Anda tentu sudah tahu bahwa sensasi lidah tergigit sangatlah tidak nyaman. Anda pun tidak ingin mengalaminya lagi, bukan? 

Supaya kejadian ini tidak terulang lagi, berikut cara mencegah lidah tergigit:

  1. Makanlah dengan tenang dan jangan terburu-buru. 
  2. Kurangi kebiasaan makan sambil bicara.
  3. Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, panas, atau dingin karena bisa membuat permukaan lidah 'kaget'.
  4. Lidah tergigit juga bisa terjadi saat Anda terjatuh ketika sedang berolahraga. Gunakan pelindung mulut, pelindung kepala, dan perlengkapan olahraga lengkap lainnya untuk meminimalisir risiko jatuh atau cedera saat olahraga.

Selain karena kebiasaan sehari-hari, lidah tergigit juga sering dialami oleh orang yang punya kebiasaan menggertakan gigi (bruxism) saat tidur atau penderita epilepsi. Jika Anda mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Dokter biasanya akan memberikan pelindung mulut (mouthpiece) untuk penderita bruxism atau resep obat epilepsi untuk mengendalikan gejala epilepsi. Dengan demikian, risiko lidah tergigit dapat dicegah sebaik mungkin.

Baca Selengkapnya: Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Prevention of tongue biting with a removable oral device: A clinical report. Journal of Prosthetic Dentistry. (https://www.thejpd.org/article/S0022-3913(00)70005-9/pdf)
What to Do When You Bite Your Lip or Tongue. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/what-to-do-when-you-bite-your-lip-or-tongue-1059311)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app