Vinpocetine: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Sep 17, 2019 Waktu baca: 3 menit

Vinpocetine adalah bahan kimia buatan manusia yang menyerupai zat yang ditemukan di tanaman Vinca minor. Orang menggunakannya sebagai obat saraf.

Vinpocetine dapat meningkatkan aliran darah ke otak, karenanya digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer dan kondisi lain yang mengganggu keterampilan belajar, memori, dan pemrosesan informasi seiring bertambahnya usia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Vinpocetine juga digunakan untuk mencegah dan mengurangi resiko kecacatan dan kematian akibat stroke iskemik. Jenis stroke ini terjadi ketika gumpalan darah menghentikan aliran darah di otak, menyebabkan sel-sel otak (neuron) mati karena tidak mendapatkan oksigen.

Vinpocetine bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan menghasilkan perlindungan untuk sel-sel otak (neuron) terhadap cedera.

Mengenai Vinpocetine

  • Golongan: obat kemasan, suplemen saraf
  • Kemasan: tablet selaput
  • Kandungan: vinpocetine

Manfaat  penggunaan Vinpocetine

Mengobati Age-related Macular Degeneration (AMD)

AMD adalah suatu kondisi yang menyebabkan kehilangan penglihatan pada beberapa orang tua. Penelitian awal menunjukkan bahwa penggunaan vinpocetine secara oral  selama 2 bulan dapat meningkatkan penglihatan pada penderita AMD.

Membantu gangguan pendengaran

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vinpocetine setiap hari hingga satu tahun dapat mengurangi penumpukan kalsium di sekitar sendi pada orang dengan gagal ginjal yang membutuhkan proses hemodialisis.

Meningkatkan daya ingat

Penggunaan vinpocetine bersama dengan ginkgo dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang dewasa yang sehat.

Mengurangi dering di telinga (tinnitus)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemberian vinpocetine secara oral dan intravena bersama dengan fisioterapi dapat mengurangi tinnitus. Namun, pemberian vinpocetine secara intravena tampaknya kurang efektif dibanding obat nicergoline dalam mengurangi dering di telinga yang disebabkan oleh suara yang keras.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Mengurangi masalah kontrol urin

Penggunaan vinpocetine selama 2 minggu dapat mengurangi frekuensi buang air kecil pada siang hari atau di malam hari.

Manfaat lainnya

Efek Samping penggunaan Vinpocetine

Vinpocetine aman digunakan ketika diminum dalam dosis yang tepat. Tidak ada efek berbahaya yang signifikan yang dilaporkan dalam studi orang dengan penyakit Alzheimer yang diobati dengan vinpocetine dosis besar (60 mg per hari) selama satu tahun.

Vinpocetine dapat menyebabkan beberapa efek samping ringan seperti sakit perut, mual, gangguan tidur, sakit kepala, pusing, gugup, dan kemerahan pada wajah.

Dosis

Untuk mengobati gangguan memori dan berpikir seperti penyakit Alzheimer, gunakan vinpocetinec secara oral sebayak 5-10 mg, tiga kali sehari. Keamanan dan efektivitas belum dipastikan pada anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Interaksi

Interaksi dengan obat yang dapat memperlambat pembekukan darah (Antikoagulan / Antiplatelet)

Vinpocetine mungkin memperlambat pembekuan darah. Penggunaan vinpocetine bersama dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam), ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Anaprox, Naprosyn), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Perhatian

  1. Tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan penggunaan vipocetine jika Anda sedang hamil atau menyusui. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  2. Jangan gunakan vinpocetine jika Anda memiliki masalah dengan pembekuan darah karena kandungan dapat meningkatkan risiko pendarahan.
  3. Vinpocetine memiliki resiko melemahkan sistem kekebalan tubuh pada sebagian orang. Hal ini mungkin dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Jika Anda sudah memiliki sistem kekebalan yang lemah karena kondisi lain (seperti HIV/AIDS atau perawatan kanker), konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan vinpocetine.
  4. Vinpocetine dapat memperlambat proses pembekuan darah. Hentikan penggunaan vinpocetine setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi karena dapat meningkatkan resiko pendaharan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vinpocetine in Dietary Supplements. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/food/dietary-supplement-products-ingredients/vinpocetine-dietary-supplements)
Vinpocetine: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-vinpocetine-89593)
Vinpocetine: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/vinpocetine/supplements.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app