Kencangkan Otot Perut dengan Gerakan Yoga ini

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kencangkan Otot Perut dengan Gerakan Yoga ini

Yoga adalah bentuk olahraga yang menggunakan konsep meditasi. Olahraga yoga ini terkesan rileks, namun dampaknya pada tubuh akan sangat terasa. Kali ini kita akan bahas seperti apa saja gerakan yoga yang membantu otot perut semakin kuat. 

Sebelum masuk ke sana, kita cari tahu dulu apa saja manfaat yoga sebagai salah satu olahraga untuk kesehatan tubuh Anda, di samping menguatkan otot perut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Yoga memiliki berbagai manfaat, seperti untuk relaksasi pikiran, meningkatkan kelincahan pada tubuh, membakar lemak, melancarkan pernapasan, mengobati nyeri punggung, melancarkan aliran darah, memperbaiki kualitas tidur, dan menjaga kulit supaya tetap sehat. 

Dari berbagai manfaat itu, kita hanya akan detail membahas bagaimana cara mengencangkan otot perut hanya dalam waktu 8 menit saja.

Pose Warrior

Pose warrior selama 30 detik memiliki manfaat sebagai pengencang otot kaki, pergelangan kaki, otot pinggul, dan juga meningkatkan focus serta keseimbangan Anda. Adapun untuk berbagai macam gerakannya adalah:

  • Letakkan tubuh Anda dalam kondisi berdiri dengan posisi kaki merapat. Arahkan kedua tangan Anda untuk merapat di depan dada.
  • Arahkan tubuh untuk sedikit condong ke depan seiring dengan majunya salah satu kaki ke arah depan, sejajar persis dengan kondisi tubuh Anda.
  • Arahkan pandangan ke titik tertentu untuk menjaga keseimbangan. Di sini Anda mulai menggunakan otot perut supaya keseimbangan tetap terjaga.
  • Panjangkan tangan ke depan, lalu tariklah napas selalu dari hidung seiring dengan Anda membuangnya. Lakukan selama 30 detik.

Pose High Plank

Gerakan kedua adalah pose high plank, lama waktunya selama 30 detik juga. Untuk langkah-langkahnya, lihat penjelasan ini:

  • Ingat-ingat seperti apa pose warrior ketiga, dari sana bawa tubuh Anda untuk menurunkan tangan dan telapak kaki di atas mat.
  • Luruskan lengan Anda dan arahkan pandangan ke depan. Pastikan pinggul lebih rendah dari tubuh untuk kemudian lakukanlah gerakan tumit turun ke arah mat.
  • Panjangkan napas dan tahan tubuh dalam posisi tersebut selama 30 detik.

Pose Side Plank

Berikutnya ada gerakan yang disebut sebagai pose side plank. Gerakan ini hampir sama, dilakukan selama 30 detik saja. Untuk gerakannya:

  • Ketika posisi high plank sudah dipahami, selanjutnya Anda bisa menarik tubuh dengan satu tangan ke arah kanan dan kiri.
  • Tekan mat dengan satu tangan tersebut dan letakkan kaki secara bertumpuk. Untuk menjaga keseimbangan, Anda bisa meletakkan tangan lainnya di atas pinggang.
  • Jika dirasa sudah seimbang maka perlahan lepaskan tangan dari pinggang untuk kemudian diangkat ke atas. Nanti pandangan Anda harus mengarah ke tangan yang di atas. Tahan posisi ini selama 30 detik.
  • Lakukan pernapasan panjang hanya dari hidung.

Boat Pose

Terakhir adalah boat pose yang lagi-lagi hanya dilakukan dalam kurun waktu 30 detik saja. Untuk detail gerakannya bisa lihat penjelasan ini:

    • Ingat-ingat posisi side plank supaya bisa menekuk lutut sambil duduk dan perlahan arahkan kedua lutut ke arah dada.
    • Angkat kedua kaki dan arahkan lurus ke depan, gunakan otot perut untuk menegangkan dada. Jangan sekali-kali menggunakan otot leher.
    • Arahkan kedua lengan ke depan demi menjaga keseimbangan dan perlahan arahkan kedua kaki ke atas membentuk diagonal.
    • Arahkan pandangan ke depan dan mulailah bernapas panjang selama 30 detik.

    Tertarik untuk mencoba berbagai gerakan yoga di atas? Pastikan bahwa Anda melakukan gerakan dengan benar melalui unduhan video atau gambar gerakan yoganya. Anda juga bisa menggunakan jasa instruktur jika mau. Yuk, mulai kencangkan otot perut untuk kesehatan dari sekarang dengan yoga.

    3 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Transverse Abdominal Exercises: Ignite and Tone. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/transverse-abdominal-exercises)
    Yoga for constipation: 8 poses for quick relief. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327086.php)

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Artikel selanjutnya
    Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut
    Cuma 8 Menit! Yoga Pagi untuk Kencangkan Otot Perut

    Nah, sebelum Anda melakukan aktivitas lain, Anda bisa menyisihkan sekitar 8 menit setelah bangun tidur untuk melakukan beberapa gerakan yoga. Melakukan gerakan yoga setiap pagi bisa bermanfaat untuk mengencangkan otot perut. Anda bisa melakukan 4 gerakan yoga ini setiap hari setelah bangun tidur.

    Buka di app