Apa Itu Tanaman Herbal Anamu, dan Apa Saja Manfaatnya?

Update terakhir: Aug 11, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 158.223 orang


Apa Itu Tanaman Herbal Anamu, dan Apa Saja Manfaatnya?

Anamu, secara ilmiah dikenal sebagai Petiveria alliacea, yang merupakan ramuan obat yang populer.

Telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan peradangan dan rasa sakit, dan mengobati berbagai penyakit kronis, termasuk kanker tertentu.

Artikel ini akan mengulas mengenai penggunaan, manfaat, dan potensi bahaya anamu.

Apa Itu Tanaman Herbal Anamu?

Anamu adalah semak herbal yang secara ilmiah dikenal sebagai Petiveria alliacea. Tanaman herbal ini juga dikenal dengan nama lain, termasuk tipi, mucura, apacin, guine, dan guinea hen ween.

Meskipun tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan merupakan tanaman asli hutan hujan Amazon, tanaman ini dapat tumbuh di berbagai daerah, termasuk Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan.

Daun Anamu terutama akarnya dikenal karena baunya yang kuat seperti bawang putih, yang berasal dari komponen kimia terutama senyawa sulfur.

Secara tradisional, daun dan akarnya telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kekebalan, melawan kanker, dan mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Manfaat potensial tanaman ini diyakini berasal dari berbagai kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya, termasuk flavonoid, triterpen, lipid, kumarin, dan senyawa belerang. 

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, beberapa studi penelitian telah mengaitkan bahwa tanaman anamu bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi otak, dan sifat-sifat pencegahan kanker.

Suplemen anamu dapat dibeli di toko-toko kesehatan dan online, dan tersedia dalam beberapa bentuk, seperti kapsul, bubuk, tincture, dan daun kering.

Potensi Manfaat Herbal Anamu

Penelitian telah mengaitkan anamu dengan banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk:

  • Dapat memiliki sifat antioksidan

Anamu mengandung berbagai senyawa nabati dengan sifat antioksidan. Ini termasuk flavonoid, triterpen, kumarin, senyawa belerang, dan lainnya. 

Antioksidan adalah molekul yang dapat menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel ketika levelnya menjadi terlalu tinggi di tubuh Anda.

Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berlebih dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, gangguan otak, dan diabetes.

  • Dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit

Dalam praktik pengobatan tradisional, anamu secara tradisional digunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

Baru-baru ini, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun anamu mengurangi tanda peradangan, seperti tumor necrosis factor alpha (TNF-α), prostaglandin E2 (PGE2), interleukin-1 beta (IL-1β), dan interleukin -6 (IL-6).

Faktanya, penelitian pada hewan telah menemukan bahwa ekstrak anamu secara signifikan mengurangi rasa sakit. Diperlukan lebih banyak penelitian manusia sebelum merekomendasikan anamu untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

  • Dapat meningkatkan kinerja mental

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa anamu dapat meningkatkan fungsi otak.

Satu studi memberikan ekstrak daun anamu tikus dan menemukan bahwa mereka menunjukkan perbaikan dalam tugas-tugas berbasis pembelajaran dan memori jangka pendek dan panjang.

Studi hewan lain mencatat bahwa ekstrak anamu meningkatkan daya ingat jangka panjang dan mengurangi tanda-tanda kecemasan. Namun, anamu tampaknya tidak meningkatkan memori jangka pendek

Sementara temuan ini menjanjikan, penelitian pada manusia diperlukan sebelum merekomendasikan anamu untuk meningkatkan performa mental.

  • Mungkin memiliki sifat antikanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa anamu memiliki sifat antikanker yang potensial.

Studi tabung menunjukkan bahwa ekstrak anamu dapat menekan pertumbuhan sel kanker dan menginduksi kematian sel dalam sel kanker paru-paru, usus besar, prostat, payudara, dan pankreas

Sifat-sifat antikanker potensial ini dapat dikaitkan dengan berbagai senyawa dalam anamu, termasuk flavonoid, kumarin, asam lemak, dan senyawa sulfur.

Manfaat Potensial Lainnya

Anamu dapat menawarkan manfaat potensial lainnya, termasuk:

  • Dapat memiliki sifat antimikroba. Anamu mengandung senyawa sulfur, yang menunjukkan memiliki sifat antibakteri dan antijamur.
  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Studi tabung menunjukkan bahwa beberapa senyawa anamu dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, meskipun penelitian di bidang ini terbatas.
  • Dapat mengurangi kecemasan. Beberapa penelitian pada hewan telah mengamati bahwa ekstrak anamu dapat mengurangi tanda-tanda kecemasan.

Dosis dan Keamanan

Anamu dapat dibeli di toko-toko kesehatan, serta online. Muncul dalam beberapa bentuk, termasuk kapsul, bubuk, tincture, dan daun kering.

Karena penelitian manusia yang terbatas, tidak ada informasi yang cukup untuk memberikan rekomendasi dosis. Sebagian besar label suplemen anamu merekomendasikan dosis antara 400-1.250 mg per hari, meskipun tidak diketahui apakah rekomendasi ini aman atau efektif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan anamu jangka pendek memiliki toksisitas rendah. Namun, penggunaan jangka panjang pada dosis tinggi telah dikaitkan dengan efek samping seperti kantuk, gelisah, kebingungan, tremor, gangguan koordinasi, kejang, dan banyak lagi.

Anamu tidak dianjurkan untuk anak-anak atau wanita yang sedang hamil atau menyusui, karena tidak ada cukup penelitian untuk mendukung keamanannya.

Interaksi Obat

Selain itu, tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan mengkonsumsi suplemen anamu bersama obat lain. Obat ini mengandung sejumlah kecil kumarin, pengencer darah alami, sehingga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah dan obat lain untuk kondisi jantung.

Seperti halnya suplemen makanan, konsultasikan terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum mengkonsumsi suplemenl anamu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp