Tyrosine: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Sep 17, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tyrosine merupakan asam amino yang diproduksi secara alami di dalam tubuh yang diproduksi dari asam amino lain yang disebut phenylalanine. 

Tyrosine ditemukan di banyak makanan, terutama yang berbahan dasar keju. Faktanya, dalam bahasa Yunani, kata “tyros” sendiri memiliki arti “keju”. Kandungan tyrosine juga ditemukan pada daging ayam, ikan, telur, produk susu, kacang, dan pada banyak makanan tinggi protein lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Kandungan tyrosine biasa terdapat dalam suplemen makanan dan digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan, perhatian, dan fokus. Tyrosine menghasilkan bahan kimia untuk otak yang membantu sel-sel saraf bekerja.

Mengenai Tyrosine

  • Golongan:obat kemasan
  • Kemasan:tablet, kapsul
  • Kandungan:tyrosine

Manfaat penggunaan Tyrosine

Beberapa manfaaat Tyrosine, yaitu:

Pengobatan Phenylketonuria (PKU)

Tyrosine digunakan sebagai pengobatan untuk orang dengan kelainan genetik langka akibat kekurangan asam amino yang disebut Phenylketonuria(PKU). Orang dengan PKU tidak dapat memproses asam amino fenilalanin.

Asam amino ini digunakan oleh tubuh untuk membuat tyrosine. Karena itu, penderita PKU memiliki kadar tyrosine yang rendah di dalam tubuhnya. Untuk mencegah kadar tyrosine dari menjadi terlalu rendah, orang-orang dengan PKU disarankan untuk mengkonsumsi obat yang mengandung tyrosine tetapi sangat sedikit phenylalanine.

Meningkatkan kinerja mental

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tyrosine meningkatkan kinerja mental karena kondisi stres.

Memperbaiki ingatan/memori

Mengonsumsi tyrosine dapat meningkatkan daya ingat dalam kondisi stres. Sebagai suplemen, tyrosine dapat membantu kelelahan karena kurang tidur. Beberapa orang menggunakan tyrosine untuk pengobatan gangguan ADHD(Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Orang-orang juga menggunakan tyrosine untuk alasan lain, mulai dari mengurangi gejala PMS (pre-menstruation-syndrome) hingga meningkatkan libido.

Efek Samping penggunaan Tyrosine

Tyrosine sangat aman ketika diminum sebagai obat jangka pendek, atau ketika dioleskan langsung pada kulit. Tyrosine aman bila diminum dalam dosis hingga 150 mg per hari hingga 3 bulan. Beberapa orang mengalami efek samping ringan seperti mual, sakit kepala, kelelahan, dan mulas.

Tidak ada cukup informasi yang tersedia untuk mengetahui apakah tyrosine aman untuk digunakan anak-anak dalam jumlah obat. Jangan berikan kepada anak-anak tanpa konsultasi kepada dokter yang berkualifikasi.

Dosis penggunaan Tyrosine

  • Untuk peningkatan kinerja mental: dosis tunggal 100-300 mg tyrosine diminum setiap hari.
  • Untuk peningkatan memori: 150-300 mg tyrosine diminum sebelum melakukan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas penggunaan daya ingat.
  • Untuk meningkatkan kewaspadaan karena kurang tidur: 150 mg tyrosine setiap hari.
  • Untuk PKU: wanita dengan PKU yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang menyediakan 6-7,5 gram tyrosine setiap hari. Peran dokter dibutuhkan untuk mengukur kadar tyrosine dalam darah untuk memastikan kandungan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bagi kebanyakan orang dengan PKU, tambahan suplemen terpisah dengan tyrosine tidak dianjurkan. Hal Ini dapat menyebabkan peningkatan signifikan kadar tyrosine dalam darah.

Interaksi

Interaksi dengan Levodopa

Tyrosine dapat mengurangi seberapa banyak levodopa yang diserap tubuh. Karena hal ini, penggunaan tyrosine dapat menurunkan efektivitas levodopa. Jangan minum tyrosine dan levodopa secara bersamaan.

Interaksi dengan Hormon Tiroid

Tubuh secara alami menghasilkan hormon tiroid. Tyrosine dapat meningkatkan jumlah hormon tiroid yang diproduksi tubuh. Penggunaan tyrosine dengan pil hormon tiroid dapat menyebabkan produksi hormon tiroid yang berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan efek samping dari hormon tiroid.

Perhatian

  • Belum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah tyrosine aman digunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Sebaiknya konsultasi dengan dokter.
  • Tubuh menggunakan tyrosine untuk menghasilkan tiroksin. Mengkonsumsi ekstra tyrosine dapat meningkatkan kadar tiroksin terlalu banyak, membuat kondisi hipertiroidisme dan penyakit grave semakin memburuk. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, jangan mengonsumsi tyrosine.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tyrosine: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/tyrosine/supplements.htm)
Tyrosine: Benefits, Side Effects and Dosage. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/tyrosine)
Tyrosine: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1037/tyrosine)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app