Pose Yoga untuk Para Pelari

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pose Yoga untuk Para Pelari

Apakah Anda memiliki hobi melakukan olahraga lari? Atau Anda merupakan atlet lari profesional? Tentu Anda sudah tidak asing dengan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari latihan yoga, termasuk meningkatkan kelenturan dan kebugaran tubuh. 

Nah, berikut ini adalah beberapa pose yoga yang dapat Anda lakukan dan dapat memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Tentunya manfaat ini dapat mendukung aktivitas Anda dalam olahraga lari, seperti mengingatkan vitalitas, menguatkan otot dan mencegah cedera.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pose Yoga untuk Para Pelari

Simak beberapa pose yoga yang bermanfaat bagi para pelari berikut ini :

1. Tree pose (Vrksasana)

Pose Vrksasana sangat baik bagi Anda karena pose ini dapat menguatkan otot-otot kaki, pergelangan kaki, dan pinggul Anda. Tidak hanya itu, pose ini akan meningkatkan fokus serta keseimbangan Anda.

Cara melakukan pose ini adalah dengan membawa tubuh Anda ke posisi berdiri dengan kedua kaki menyatu, lalu bawa kedua telapak tangan Anda ke pinggang, tekuk lutut kanan dan bawa telapak kaki menempel pada paha kiri bagian dalam. 

Jika pose ini dirasa terlalu sulit, bawa telapak kaki menempel pada betis. Arahkan pandangan Anda pada satu titik untuk fokus dan keseimbangan tubuh.

Ketika Anda sudah merasa seimbang, panjangkan lengan dan satukan kedua telapak tangan di atas kepala Anda kemudian hadapkan pandangan mata Anda ke depan agar leher tidak tegang. Aktifkan otot perut Anda supaya Anda lebih kuat untuk mempertahankan posisi ini. 

Lakukan selama kurang lebih 10 napas dan lakukan secara bergantian pada kedua sisi, kanan dan kiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Pose Squat (Malasana)

Posisi ini akan sangat bermanfaat bagi pelari karena mampu melemaskan otot paha, otot pinggul, otot pinggang bagian bawah, telapak kaki hingga otot betis. Pose Squat dapat Anda lakukan dengan cara membuka kedua lutut Anda, lalu arahkan kedua telapak kaki Anda ke arah depan. 

Setelah itu, turunkan pinggul Anda serendah mungkin, seperti posisi duduk.

Anda bisa menekan tumit kaki Anda turun, tetapi jika Anda tidak nyaman Anda bisa sedikit mengangkat tumit Anda. Selanjutnya, satukan kedua telapak tangan di depan dada Anda gengan posisi siku bertumpu pada area paha dalam di dekat lutut. 

Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 10 napas, lalu ulangi sebanyak 3 putaran.

3. Triangle pose (Trikonasana)

Pose Triangle mampu membantu Anda untuk memanjangkan otot-otot samping tubuh yang memendek akibat berlari secara intens dan rutin. Hal ini bermanfaat untuk membuat langkah Anda ketika berlari menjadi lebih natural.

Anda dapat melakukan pose ini dengan cara berdiri, posisi kaki terpisah sekitar 60 cm, bentangkan kedua lengan ke samping, lalu bawa telapak tangan ke depan meraih ibu jari kaki Anda atau pergelangan kaki Anda, atau blok yoga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selanjutnya buka lengan belakang Anda ke atas, sejajar dengan lengan Anda yang menyentuh ibu jari.

Buka dada Anda dan lihat ke arah jari tangan Anda di atas kepala. Pastikan otot bahu, leher, dan wajah  Anda rileks. Bawa tubuh ke posisi berdiri dengan lengan di samping, lalu letakkan kedua tangan ke pinggang Anda. Setelah itu, kembalilah ke posisi berdiri. 

Lakukan secara bergantian pada sisi kanan dan sisi kiri dengan durasi 5 tarikan napas untuk masing-masing sisi.

Selain ketiga pose tersebut, masih ada pose-pose lain yang memberikan manfaat baik bagi tubuh Anda terutama yang akan mendukung aktivitas Anda dalam olahraga lari. Pose tersebut adalah pose Forward Fold (Paschimottanasana) dan Half Pigeon Pose (Eka Pada Raja Kapotasana). 

Kedua pose ini biasa digunakan untuk stretching pada area panggul, otot pantat, otot paha bagian belakang dan otot betis. Pose ini akan sangat bak jika dilakukan setelah olahraga lari. Anda dapat memanfaatkannya sebagai pendinginan. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya! 


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
5 Best Yoga Poses for Runners. Health.com. (https://www.health.com/fitness/5-best-yoga-poses-for-runners)
8 Yoga Poses That Stretch Your Quads. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/yoga-poses-that-stretch-your-quads-3566690)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app