Anelat: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jul 2, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Anelat adalah suplemen makanan yang ditujukan untuk penderita defisiensi asam folat, anemia, hingga wanita yang merencanakan kehamilan.
  • Mengandung asam folat yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel baru yang sehat dan menstimulasi kerja sistem pembentuk sel darah.
  • Dosis Anelat untuk mengatasi defisiensi asam folat adalah 1 x sehari 250-1.000 mcg, sedangkan untuk penderita anemia 1 x sehari 400-800 mcg.
  • Suplemen ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan dan dianjurkan banyak minum air putih setelahnya.
  • Klik untuk mendapatkan Anelat atau vitamin & suplemen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Anelat adalah suplemen makanan dengan kandungan utama asam folat. Asam folat merupakan keluarga vitamin B (B9) yang memiliki banyak fungsi baik untuk tubuh, mulai dari membantu pembentukan sel-sel baru yang sehat hingga menstimulasi kerja sistem hematopoietik (sistem yang memengaruhi pembentukan sel darah).

Itulah mengapa, Anelat sering diresepkan sebagai suplemen tambahan pada penderita anemia. Anelat dengan asam folatnya juga sangat dianjurkan dikonsumsi ibu hamil terutama pada masa pra kehamilan hingga trisemester pertama kehamilan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli AFOLAT TAB 100S via HonestDocs

Afolat merupakan suplemen ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara menguatkan sel telur pada istri. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Afolat tab 100s 1

Mengenai Anelat

Jenis obat Vitamin
Kandungan Asam folat
Kegunaan Suplemen untuk penderita anemia dan ibu hamil
Kategori Obat bebas
Konsumen Dewasa dan anak-anak
Kehamilan Kategori A
Sediaan Anelat tablet

Mekanisme Kerja Anelat

Asam folat merupakan senyawa yang belum aktif secara biokimia. Setelah dicerna, senyawa ini akan dikonversi menjadi asam tetrahydrofolic dan methyltetrahidrofolat oleh enzim dihidrofolate reductase. Kedua senyawa ini kemudian dapat masuk ke dalam sel melalui proses endositosis.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem eritropoiesis tetap berjalan normal, juga dalam pembentukan purin dan timidin di inti sel, serta interkonversi asam amino dan tRNA. Asam folat menggunakan vitamin B12 sebagai kofaktor dan dapat menormalisasi homositein yang tinggi.

Manfaat Anelat

Anelat digunakan sebagai suplemen untuk penderita defisiensi asam folat, penderita anemia, dan juga dianjurkan untuk wanita yang merencanakan kehamilan hingga trimester pertama kehamilan. Para ahli juga beranggapan bahwa asam folat baik untuk kesehatan jantung dan mampu mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Kontraindikasi

Asam folat merupakan senyawa yang secara alami terdapat di dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sehingga cukup aman digunakan. Kontraindikasi hanya terjadi jika pasien memiliki alergi terhadap kandungan suplemen ini.

Dosis Anelat

Anelat tersedia dalam bentuk sediaan tablet dengan kekuatan dosis 1.000 mcg per tablet.

Ingat! Dosis yang tepat adalah yang sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau seperti yang tertera dalam label obat.

Iklan dari HonestDocs
Beli AFOLAT TAB 100S via HonestDocs

Afolat merupakan suplemen ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara menguatkan sel telur pada istri. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Afolat tab 100s 1

Adapun dosis Anelat yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Anelat untuk mengatasi defisiensi asam folat

  • Dewasa: 1 x sehari 250-1.000 mcg

Dosis Anelat untuk mencegah kelainan pada janin

  • Dewasa: 1 x sehari 400 mcg, dikonsumsi sebelum masa konsepsi hingga trisemester pertama kehamilan.
  • Untuk wanita dengan riwayat kelainan janin akibat kelainan tabung saraf, dianjurkan untuk mengonsumsi 1 x sehari 4 mg selama bulan pertama kehamilan.

