Yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalani Scan Tulang

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 16, 2020 Waktu baca: 3 menit
Yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalani Scan Tulang

Tulang memainkan banyak peran dalam tubuh seperti menyediakan struktur, melindungi organ, menambatkan otot dan menyimpan kalsium

Meskipun penting untuk membangun tulang yang kuat dan sehat selama masa kanak-kanak dan remaja, Anda dapat mengambil langkah-langkah selama masa dewasa untuk melindungi kesehatan tulang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Mengenai Kanker Tulang

Kanker tulang dapat dimulai dari tulang mana saja di tubuh, tetapi kanker tulang paling sering mempengaruhi panggul atau tulang panjang di lengan dan kaki.

 Kanker tulang jarang sekali terjadi, merupakan insidensi kanker yang  kurang dari 1 persen dari semua kanker. Faktanya, tumor tulang yang bukan kanker jauh lebih umum daripada kanker.

Istilah "kanker tulang" tidak termasuk kanker yang dimulai di tempat lain di tubuh dan menyebar (bermetastasis) ke tulang. Sebagai gantinya, kanker-kanker tersebut dinamai dari sumber kanker, seperti kanker payudara yang telah menyebar ke tulang.

Tanda dan gejala kanker tulang meliputi:

Diagnosis Kanker Tulang

Diagnosis yang akurat dari tumor tulang seringkali tergantung pada adanya jumlah informasi tentang apa tulang yang terpengaruh dan bagian mana dari tulang yang terlibat, bagaimana tampilannya pada sinar-x, dan seperti apa sel-sel di bawah mikroskop.

Penyakit lain, seperti infeksi tulang, dapat menyebabkan gejala dan hasil pencitraan yang mungkin dikacaukan dengan kanker tulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Metastasis tulang juga dapat terlihat seperti kanker tulang primer. Tumor tulang lebih sering disebabkan oleh kanker yang telah menyebar ke tulang dari beberapa bagian tubuh lainnya dan menyebabkan metastasis tulang. 

Metastasis tulang tunggal dapat memiliki tanda dan gejala yang sama dengan tumor tulang primer, sehingga banyak dokter memerlukan biopsi untuk mendiagnosis metastasis tulang pertama pasien. 

Setelah itu, metastasis tulang baru biasanya dapat didiagnosis berdasarkan rontgen dan tes pencitraan lainnya.

Perlukah dilakukan bone scan?

Bone scan dapat menunjukkan jika kanker telah menyebar ke tulang lain. Alat ini dapat menemukan area metastasis yang lebih kecil daripada sinar-X biasa. Pemindaian tulang juga dapat menunjukkan seberapa besar kerusakan yang disebabkan kanker pada tulang.

Area tulang yang sakit akan terlihat pada pemindaian tulang sebagai area yang padat, abu-abu hingga hitam, yang disebut "hot spot." Tes pencitraan lain atau biopsi tulang mungkin diperlukan untuk mengetahui apa yang menyebabkan perubahan.

Bagaimana mempersiapkan diri melakukan bone scan?

Biasanya, Anda tidak perlu persiapan khusus sebelum pemindaian tulang. Anda dapat makan dan minum secara normal sebelum memasuki ruang pemeriksaan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jenis obat- obatan

Informasikan tim perawatan kesehatan Anda tentang jenis obat yang Anda minum pada pagi atau sebelum melakukan pemeriksaan, serta obat rutin lainnya. Obat-obatan yang mengandung barium atau bismut dapat mempengaruhi hasil tes. Sehingga tindakan bone scan belum bisa dilakukan. 

Alergi obat 

Informasi ke dokter jika Anda memiliki alergi obat atau kondisi medis lainnya. 

Kesehatan wanita

Wanita harus memberi tahu tim perawatan kesehatan mereka jika mereka sedang menyusui atau mungkin sedang hamil.

Asuransi 

Anda juga harus memeriksa dengan penyedia asuransi Anda sebelum pemindaian Anda. Cari tahu berapa banyak biaya tes yang akan ditanggung dan berapa yang harus Anda bayar.

Prosedur pemeriksaan bone scan 

Sebelum tes, Anda perlu melepas benda berbahan logam, seperti perhiasan, koin, gantungan kunci, dan kenakan pakaian atau gaun periksa. 

Saat pemeriksaan dimulai 

Tracer atau cairan pelacak kanker akan disuntikkan ke tubuh Anda melalui vena di lengan Anda. Suntikan mungkin sedikit menyengat. Tetapi Anda tidak akan merasakan pelacak bergerak melalui tubuh Anda. Ini membutuhkan 1 hingga 4 jam bagi tulang Anda untuk menyerap pelacak.

Selama pemindaian, kamera akan bergerak perlahan di sekitar tubuh Anda untuk mengambil gambar pelacak di tulang Anda. 

Pemindaian seluruh tubuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikannya. 

Anda tidak merasakan efek samping apa pun dari pelacak atau tes itu sendiri. Tetapi dokter Anda mungkin meminta Anda untuk minum banyak air selama 1 hingga 2 hari ke depan untuk menghilangkan semua pelacak yang mungkin tertinggal di tubuh Anda. 

Biasanya, semua bahan radioaktif hilang setelah 2 hari.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Skeletal scintigraphy. Radiological Society of North America. https://www.radiologyinfo.org/en/info.cfm?pg=bone-scan.
Elsayes KM, et al., Elsayes K.M., Oldham S.A. Eds. Khaled M. Elsayes, and Sandra A. A. Oldham.eds. Brandon D.C., Thomas A.J., Ravizzini G.C. Brandon, David C., et al.Introduction to nuclear medicine. In: Introduction to Diagnostic Radiology. New York, NY: McGraw-Hill; 2014. http://accessmedicine.mhmedical.com. Accessed Dec. 7, 2017

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app