Hitung Darah Lengkap, Ini yang Harus Anda Ketahui

Sama juga dengan pengambilan darah di salah satu bagian tubuh bisa lebih sulit dibanding bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu jangan mudah menyamakan kondisi satu orang dengan orang lain dalam hitung darah lengkap. Bukan berarti pengambilan sampel ini tidak memiliki risiko. Ada beberapa risiko yang terjadi akibat pengambilan sampel darah mulai dari hematoma atau resapan darah di bawah kulit, infeksi, perdarahan, pusing hingga pingsan.

Kultur Darah, Ini Yang Harus Anda Ketahui
Kultur Darah, Ini Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu? Pemeriksaan ini disebut dengan kultur darah. Metode yang satu ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya mikroorganisme di dalam darah, seperti jamur, bakteria atau parasit.

Lakukan Cek Audiometri Untuk Cek Fungsi Pendengaran Anda
Lakukan Cek Audiometri Untuk Cek Fungsi Pendengaran Anda

Dengan melakukan tes audiometri, Anda dapat mengetahui apakah fungsi pendengaran Anda mengalami gangguan atau tidak. Audiometri merupakan tes pendengaran yang menggunakan sebuah mesin yang disebut dengan audiometer. Mesin ini berfungsi untuk memproduksi suara dengan volume dan frekuensi yang berbeda-beda.

Memahami Tes Spirometri dan Kondisi yang Memerlukannya

Hanya dengan 15 menit, Anda dapat mengetahui kondisi paru-paru melalui keterangan dokter. Melalui alat ini, Anda akan mengetahui seberapa banyak udara yang dapat dihirup dan dikeluarkan. Selai itu, spirometer juga dapat membantu dokter mendiagnosis penyakit pada sistem pernapasan seperti asma, fibrosis paru, emfisema dan bronchitis kronik.

Lihat Lebih