Dosis Anelat untuk penderita anemia

  • Dewasa: 1 x sehari 400-800 mcg

Petunjuk Penggunaan:

  • Suplemen ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan dan dianjurkan banyak minum air putih setelahnya.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsi Anelat.
  • Meskipun merupakan obat bebas yang tidak perlu resep dokter untuk mendapatkannya, penggunaan dosis tinggi suplemen ini juga perlu diperhatikan.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, atau dibiasakan mengonsumsinya pada jam yang sama setiap harinya.

Efek Samping Anelat

Anelat umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada kemungkinan terjadinya efek samping Anelat yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Penggunaan obat ini pada penderita anemia akibat kekurangan vitamin B12 mungkin akan menyembunyikan gejala anemianya, sehingga penanganan terhadap penyakit ini jadi terlambat.
  • Konsumsi asam folat pada penderita kejang akan memperburuk kondisinya, terutama untuk dosis tinggi.
  • Penggunaan Anelat dalam dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping seperi mual, kembung ataupun insomnia. Namun, hal ini dapat berbeda-beda tingkatnya pada masing-masing orang.

Efek Overdosis Asam Folat

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis dari penggunaan asam folat yang berlebihan. Namun, penggunaan dosis tinggi tanpa saran dari dokter bisa saja meningkatkan risiko tersembunyi gejala anemia megaloblastik dan memperparah kondisi tersebut.

Interaksi Anelat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter. Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Anelat, di antaranya:

  • Konsumsi dosis tinggi asam folat dapat menghambat kerja obat-obatan anti kejang. Penggunaa suplemen sebaiknya disesuaikan dosisnya jika dikonsumsi bersamaan obat anti kejang.
  • Obat diabetesobat tidur, dan beberapa jenis antibiotik diketahui dapat menurunkan tingkat penyerapan asam folat. Diperlukan penyesuaian dosis untuk memaksimalkan penggunaan obat-obatan ini.

Daftar interaksi obat diatas belum mencakup keseluruhan obat yang dapat memengaruhi Anelat. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan dua jenis obat, suplemen, atau bahan herbal secara bersamaan.

Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Selalu pastikan bahwa Anda tidak memiliki riwayat hipersensitifitas atau alergi terhadap kandungan suplemen ini.
  • Gunakan suplemen ini sesuai dosis yang dianjurkan, untuk penggunaan dosis tinggi sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Anelat untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Kandungan Anelat berupa asam folat merupakan nutrisi yang dianjurkan untuk ibu hamil. FDA pun sudah menggolongkan obat ini dalam kategori A untuk ibu hamil. Hal itu berarti studi kontrol penggunaan obat ini pada wanita tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin pada kehamilan trimester I (dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester selanjutnya), dan sangat rendah kemungkinannya untuk membahayakan janin. Sehingga penggunaannya aman untuk ibu hamil.
  • Asam folat dalam Anelat diketahui dapat masuk dan terekskresi bersamaan dengan ASI ibu menyusui. Namun, senyawa alami ini secara alami juga terkandung dalam ASI dan dibutuhkan oleh bayi sehingga cukup aman dikonsumsi. Meskipun dalam kondisi normal dengan nutrisi yang cukup ibu menyusui sebenarnya tidak memerlukan tambahan suplemen ini.

Artikel terkait:


23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Barua, Subit & Kuizon, Salomon & Junaid, Mohammed. (2014). Folic acid supplementation in pregnancy and implications in health and disease. Journal of biomedical science. 21. 77. 10.1186/s12929-014-0077-z.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/264902107_Folic_acid_supplementation_in_pregnancy_and_implications_in_health_and_disease)
Al-Mashhadane, Faehaa & Al-Mashhadane, Alyaa & Taqa, Amer. (2018). Folic Acid Supplementation: A Review of the Known Advantages and Risks.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/325793210_Folic_Acid_Supplementation_A_Review_of_the_Known_Advantages_and_Risks)
Folic Acid: What Foods Have it?. American Pregnancy Association. (https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/folic-acid/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app