Tofisopam: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 19, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 11, 2019 Waktu baca: 3 menit

Tofisopam adalah salah satu jenis obat yang digunakan dalam terapi gangguan kecemasan. Obat tofisopam merupakan salah satu dari derivatif benzodiazepine. Obat ini banyak digunakan pada negara bagian di sekitar benua Eropa dalam terapi gangguan cemas tanpa mempengaruhi kantuk, relaksasi oto skeletal, dan antikonvulsan.

Mengenai Tofisopam

Golongan:

Obat resep

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat anticemas

Manfaat Tofisopam

Obat tofisopam memiliki manfaat dalam pengobatan gangguan kecemasan dan rasa gelisah. Keluhan ini sering terjadi pada banyak orang akibat terganggunya kondisi psikis dan mental. Obat tofisopam merupakan bagian dari agen anti-cemas tanpa menimbulkan efek kantuk dan memberikan efek ketenangan tanpa mengurangi kesadaran dan kondisi neurologis.

Jenis Penyakit dengan obat Tofisopam

Mengenai Gangguan Cemas

Gangguan kecemasan adalah rasa cemas yang berlebihan yang dirasakan pada seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama dan mengganggu kesehatan serta aktivitas sehari-hari. Kecemasan umum terjadi pada anak remaja hingga dewasa yang disertai beberapa faktor resiko. Gejala yang dapat timbul pada terjadinya gangguan kecemasan antara lain:

Denyut jantung meningkat

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  1. Gemetaran
  2. Terasa lemas atau tegang
  3. Berkeringat
  4. Sulit tidur atau insomnia
  5. Sulit berkonsentrasi

Kecemasan juga terjadi akibat beberapa penyebab seperti kurang tidur, merasa sakit yang berlebihan, stres yang berlangsung lama, pekerjaan yang menumpuk, ketakutan terhadap lingkungan sekitar, dan lain-lain. Kecemasan yang berlebihan dapat memicu depresi berat hingga adanya niat bunuh diri.

Beberapa jenis gangguan cemas antara lain :

  1. Gangguan Panik
    Gangguan panik adalah gangguan yang dirasakan seperti ada sesuatu yang akan meneror atau menyerang sesoerang sehingga mereka selalu merasa terancam. Kondisi ini bisa datang kapan saja dan berlangsung cukup lama.
  2. Gangguan kecemasan sosial
    Gangguan yang terjadi pada beberapa situasi sosial atau interaksi dengan orang lain. 
  3. Fobia
    Rasa takut yang berlebihan pada suatu hal atau objek yang terjadi di luar kendali seseorang.

Mengenai Penarikan Alkohol

Penarikan alkohol atau Alcohol Withdrawal Syndrome (AWS) merupakan kondisi yang terjadi saat seorang pecandu alkohol berhenti mengonsumsi alkohol secara mendadak. Tanpa diketahui kondisi ini juga mempengaruhi metabolisme tubuh baik secara fisik atau emosional. 

Beberapa kondisi yang timbul pada penarikan alkohol seperti munculnya halusinasi, kejang ringan, hingga kecemasan yang mendadak. Gejala lainnya yang dapat timbul antara lain muntah, berkeringat,  demam ringan, insomnia, mimpi buruk, dan hipertensi.

Farmakologi Obat Tofisopam

Seperti pada kandungan benzodiazepine, obat tofisopam memiliki kandungan antisiolitik. Tetapi obat tofisopam tidak memilki efek kantuk, anti kejang, dan refek relaksasi otot. Tofisopam tidak mengikat sumber benzodiazepine pada reseptor asam gamma-aminobutyric Tofisopam dapat menimbulkan efek kantuk apabila diberikan dengan dosis tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tofisopam juga tidak mengikat sistem saraf pusat serta reseptor GABA. Obat tofisopam juga bekerja sebagai inhibitor PDE sehingga obat ini juga dapat diberikan pada beberapa kasus skizofrenia dengan efek kecemasan.

Dosis Obat Tofisopam

Obat tofisopam tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 50 miligram. Obat ini dikonsumsi sebanyak 1 hingga 3 kali sehari sesuai petunjuk dokter. Obat dapat dikonsumsi bersamaan atau setelah makan. 

 Hindari pengobatan dengan bat lain tanpa anjuran dokter karena dapat menyebabkan terganggunya efektivitas obat. Selama mengonsumsi obat tofisopam hendaknya untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor karena pada obat tofisopam dosis tinggi dapat menimbulkan kantuk.

Efek samping Obat Tofisopam

Obat tofisopam memiliki efek samping yang mulai muncul apabila dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan. Salah satunya yaitu keracunan benzodiazepine. Gejala yang timbul antaa lain somnolence yang menyebabkan koma.

Hampir semua obat-obatan jenis benzodiazepine dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang timbul pada saat konsumsi obat tofisopam baik cepat atau lambat antara lain:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Mulut kering
  4. Penglihatan menurun
  5. Nyeri ulu hati

Interaksi Obat Tofisopam

Tofisopam bekerja menghambat aktivasi enzim liver CYP3A4 yang menimbulkan efek interaksi obat yang cukup berbahaya. Efek samping utama pada pemberian obat tofisopam yang bersamaan dengan obat lainnya yaotu penurunan efek farmakologi daripada obat lain. Obat tafisopam tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui karena dapat mempengaruhi perkembangan janin.               

 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tofisopam - C22H26N2O4. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/tofisopam)
The atypical anxiolytic drug, tofisopam, selectively blocks phosphodiesterase isoenzymes and is active in the mouse model of negative symptoms of psychosis. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2993883/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app