Ubiquinone: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Tinjau pada Sep 17, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ubiquinone (Coenzyme Q10), atau yang disebut juga dengan Ubidecarenone, adalah golongan benzoquinones lemak yang mudah larut, yang terlibat dalam pengangkutan elektron mitokondria di dalam tubuh. 

Zat ini dibuat oleh tubuh secara alami. Ubiquinone berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Ubiquinone digunakan untuk pengobatan gagal jantung kongestif (CHF), ketidakteraturan irama jantung, tekanan darah tinggi dan dalam mengurangi luka pada otot jantung yang diakibatkan oleh kekurangan oksigen.

Tubuh manusia menghasilkan semakin sedikit ubiquinone seiring bertambahnya usia. Orang dengan kondisi tertentu, termasuk Diabetes, penyakit Parkinson, dan masalah jantung cenderung memiliki tingkat ubiquinone yang rendah.

Meskipun tubuh Anda dapat menghasilkan ubiquinone sendiri, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan tertentu. Sumber ubiquinone terbaik adalah ikan dan daging organ, seperti hati sapi, serta biji-bijian. Bentuk ubiquinone buatan manusia juga tersedia sebagai suplemen yang dijual di apotik dan toko obat.

Mengenai Ubiquinone

  • Golongan: suplemen antioksidan
  • Kemasan: tablet
  • Kandungan: Coenzyme Q10

Manfaat penggunaan Ubiquinone

Ubiquinone mempunyai manfaat seperti berikut:

Dapat membantu mengobati gagal jantung

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat berkontraksi, berelaksasi, atau memompa darah melalui tubuh secara teratur.

Beberapa pengobatan untuk gagal jantung memiliki efek samping seperti tekanan darah rendah, dan bahkan dapat mengurangi kadar ubiquinone di dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Penggunaan ubiquinone dapat membantu memulihkan tingkat produksi energi yang optimal, mengurangi kerusakan oksidatif dan meningkatkan fungsi kerja jantung.

Dapat meningkatkan kesuburan

Kesuburan wanita menurun dengan bertambahnya usia karena penurunan jumlah dan kualitas sel telur. Seiring bertambahnya usia, produksi ubiquinone alami melambat, mengakibatkan tubuh kurang efektif melindungi telur dari kerusakan oksidatif.

Demikian pula, sperma pria rentan terhadap efek kerusakan oksidatif, yang dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah sperma, kualitas sperma, dan infertilitas.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan ubiquinone dapat meningkatkan kualitas, aktivitas, dan konsentrasi sel telur dan sperma dengan meningkatkan perlindungan antioksidan.

Dapat membuat kulit tampak muda

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Kulit sangat rentan terpapar agen perusak yang mengakibatkan penuaan.

Beberapa agen perusak internal adalah kerusakan sel tubuh dan ketidakseimbangan hormon. Agen perusak eksternal termasuk faktor lingkungan, seperti paparan sinar UV.

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Menerapkan ubiquinone langsung ke kulit dapat mengurangi kerusakan kulit dengan meningkatkan produksi energi dalam sel-sel kulit dan perlindungan antioksidan.

Ubiquinone juga telah terbukti dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar UV dan bahkan ikut mengurangi tingkat kedalaman kerutan kulit.

Dapat digunakan untuk pengobatan Diabetes

Ubiquinone telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengatur kadar gula darah.

Penggunaan ubiquinone membantu meningkatkan konsentrasi ubiquinone pada penderita diabetes yang biasanya memiliki kadar rendah senyawa ini.

Ubiquinone juga dapat membantu mencegah diabetes dengan merangsang pemecahan lemak dan mengurangi akumulasi sel-sel lemak yang dapat menyebabkan obesitas atau diabetes tipe 2.

Efek Samping penggunaan Ubiquinone

Ubiquinone dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa bila digunakan sesuai petunjuk. Beberapa efek samping yang umum didapat meliputi:

Dosis 

Penggunaan ubiquinone disesuaikan dengan dosis kemasan yang tersedia. Untuk orang dewasa, ubiquinone kemasan 25 mg dapat dikonsumsi 1-3 kali sehari. Untuk kemasan 50 mg adalah 1-2 kali sehari, dan untuk kemasan 100 mg adalah 1 kali sehari. Sedangkan dosis ubiquinone untuk anak-anak harus mengikuti petunjuk dokter.

Interaksi

Ubiquinone dapat meningkatkan efek insulin dalam tubuh. Zat ini juga dapat menurunkan efek dari warfarin jika dikonsumsi secara bersamaan. Selain itu, konsentrasi ubiquinone dalam darah dapat menurun jika dikonsumsi bersama dengan:

Perhatian

  1. Harap berhati-hati bagi yang sedang menderita gangguan fungsi hati, gangguan pembekuan darah, penyakit kulit, gangguan pencernaan, sakit kepala, diabetes, kadar gula rendah, tekanan darah rendah, gangguan hormon tiroid, atau gangguan jantung.
  2. Ubiquinone dikategorikan aman digunakan selama masa kehamilan. Namun, jangan menggunakan produk ini tanpa konsultasi dokter.
  3. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lainnya, termasuk suplemen dan produk herbal.
  4. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ubidecarenone Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/philippines/drug/info/ubidecarenone?mtype=generic)
Ubiquinone (coenzyme Q-10) Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/ubiquinone-coenzyme-q-10.html)
Ubiquinone Uses, Benefits & Side Effects. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/ubiquinone.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app