10 Hal Yang Terjadi Ketika Anda Duduk Sepanjang Hari

Duduk dapat memiliki efek jangka pendek dan panjang pada kesehatan dan tubuh Anda, membuat aktivitas yang tampaknya tidak berbahaya ini berpotensi mematikan.Baca terus artikel berikut untuk mengetahui betapa merusaknya duduk sepanjang hari - dari kepala hingga jari kaki.
Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
10 Hal Yang Terjadi Ketika Anda Duduk Sepanjang Hari

Lebih dari setengah dari kita menghabiskan lebih dari enam jam duduk setiap hari. Duduk dapat memiliki efek jangka pendek dan panjang pada kesehatan dan tubuh Anda, membuat aktivitas yang tampaknya tidak berbahaya ini berpotensi mematikan.

Baca terus artikel berikut untuk mengetahui betapa merusaknya duduk sepanjang hari - dari kepala hingga jari kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Kaki dan otot lemah

Dengan duduk sepanjang hari, Anda tidak akan bergantung pada otot tubuh bagian bawah yang kuat untuk menahan tubuh Anda. Hal ini menyebabkan atrofi otot, yang merupakan pelemahan otot-otot ini. 

Tanpa otot-otot kaki yang kuat untuk menstabilkan Anda, tubuh Anda berisiko lebih mudah cedera.

2. Penambahan berat badan

Bergerak menyebabkan otot melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase, yang membantu memproses lemak dan gula yang Anda makan. 

Ketika Anda menghabiskan sebagian besar hari dengan duduk, pelepasan molekul-molekul ini berkurang dan bagian belakang Anda berisiko lebih besar untuk melebar, menurut penelitian. 

Anda juga berisiko lebih tinggi untuk terkena sindrom metabolik, bahkan jika Anda berolahraga. 

Satu penelitian menemukan, tidak mengejutkan, bahwa pria yang menghabiskan lebih banyak waktu duduk daripada biasanya, bertambah berat badan di bagian perut, yang merupakan tempat paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

3. Pinggul ketat dan punggung buruk tidak sehat

Seperti halnya kaki dan otot, pinggul dan punggung Anda akan menderita karena duduk. 

Duduk menyebabkan fleksor pinggul Anda memendek, dan posisi duduk Anda juga dapat melukai punggung Anda, terutama jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk atau tidak menggunakan kursi ergonomis.

Juga, postur yang buruk saat duduk dapat menyebabkan kompresi pada cakram di tulang belakang Anda dan dapat menyebabkan degenerasi dini, yang mengakibatkan rasa sakit kronis.

4. Kecemasan dan depresi

Kurang dipahami daripada beberapa efek fisik dari duduk terlalu lama, yaitu efek mental. Tetapi risiko depresi dan kecemasan lebih tinggi pada orang yang paling banyak duduk. 

Hal ini bisa jadi karena manfaat kesehatan mental dari kebugaran kurang ketika seseorang menghabiskan hari-hari mereka duduk daripada bergerak. Jika demikian, risiko ini dapat dikurangi dengan olahraga teratur.

5. Risiko kanker

Penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kanker jenis tertentu, termasuk kanker paru-paru, rahim, dan usus besar. Alasan untuk ini tidak sepenuhnya jelas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

6. Penyakit jantung

Duduk bisa menyakiti kesehatan jantung Anda, berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular. 

Satu studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam per minggu menonton televisi memiliki risiko 64 persen lebih besar meninggal akibat penyakit kardiovaskular daripada pria yang hanya menonton televisi selama 11 jam. 

Para ahli mengatakan orang yang duduk lebih banyak memiliki risiko 147 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau stroke.

7. Risiko diabetes

Orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu duduk juga memiliki risiko diabetes meningkat 112 persen. Dalam satu studi yang melihat efek dari hanya lima hari istirahat, para peneliti melihat peningkatan resistensi insulin.

8. Varises

Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan darah menggenang di kaki. Ini dapat menyebabkan varises, atau spider veins, versi yang lebih kecil. 

Meskipun umumnya tidak membahayakan diri, pembuluh darah yang bengkak dan terlihat ini bisa menjadi tidak sedap dipandang. Dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti pembekuan darah.

9. Deep Vein Thrombosis (DVT)

Trombosis vena dalam adalah jenis pembekuan darah yang paling umum di kaki. Ketika bagian dari gumpalan ini pecah, ia dapat memutus aliran darah ke bagian-bagian lain dari tubuh seperti paru-paru Anda, menyebabkan emboli paru.

Bila terjadi, kondisi ini adalah keadaan darurat medis yang dapat menyebabkan komplikasi besar atau bahkan kematian. Duduk terlalu lama, bahkan dalam perjalanan jauh, dapat menyebabkan DVT.

10. Bahu dan leher kaku

Seperti halnya dengan kaki, pantat, dan punggung bawah, bahu dan leher Anda juga akan menderita karena duduk dalam waktu lama. Kondisi ini sering terjadi jika Anda membungkuk melihat layar komputer.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The dangers of sitting: why sitting is the new smoking. Better Health. (https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/the-dangers-of-sitting)
Why we should sit less. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/why-sitting-too-much-is-bad-for-us/)
Sitting risks: How harmful is too much sitting?. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
3 Jenis Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot (Strength Training) bagi Wanita
3 Jenis Olahraga untuk Melatih Kekuatan Otot (Strength Training) bagi Wanita

Wanita juga bisa melatih kekuatan otot mereka dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga dengan porsi yang tidak berlebihan, khususnya saat olahraga melatih kekuatan otot. Berikut ini pedoman latihan kekuatan otot (strength training) untuk wanita yang bisa Anda lakukan.

Buka di app